Tempat Wisata

Danau Depati Empat: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Keajaiban keindahan alam merangin sepertinya tidak pernah ada habisnya untuk dieksplorasi. Kabupaten Merangin tidak hanya menyuguhkan sederet air terjun, tetapi juga beberapa danau eksotis dengan panorama yang mempesona. Bentang alamnya sungguh mempesona dan kealamiannya masih terjaga melalui kearifan masyarakat setempat. Salah satu danau tersebut adalah Danau Depati Empat.

Suasana asri dengan panorama hamparan perbukitan hijau dan diapit oleh dua buah gunung menjadikan Danau Depati Empat salah satu tempat wisata di Merangin yang sangat populer. Wisatawan benar-benar dimanjakan dengan jernihnya air dan berbagai spesies ikan yang terkadang muncul ke permukaan. Tak berlebihan bila danau ini disebut surga tersembunyi di Merangin.

Danau Depati Empat

Secara geografis, Danau Depati Empat terletak di Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi. Dari kota Bangkok, danau ini berjarak sekitar 130 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 jam. Ada beberapa jalur yang bisa digunakan wisatawan untuk menuju danau ini, namun jalur yang paling sering digunakan adalah melalui desa Pulau Tengah.

Sesampainya di Desa Pulau Tengah, perjalanan tidak bisa lagi dilanjutkan dengan kendaraan dan wisatawan harus menempuh jarak 9 kilometer. Perjalanan melalui hutan dan jalur pendakian memakan waktu sekitar 3 jam. Tentunya bagi para petualang dan pecinta alam, mengunjungi Danau Depati-Empat menjadi pilihan wisata yang menarik.

Keajaiban Danau Depati Empat

Selama mendaki, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam yang masih terjaga berupa deretan pohon pinus. Udara segar dan kicauan burung yang merdu akan menemani perjalanan. Pengunjung tidak akan bosan dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Danau Depati Empat merupakan danau yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Danau ini terletak di kaki gunung dan juga merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat. Dengan luas 271 hektar, danau ini merupakan cagar alam yang menjadi rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna.

Danau Depati Empat

Perjalanan yang melelahkan akan terbayar lunas saat wisatawan tiba di Danau Depati Empat. Hamparan air jernih yang mengisi danau, serta panorama sekitarnya berupa perbukitan dan hutan, menjadi pemandangan indah yang menyejukkan mata. Angin sepoi-sepoi tak pernah berhenti bertiup, menciptakan suasana indah yang menyejukkan jiwa.

Menurut sejarah yang diturunkan secara turun-temurun oleh masyarakat setempat, dulunya danau ini memiliki empat pemilik yaitu Depati Gento Rajo dari Desa Pulau Tengah, Depati Siang Tito dari Desa Rantau Suli, Depati Payung dari Margo Serampas dan Depati Muncak dari Desa Muara Madras . Dari keempat kabupaten tersebut, masyarakat setempat akhirnya memberi nama Danau Depati Empat.

Selain itu, telaga ini juga sering disebut telaga Gedang yang berarti “danau besar”. Hal ini karena di Kabupaten Jangkat terdapat tiga danau yaitu Danau Pauh, Danau Kecik dan juga Danau Depati Empat. Danau ini berukuran lebih besar dari Danau Pauh dan Danau Kecik, sehingga sering disebut Danau Gedang.

Meski lokasinya cukup jauh dari pemukiman penduduk, danau ini tetap menjadi mata pencaharian masyarakat setempat. Banyak warga yang sering memancing atau menangkap ikan di danau tersebut. Hasil panen tidak buruk dan ikan dikeringkan untuk dijual. Penduduk setempat menyebut metode pengolahan ikan ini krasak.

Untuk menjaga danau, penduduk setempat menggunakan cara dan alat tradisional untuk mencari ikan. Alat transportasinya pun masih sederhana, berupa rakit dan perahu selam berukuran besar. Mengingat kearifan masyarakat setempat dalam menjaga alam, tak heran jika Danau Depati Empat masih memancarkan pesonanya hingga saat ini.

