Tempat Wisata

Pantai Waru Doyong, pantai eksotis dengan pemandangan Selat Bali

Wisata laut menjadi pilihan yang sangat menarik, apalagi jika saat ini Anda sedang berada di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Karena di kawasan ini terdapat banyak pantai yang bisa dijelajahi dan salah satunya adalah Pantai Waru Doyong.

Dibandingkan pantai lain seperti Pantai Watu Dodol, popularitas pantai ini memang masih kalah jauh. Meski begitu, keindahan yang dihadirkan tidak akan mengecewakan Anda. Selain itu, lokasinya yang cukup tersembunyi sangat cocok untuk bersantai dan melepas penat.

Daya Tarik Pantai Waru Doyong Banyuwangi

Pantai ini memang tidak sepopuler Pantai Watu Dodol, meski sama-sama berada di Kecamatan Kalipuro. Seperti diketahui, Pantai Watu Dodol merupakan salah satu pantai di Banyuwangi yang cukup terkenal dan selalu ramai pengunjung.

Kali ini kamu diajak untuk mengenal lebih jauh sebuah pantai tersembunyi di Banyuwangi bernama Waru Doyong. Namanya memang cukup unik namun bisa sedikit menggambarkan keindahan pantai tersebut. Cari tahu lebih banyak tentang tempat wisata pantai yang bisa Anda nikmati di sini.

1. Pemandangan pantai yang memanjakan mata

Popularitas pantai yang masih kalah dengan destinasi pantai lainnya di Banyuwangi ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terutama mereka yang mencari ketenangan dan ingin menjauh sejenak dari hiruk pikuk.

Pantai ini masih cukup sepi sehingga pengunjung dapat menikmati suasana pantai dengan lebih nyaman tanpa terganggu oleh orang yang lewat. Pemandangan Selat Bali yang indah dan mempesona akan membuat Anda semakin betah berada di pantai.

Anda mungkin membayangkan pantai ini penuh dengan pohon waru. Sayangnya, apa yang dibayangkan tidak sepenuhnya benar. Karena di kawasan pantai ini ditumbuhi ilalang, pohon kelapa dan sengon, hanya tersisa sedikit pohon waru.

Namun, keberadaan rerumputan dan ilalang di kawasan pesisir ini justru menjadi daya tarik tersendiri karena memberikan nuansa pantai yang berbeda. Apalagi dengan genangan air yang mengelilingi rerumputan yang terlihat seperti danau dan begitu tenang.

Keindahan pantai pasir hitam membuat banyak orang tertarik untuk mengambil foto khusus di area pantai. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang bukan untuk liburan, melainkan untuk mengabadikan momen foto prewedding di pantai ini.

2. Tradisi Rebo Wekasan

Pantai Waru Doyong tidak hanya menyuguhkan keindahan pantai yang mempesona, namun juga memiliki potensi wisata yang unik dan menarik. Salah satunya adalah tradisi Rebo Wekasan yang dirayakan oleh masyarakat setempat setahun sekali pada bulan Sapar/Safar di Jawa.

Pada hari Rabu terakhir bulan Safar, masyarakat akan mengadakan tradisi Rebo Wekasan yang bertujuan menolak bala. Ritual dan tradisi ini juga sebagai bentuk rasa syukur masyarakat nelayan atas hasil tangkapan ikan.

Jika Anda tertarik untuk menyaksikan tradisi Rebo Wekasan di pantai ini, sebaiknya Anda berkunjung sesuai dengan waktu pelaksanaan tradisi tersebut. Belakangan dalam tradisi ini, jemaah mengangkat perahu dengan sesaji dan kepala kambing.

3. Lomba Perahu Layar Unik (Jong Race)

Selain bisa menyaksikan tradisi Rebo Wekasan yang diadakan setahun sekali, Anda juga bisa menyaksikan lomba perahu layar di kawasan Pantai Waru Doyong untuk menghidupkan kembali tradisi Rebo Wekasan.

