Tempat Wisata

Gua Jeruk: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Selain Goa Payudan yang sudah kita bahas sebelumnya, masih ada goa lain di Madura yang dijadikan tempat wisata dan sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke pulau garam ini. Selain berwisata, Anda juga bisa sekaligus belajar tentang sejarah tempat ini.

Gua Jeruk terletak di Desa Kebunagung, Kabupaten Sumenep. Gua ini merupakan tempat pertapaan yang digunakan oleh Sultan Abdurrahman Pakunata Nigrat, Adipati Sumenep pada tahun 1811-1854 Masehi. Setelah pemerintahan Panembahan Sumolo, Sultan Abdurrahman adalah satu-satunya orang yang dapat dipercaya dan cerdas yang menjalankan pemerintahan di Sumenep.

Pada masa Sultan Abdurrahman, semua orang hidup sesuai dan terselamatkan. Kesepakatan itu berjalan lancar dan orang-orang sangat menghormatinya.

Oleh karena itu, kelestarian dan keaslian Gua Jeruk dijaga dengan baik. Hal itu dilakukan untuk mengenang Sultan Abdurrahman dan merawat salah satu tumpukan cerita. Banyak orang datang mengunjungi Gua Jeruk, terutama pada musim liburan seperti Idul Fitri dan tujuh hari setelah Idul Fitri.

Dulu, sebelum tempat wisata lain seperti pantai Lombang atau Selopeng setenar sekarang, orang-orang yang datang ke sana pada musim liburan tahun 70-90-an kerap berduyun-duyun ke Gua Jeruk.

Pada masa pemerintahan Sultan Abdurrahman, seluruh masyarakat Sumenep merasa aman dan tenteram serta perekonomian berjalan lancar. Tidak mengherankan jika ia menempati tempat khusus di hati rakyatnya, semua orang menghormati dan mencintai sultan.

Namun sayang tempat wisata Gua Jeruk sudah tidak menjadi pusat perhatian masyarakat lagi, karena memilih antara tempat wisata yang lebih menarik seperti pantai Lombang dan Salopeng dan wisata Gua Jeruk sudah tidak menjadi pilihan lagi.

Padahal, mengunjungi Gua Jeruk cukup seru dan mengesankan, selain sebagai tempat bersejarah. Jalan menuju tempat ini yang melalui jalan setapak yang agak berkelok-kelok akan meninggalkan kesan tersendiri, karena sesampainya di tempat ini suasananya terasa damai, tentram dan segar, selain itu tepat di samping sungai Kebunagung dan bisa juga mandi di dalamnya Flow. Anda juga bisa melihat stalaktit dan stalagmit yang indah di dalam gua.

Fasilitas di Gua Jeruk

Potret Goa Jeruk di Madura

Bicara soal fasilitas, ada beberapa fasilitas yang bisa kamu temukan di tempat ini, meski tidak terlalu lengkap. Fasilitas tersebut adalah;

– Tempat peristirahatan umum

Beruntung, salah satu fasilitas penting yang sepertinya ada di hampir semua tempat wisata ini juga telah disiapkan pihak pengelola, sehingga Anda tidak perlu bingung mencari toilet umum atau kamar kecil selama liburan di Gua Jeruk.

– Area parkir

Jika Anda memutuskan untuk membawa kendaraan sendiri, tersedia juga tempat parkir kendaraan bermotor yang cukup luas untuk menampung kendaraan bermotor wisatawan yang datang. Biaya parkir juga terjangkau.

– Masjid

Di tempat wisata ini terdapat sebuah ruangan yang dikhususkan untuk sembahyang. Jadi jika Anda sedang dalam perjalanan ke Gua Jeruk dan kemudian mendengar adzan, Anda hanya perlu pergi ke lantai tiga untuk melakukan sholat.

– Berdiri di pinggir jalan

Di luar area Gua Jeruk, Anda akan menemukan beberapa warung yang menjual makanan ringan atau gorengan yang bisa Anda nikmati sambil menikmati pemandangan indah di sekitar Anda.

– Paviliun

Setelah menjelajahi lokasi di dalam gua, Anda bisa bersantai di gazebo, menikmati angin sepoi-sepoi dan juga melihat pemandangan dari dataran tinggi.

Berburu foto di Gua Jeruk

Bagi Anda yang menyukai seni fotografi, di sini Anda dapat dengan leluasa mengabadikan pemandangan yang Anda alami dalam perjalanan menyusuri tempat di Gua Jeruk. Pemandangan stalagtit dan stalagmit yang unik dan eksotis bisa menjadi tujuan atau latar belakang Anda saat ingin berfoto bersama keluarga atau teman. Tidak hanya di dalam gua Anda bisa menikmati panorama yang menarik, di luar gua Anda juga bisa melihat pemandangan alam yang indah dan hijau, karena Gua Jeruk sendiri terletak di dataran tinggi. Anda bisa berfoto selfie atau meminta teman Anda untuk memotret Anda dengan latar belakang pemandangan dataran tinggi yang indah.

Baca Juga: Kediri Waterpark, Wisata Air Terbesar di Jawa Timur

Akses jalan menuju Gua Jeruk

Jika Anda berasal dari luar Madura, Anda bisa langsung menuju Sumenep melalui pelabuhan atau Jembatan Suramadu. Setibanya di Sumenep, Anda bisa menuju ke barat dan tiba di Jembatan Kebon Agung. Dari sini ambil jalan ke kiri melewati pemukiman penduduk. Sesampainya di ujung pemukiman warga, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit melalui jalan setapak di pinggir Sungai Kebon Agung.
Ada cara lain, tapi sedikit lebih ekstrim. Dari Taman Makam Pahlawan Sumenep, lanjutkan perjalanan menuju Pasar Burung. Dari pasar ini, pergilah ke barat ke tambang dan lanjutkan dengan berjalan kaki di sepanjang jalan yang cukup menantang dan melewati tebing terjal di sekitar Anda. Kemudian temukan tepi sungai Kebun Agung dan ambil arah utara untuk mencapai tempat Goa Jeruk.

Biaya masuk ke Gua Jeruk

Pengunjung yang berkunjung ke objek wisata ini juga tidak perlu membayar tiket masuk karena gratis.

Jam buka Gua Jeruk

Tips liburan di Gua Jeruk

  • Kenakan sepatu yang nyaman dan tidak licin
  • Bawalah alat penerangan atau senter untuk menerangi tempat-tempat di dalam gua
  • Berhati-hatilah saat mendaki jalan setapak
  • Persiapkan daya tahan tubuh Anda

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button