Fasilitas Danau Depati Empat

Karena Danau Depati Empat jauh dari pemukiman penduduk, fasilitasnya masih sangat buruk. Di danau ini juga tidak ada toilet dan mushola. Tetapi pengunjung dapat menemukannya di pemukiman dekat danau. Wisatawan yang membawa kendaraan sendiri juga bisa memarkirnya di kawasan perumahan ini.

Selain itu, jalan menuju danau tidak dibangun dengan benar oleh pemerintah setempat. Masih berupa jalan setapak yang becek, licin dan cukup sulit dilalui saat hujan. Di sekitar danau juga tidak ada penjual makanan, jadi sebaiknya wisatawan membawa perbekalan sebelum menuju ke danau.

Pengunjung yang datang dari luar daerah dapat mencari hotel dan penginapan di Kota Bangkok. Alternatif lain: Wisatawan bisa bermalam di dekat danau dengan berkemah dan mendirikan tenda.

Baca juga: Sungai Batang Merangin, tempat favorit untuk arung jeram di Jambi

Mengunjungi Danau Depati-Empat sangat menarik bagi wisatawan yang menyukai hiking dan berpetualang. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di danau.

Menikmati keindahan danau

Danau Depati Empat memang menawarkan panorama yang indah dengan kombinasi perbukitan dan pegunungan. Selain itu, hutan lebat yang dipenuhi pepohonan hijau juga sangat memanjakan mata. Anda bisa menikmati semua keindahan danau dengan bersantai di tepi danau dan merasakan indahnya suasana yang ditawarkan.

Anda juga bisa menjelajahi danau dengan rakit atau perahu warga. Mintalah izin terlebih dahulu dan jika mendapat izin Anda bisa berkeliling dan menikmati keindahan danau. Telaga ini juga cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dan melupakan hiruk pikuk kota. Suasana tenang dikelilingi alam asri membangkitkan semangat dan menyegarkan pikiran.

berburu foto

Fotografi adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan di Danau Depati Empat. Kebanyakan pengunjung danau selalu mengabadikan keindahan danau dalam sebuah foto. Deretan perbukitan, perairan jernih, dan hutan lebat menjadi objek utama yang difoto dengan kamera. Anda akan terpuaskan dengan keindahan objek yang ada di danau ini.

Bagi Anda yang berencana menikah dan sedang mencari lokasi pemotretan prewedding, danau ini juga bisa menjadi alternatif. Tentunya foto prewedding Anda akan lebih berkesan dan membawa kenangan yang tak terlupakan. Anda juga bisa berfoto selfie dengan latar belakang cantik yang berbeda dari danau ini.

Biaya masuk ke Danau Depati Empat

Saat ini belum ada informasi pasti mengenai harga tiket masuk Danau Depati Empat.

Jam buka Danau Depati Empat

Baca juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta Danau Depati Empat

Tips Wisata di Danau Depati Empat

  • Sebelum Anda berencana untuk datang ke danau, Anda harus terlebih dahulu memperhatikan cuaca.
  • Jika cuaca buruk, Anda harus berhenti mengunjungi danau ini.
  • Ajak teman atau orang yang tahu jalan ke danau agar tidak tersesat di hutan.
  • Kenakan sepatu atau sepatu yang nyaman dan jangan lupa membawa makanan.
  • Jika ingin berenang, berhati-hatilah dan waspada karena danau ini cukup dalam.
  • Karena danau ini adalah cagar alam, Anda harus terlibat dalam konservasi danau.
  • Selalu perhatikan keindahan dan kebersihan danau. Wisatawan dilarang membuang sampah.

Galeri Foto Danau Depati IV

Selamat datang di Danau Depati IV
Danau Depati IV
Potret laut berawan
berburu foto
berkemah
Fasilitas Pondok Ketenangan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button