Tempat Wisata

Pantai Pamayangsari: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Jika Anda hobi menjelajahi pantai atau berwisata ke sana, Anda juga harus mengunjungi destinasi pantai ini. Pantai Pamayangsari merupakan tempat wisata di Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat 46189, Indonesia. Mengunjungi pantai ini Anda akan merasakan suasana tenang, warna laut biru dan angin segar. Selain itu, pantai ini juga memiliki tradisi yang unik. Setiap tahun, lebih tepatnya di awal bulan Muharam tahun Hijriah, di pantai ini diadakan ritual panen, dimana jimat dilepas ke laut lepas. Bahkan, kemeriahan upacara adat nelayan semakin terasa melalui berbagai tempat hiburan, seperti pertunjukan dangdut, pertunjukan kesenian daerah oleh pemuda nelayan, dan pasar malam.

Puncak perayaan lembur adalah upacara adat dengan kesenian lokal. Kemudian sesaji dibawa di Jempana oleh para nelayan yang diarak oleh warga kampung nelayan dan pengunjung untuk membuang sauh di tengah laut lepas. Malam harinya acara dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian tradisional oleh kelompok nelayan di masing-masing desa. Diharapkan pagelaran memperingati tradisi lembur ini dapat menarik perhatian wisatawan lokal dengan kemegahannya.

Pantai Pamayangsari, tempat wisata unik dengan ritual syukur ke laut

Fasilitas di Pantai Pamayangsari

Ada beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Pamayangsari seperti tempat parkir dan toilet umum atau toilet yang dalam kondisi bersih. Bagi yang berminat camping bisa menghubungi Coast Guard untuk ditunjukkan lokasi yang paling strategis. Meski fasilitasnya masih sangat minim, bukan berarti pantai ini tidak layak untuk dikunjungi. Kalau ke sana saat akhir pekan, biasanya ada nelayan yang menyewa perahu. Dengan fasilitas ini, Anda bisa menyewanya untuk menikmati keindahan alam pantai lebih dekat lagi.

Keindahan Pantai Pamayangsari

Kota Tasikmalaya juga terkenal akan keindahan tempat wisatanya, salah satunya Pantai Pamayangsari. Suasana pantai yang landai dengan panorama alam pantai yang khas. Berdekatan dengan Suaka Penyu Laut Hijau yang langka dan dilindungi. Keindahan pantai tidak hanya sampai disini saja, anda juga bisa melihat keindahan lainnya melalui pemandangan eksotik air laut yang begitu jernih dan biru. Hamparan pasir putih yang luas menjadi ciri khas keindahan wisata pantai. Ada pelelangan ikan di sebelah timur pelabuhan perikanan. Di pantai ini anda akan menemukan banyak perahu nelayan mencari ikan di laut lepas, dibantu dengan tempat pelelangan ikan, sehingga tempat ini sangat digemari oleh wisatawan yang mencari makanan laut segar dengan harga yang lebih murah.

Berburu foto di Pantai Pamayangsari

Untuk hunting foto, Anda bisa memilih lokasi pantai dengan pasir halus. Di sekitar pantai dikelilingi pepohonan dan tanaman hijau menambah pesona pantai. Suasana tenang dan hembusan angin di atas ombak akan terlihat semakin memukau saat Anda ingin berpose. Selain itu, Anda juga bisa berfoto bersama wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pantai Pamayangsari. Panorama pantai yang khas akan membuat Anda semakin betah dan tidak ingin meninggalkan pantai Pamayangsari. Bebaskan kreativitas Anda dengan seni foto objek wisata pantai ini. Untuk mendapatkan spot foto pantai yang lebih bagus, Anda bisa menaiki perahu nelayan. Pemandangan pantai lebih mudah ditangkap jika Anda naik perahu untuk menjelajahinya. Selain itu, berkunjung pada pagi atau sore hari juga menjadi pilihan yang tepat untuk hasil foto yang lebih baik.

Lokasi Akses ke Pantai Pamayangsari

Jarak menuju Pantai Pangandaran sekitar 85 km dan dapat ditempuh dengan menempuh jalan sepanjang pantai ke arah selatan. Atau, beri waktu kurang lebih 1,5 jam dari Pantai Pangandaran. Untuk menuju tempat ini Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti mikrolet. Dari terminal naik angkutan Tasikmalaya Tipe A dengan jurusan Tasik. Jika Anda adalah penduduk kota Bandung atau Jakarta dan ingin mengunjungi tempat wisata pantai ini, Anda perlu mengambil pintu tol Cileunyi kemudian dilanjutkan ke Rancaekek, Tasikmalaya, Singaparna, Cipatujah dan kemudian ke pantai Pamayangsari. Kondisi jalan yang harus dilalui untuk menuju pantai ini juga bagus dan nyaman. Jadi anda tidak perlu khawatir akan kendala. Selain minibus, Anda juga bisa menggunakan transportasi kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor pribadi. Anda bisa menanyakan arah ke objek wisata pantai Pamayangsari di Sindangkerta Tasikmalaya Jawa Barat di Google Maps yang terpasang di smartphone Anda.

Biaya masuk ke Pantai Pamayangsari

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka pantai Pamayangsari

Tips liburan ke pantai Pamayangsari

Sedikit tips bagi anda yang ingin berlibur di pantai Pamayangsari : sebaiknya membawa barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika ingin menginap, Anda bisa membawa tenda dan selimut hangat. Selain itu, jangan lupa membawa baju ganti, bahan makanan, perlengkapan mandi, dan kamera.

Itulah keindahan panorama dari Pantai Pamayangsari yang terletak di Tasikmalaya. Anda bisa berlibur ke sana untuk menikmati pesona pantai dan juga tradisi festival laut yang berlangsung setiap tahun. Pantai ini bisa menjadi tujuan terbaik untuk liburan Anda bersama keluarga dan teman.

Galeri foto Pantai Pamayangsari

Pantai Pamyangsari
Tembakan Rocky Shore
Potret perahu nelayan di pantai
Pasar Ikan Segar di Pantai Pamayangsari
Kuliner nikmat di pantai
Matahari terbenam di Pantai Pamayangsari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button