Tempat Wisata

Bendungan Betuk: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Seiring berjalannya waktu, banyak bermunculan tempat wisata baru di Kabupaten Merangin. Penduduk setempat juga memiliki banyak kesempatan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Selain beberapa danau alami, terdapat juga sebuah bendungan yang keindahannya cukup mempesona. Tempat wisata ini dikenal masyarakat dengan nama Bendungan Betuk.

Panorama yang ditawarkan Bendungan Betuk sangat menawan, dengan hamparan air yang tenang dikelilingi pepohonan, serta perkebunan penduduk setempat. Wisatawan bisa merasakan suasana asri, waduk ini juga sangat cocok untuk relaksasi dan rekreasi. Hembusan angin yang tiada henti juga memanjakan pengunjung tempat wisata ini.

Bendungan Betuk

Secara administratif Bendungan Betuk terletak di Desa Tambang Baru, Kecamatan Tabir Lintas, Kabupaten Merangin, Jambi. Lokasi waduk ini berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Bangkok yang dapat ditempuh dengan mobil sekitar 45 menit. Ada juga angkutan umum yang bisa digunakan, namun bepergian dengan kendaraan pribadi tentunya lebih nyaman dan fleksibel.

Wisatawan bisa menuju Bendungan Betuk melalui Jalan Raya Sumatera Tengah. Begitu memasuki gerbang waduk, pengunjung akan disambut deretan pohon gum di kiri dan kanan jalan. Banyak kera yang sering bermain-main di perkebunan karet ini. Wisatawan boleh memberi makan monyet namun harus tetap waspada dan menjaga jarak.

Pesona Bendungan Betuk

Dengan luas mencapai 100 hektar, Bendungan Betuk sebenarnya dibangun untuk mengairi sawah dan kebun sekitarnya. Namun kini waduk ini juga menjadi tujuan wisata karena menawarkan panorama yang mempesona. Meski air di waduk tidak begitu jernih, namun suasana yang ditawarkannya tetap mampu memanjakan wisatawan.

Waduk ini dikelilingi oleh perkebunan karet dan perkebunan kelapa sawit, sehingga panorama pepohonan hijau sangat memanjakan mata. Nama Betuk sendiri diambil dari banyaknya spesies ikan Betok atau Betuk yang hidup di waduk. Masyarakat akhirnya mengenal waduk tersebut sebagai Bendungan Betuk.

Bendungan Betuk

Di pinggir waduk terdapat pepohonan rindang dan cukup ruang untuk piknik. Wisatawan dapat membuka gulungan tikar di bawah pohon sambil menyantap bekal yang mereka bawa. Tempat ini memang sangat nyaman untuk istirahat keluarga. Anak-anak juga akan menikmati wahana di waduk, karena terkadang ada pertunjukan atraksi seni di tepi waduk, seperti “Kuda Lumpy”.

Bendungan Betuk juga merupakan tempat budidaya ikan keramba. Di waduk ini terdapat berbagai jenis ikan seperti ikan nila. Sekitar 70 keramba tersebar di waduk dan wisatawan bisa menyaksikan gerombolan ikan. Rencananya, pemerintah setempat akan mengembangkan waduk ini lebih lanjut dengan membangun pasar ikan di dekatnya.

Wisatawan tak hanya bisa menikmati keindahan waduk, tapi juga menyaksikan aktivitas nelayan warga sekitar. Pengunjung juga bisa mengelilingi waduk dengan perahu milik nelayan ini. Namun, wisatawan harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pemilik perahu. Menjelajahi waduk dengan perahu sangat mengasyikkan dan wisatawan bisa melihat lebih dekat berbagai keindahan yang ditawarkan waduk.

Bendungan Betuk juga menawarkan pemandangan yang tak kalah mempesona saat senja. Saat sunset panoramanya sangat indah, matahari perlahan berubah warna seolah ditelan waduk. Fenomena sunset juga menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak wisatawan yang datang pada sore hari.

Pabrik Bendungan Betuk

Meski Bendungan Betuk belum cukup lengkap, namun ada beberapa fasilitas yang sesuai. Di sana wisatawan akan menemukan pos retribusi, tempat parkir yang nyaman dan luas, serta kamar mandi. Pemerintah setempat juga berencana membangun beberapa fasilitas baru seperti pusat jajanan, wahana air dan lainnya.

Saat ini masih terdapat beberapa warung atau pedagang yang berjualan di sekitar waduk, namun wisatawan dapat makan bersama di tepi waduk dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Tidak ada perahu wisata yang tersedia di waduk ini. Namun jika ingin berkeliling waduk, wisatawan bisa langsung berbelok ke nelayan yang memiliki perahu.

Baca juga: Danau Kumbang, sebuah danau eksotis di puncak Pegunungan Masurai

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, terdapat akomodasi terdekat di Kota Bangkok yang hanya berjarak sekitar 30 kilometer dari lokasi waduk. Kunjungan ke Bendungan Betuk menjadi salah satu alternatif menarik selama berada di Kabupaten Merangin.Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di waduk.

Menikmati keindahan waduk

Jika Anda ingin menyegarkan diri dan tidak tahu harus ke mana, Anda bisa datang ke Bendungan Betuk. Anda bisa menikmati suasana asri yang ditawarkan kepada Anda serta panorama sekitar berupa deretan ladang karet. Anda juga bisa mengajak teman atau keluarga untuk berwisata bersama ke waduk. Bawa tikar dari rumah dan Anda bisa bersantai sepuasnya di pinggir waduk.

Anda juga bisa mengelilingi waduk dengan perahu nelayan. Tentunya petualangan menyusuri waduk ini sangat mengasyikkan, dan Anda bisa menikmati tempat-tempat indah yang ditawarkan waduk ini lebih banyak lagi. Di pinggir waduk, pada sore hari, Anda juga bisa menikmati panorama mempesona berupa fenomena sunset yang indah.

berburu foto

Wisatawan yang hobi fotografi bisa mengunjungi Bendungan Betuk untuk mengabadikan keindahannya. Banyak tempat menarik serta pemandangan yang bisa diabadikan dengan kamera. Tempat yang sering digunakan untuk fotografi adalah jembatan waduk. Saat senja, Anda juga bisa mengabadikan keindahan panorama sunset di waduk ini.

Tidak jarang banyak anak muda yang datang untuk berfoto selfie dan saling bergaya di depan kamera. Waduk ini memang cukup Instagrammable dan foto-fotonya bisa Anda unggah ke akun media sosial pribadi Anda. Jika ingin mendapatkan spot dan background yang berbeda, Anda bisa berkeliling danau dan mencari background yang menarik.

Biaya masuk Bendungan Betuk

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Bendungan Betuk

Baca juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta lokasi Bendungan Betuk

Tips berwisata di Bendungan Betuk

  • Datanglah pada sore hari saat cuaca tidak panas dan ini waktu yang tepat jika ingin menikmati sunset.
  • Anda tidak boleh berenang atau mandi di waduk.
  • Ajak teman dan keluarga agar liburan Anda semakin seru dan semarak.
  • Jika Anda membawa anak-anak, pantau dan awasi mereka.
  • Selalu jaga kebersihan wadah dan jangan buang sampah sembarangan.
  • Selalu menjaga lingkungan sekitar waduk dan tidak merusak fasilitas di dalamnya.

Galeri Foto Bendungan Betuk Merangin

Potret Bendungan Betuk
Air waduk di pagi hari
Mendayung perahu di waduk
Matahari terbenam di Bendungan Betuk
Menikmati senja di pinggir waduk
Waduk Bendungan Betuk di Merangin, Jambi

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button