Lomba perahu layar juga sering diadakan di pantai ini untuk memperingati hari jadi Kabupaten Kalipuro dan acara besar lainnya. Tentu saja lomba perahu layar yang hanya mengandalkan hembusan angin laut ini bisa menjadi tontonan yang sangat menarik.

Lebih dikenal dengan Jojong Race, lomba perahu layar ini banyak menarik peserta dari berbagai daerah termasuk di luar Kecamatan Kalipuro di Kabupaten Banyuwangi.

FYI: Biasanya lomba perahu layar diadakan pada bulan Agustus. Pasalnya, bulan ini angin bertiup sangat kencang sehingga para peserta bisa melintasi Selat Bali (PP) dalam waktu 20 menit.

4. Ada tempat mancing dan santai

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan memancing, kunjungan ke Pantai Waru Doyong bisa menjadi pilihan yang menarik. Di kawasan pantai ini, selain tempat bermain air dan pasir, juga terdapat beberapa tempat yang sering digunakan pengunjung untuk memancing.

Salah satunya terletak di dekat prasasti Pantai Waru Doyong. Anda bisa menuju jalan yang menjorok ke laut dan memiliki deretan bebatuan di ujung dan di kedua sisinya. Anda hanya perlu menyiapkan alat pancing dan umpan untuk menangkap ikan laut.

Selain memancing, Anda juga bisa bersantai di beberapa tempat di kawasan pantai. Asyiknya membawa bekal dari rumah dan menyantapnya bersama di pantai sambil menggelar tikar. Temukan tempat teduh untuk piknik.

fasilitas tempat wisata

Perlu diketahui bahwa kawasan pantai ini awalnya merupakan kawasan gumuk pasir yang terbengkalai sebelum dikembangkan sebagai tempat wisata. Saat ini, pengelolaan tempat wisata sepenuhnya menjadi tanggung jawab masyarakat setempat. Lalu bagaimana dengan fasilitasnya?

Anda tidak perlu khawatir, meskipun pantai ini tidak sepopuler dan seramai pantai lainnya di Banyuwangi, namun fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Di antaranya tempat parkir yang luas, kamar kecil atau toilet, tempat duduk, pos keamanan, dan penjual makanan.

Biaya masuk dan jam buka Pantai Waru Doyong

Saat ini tarif masuk ke pantai ini hanya untuk wisatawan yang datang pada hari Minggu saja. Sedangkan pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil pada hari biasa.

Mengenai jam buka: Pada umumnya pantai ini buka 24 jam sehari. Namun, agar lebih nyaman menikmati keindahan pantai, sebaiknya Anda datang pada pagi atau sore hari. Karena seperti pantai pada umumnya, cuaca akan terasa sangat panas di siang hari.

Tempat wisata di Pantai Waru Doyong

Siapa saja yang belum mengetahui di mana letak pantai wisata tersembunyi di Banyuwangi ini tentu akan penasaran. Padahal, di awal disebutkan bahwa pantai pasir hitam eksotis ini terletak di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, lebih tepatnya di Tj. Klatak.

Jika Anda datang dari pusat kota Banyuwangi, Anda harus menempuh jarak 10 km ke arah utara. Nantinya, perjalanan bisa dilanjutkan ke Masjid Desa Bulusan. Anda dapat melihat ada pintu masuk ke timur. Silakan ikuti jalan untuk sampai ke pantai.

Akses jalan menuju resor pantai ini sudah memadai, membuat kedatangan dengan kendaraan roda dua atau empat menjadi lebih mudah dan lancar. Selama perjalanan anda akan disuguhi pemandangan pedesaan yang sejuk dan asri.

Bagaimana jika Anda tertarik mengunjungi Pantai Waru Doyong di akhir pekan ini? Jika iya, sebaiknya siapkan semuanya dari sekarang. Dan saat menginap di tempat wisata selalu diperhatikan kebersihannya, agar momen liburan di pantai semakin menyenangkan.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button