Tempat Wisata

Pulau Biawak: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kabupaten Indramayu, Jawa Barat memiliki pulau yang indah dan menarik untuk dikunjungi yaitu Pulau Biawak. Keindahan pulau ini sama sekali tidak kalah dengan pulau lainnya. Rumah bagi ratusan biawak, pulau ini menawarkan pemandangan bawah laut yang menarik. Terumbu karang dan ikan berwarna-warni dapat diamati saat snorkeling atau menyelam. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Pulau Biawak.

Keindahan pulau ini masih sangat terjaga, membuat banyak orang penasaran untuk mengeksplorasi keindahan alamnya. Tak kurang dari ratusan orang antre melintasi Semenanjung Indramayu untuk mencapai Pulau Biawak. Ini bukan larangan penyeberangan, tapi karena masih minimnya peralatan penyeberangan seperti speedboat dan kapal yang bisa beroperasi setiap hari.

Fasilitas Pulau Biawak

Pulau ini masih kekurangan fasilitas karena tidak terpengaruh oleh pengelolaan pariwisata terpadu. Itu hanya rumah tetap yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin tinggal dan menghabiskan waktu lebih lama di pulau ini. Selain itu di beberapa sudut pantai memang ada yang berjualan makanan dan minuman, namun tidak begitu banyak karena pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni.

Keindahan Pulau Biawak

Sebenarnya pulau tersebut bernama Pulau Rakit Biawak. Namun karena banyaknya biawak di pulau ini, maka lebih dikenal dengan nama Pulau Biawak. Biawak ini unik karena hidup di habitat air asin dan dapat ditemukan di semak-semak dan hutan bakau di pulau ini.

Setiap kali matahari terbenam, puluhan biawak dengan panjang mulai dari 20 sentimeter hingga 1,5 meter berenang di pantai. Mereka biasanya berburu ikan untuk memenuhi kebutuhan makannya. Meskipun biawak merupakan hewan liar, mereka tidak akan menyerang manusia kecuali keberadaannya diganggu.

Pulau eksotis ini meliputi area seluas 120 hektar yang sebagian besar terdiri dari hutan bakau yang hijau dan rimbun. Selain itu, terdapat juga banyak pohon pinus di tengah pulau yang berfungsi sebagai tempat berkumpulnya burung. Ada budidaya laut dan penangkaran biota laut seperti kerapu dan rumput laut di penangkaran di pantai.

Air laut di perairan pulau ini sangat jernih sehingga pengunjung bisa melihat dasar laut tanpa harus menyelam. Pulau Biawak memiliki pesona bawah laut yang indah dengan berbagai ikan warna-warni yang cantik berenang kesana-kemari. Selain itu, gugusan terumbu karangnya masih utuh. Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving di pulau ini untuk melihat ikan dan terumbu karang dengan lebih jelas.

Yang tak kalah seru adalah terdapat mercusuar di tengah pulau ini yang masih digunakan untuk pelayaran. Keberadaan pulau ini sangat berbahaya bagi jalur pelayaran kapal yang lewat, sehingga Belanda membangun mercusuar saat itu.

Mercusuar Belanda yang dibangun pada tahun 1872 ini memiliki tinggi 65 meter dan memiliki 16 lantai yang masih berdiri. Anda bisa mengunjungi mercusuar ini dan dari atas mercusuar ini Anda bisa melihat Pulau Biawak secara keseluruhan. Datang dan perginya matahari akan terlihat lebih indah dari atas mercusuar. Selain itu, di beberapa sudut pulau Anda bisa melihat hutan bakau dan pinus yang menambah keindahan pulau ini.

Berburu foto di Pulau Biawak

Tempat terbaik dan menarik untuk fotografi di Pulau Biawak adalah di puncak mercusuar. Dari sini Anda bisa melihat Pulau Biawak secara keseluruhan, pepohonan bakau yang mengelilinginya. Juga pemandangan matahari terbit Dan matahari terbenam Ini juga sangat menakjubkan dari sini, yang akan sangat disayangkan jika tidak terekam dengan rekaman kamera Anda.

Tiket Masuk Pulau Biawak

  • Biaya Masuk: Rp 400.000/orang (Tourist Office)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka pulau Biawak

Lokasi Akses ke Pulau Biawak

Pulau Biawak terletak di Desa Pabean Ilir, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Akses ke tempat wisata pantai ini dapat dilakukan melalui dua alternatif yaitu dengan kapal pemerintah atau kapal nelayan.

Pemerintah Kabupaten Indramayu hanya memiliki dua kapal feri yang dapat memudahkan pengunjung menuju pulau eksotik ini. Kedua kapal ini hanya beroperasi setiap hari Sabtu dan Minggu dengan harga sewa Rp 290.000 per orang. Lama perjalanan sekitar 1 – 1,5 jam. Alternatif kedua pengunjung dapat menyewa perahu motor nelayan dengan tarif sewa Rp 2.000.000 per 10 orang. Kapal motor nelayan ini bisa disewa kapan saja, lama perjalanan sekitar 3-4 jam.

Tips berwisata di pulau Biawak

  • Bawa bekal makanan dan minuman secukupnya karena Pulau Biawak merupakan pulau tak berpenghuni.
  • Pastikan perut Anda kenyang agar tidak mabuk laut saat naik perahu karena ombak cukup tinggi menuju Pulau Biawak.
  • Usahakan buang air kecil sebelum menaiki kapal karena kapal tidak memiliki toilet.
  • Jangan lupa bawa kamera di bawah air untuk memotret dengan ikan dan terumbu karang.
  • Pastikan kebersihan dengan membuang sampah di lokasi yang telah disediakan oleh manajemen.

Jika Anda berada di Indramayu, jangan lewatkan untuk mengunjungi pulau yang dihuni oleh biawak di Pulau Biawak. Selain bisa menemukan biawak, kamu bisa menikmati keindahan pulau ini dari atas mercusuar. Selain itu, Anda juga bisa snorkeling atau menyelam untuk melihat ikan warna-warni dan gugusan terumbu karang.

Tentu saja kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Biawak Ini sama sekali tidak membosankan, meski perjalanannya cukup panjang. Ketika mereka sampai di pulau itu, lelah dan letih terbayarkan. Pastinya akan menjadi wisata yang berkesan dan tak terlupakan bersama keluarga dan sahabat terdekat.

Galeri foto pulau Biawak di Indramayu

Selamat datang di Pulau Biawak di Indramayu
Potret dengan air jernih
Dermaga di Pulau Biawak
potret mercusuar
Keindahan alam Pulau Biawak

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button