Tempat Wisata

Pantai Senggigi Lombok – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Senggigi adalah salah satu wisata laut yang paling populer di pulau Lombok yang eksotis. Pesona pantai yang luar biasa membuat pengunjung merasakan keseruan liburan pantai.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kabupaten Senggigi. Batu Layar, Kab.Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; map: Cek lokasi

Keindahan perairan Indonesia Timur tidak akan pernah kalah dengan daerah lain. Hal ini dibuktikan dengan wisata pantai Senggigi yang terdapat di Pulau Lombok. Terletak di sebelah barat Nusa Tenggara, pulau wisata ini sepertinya tidak pernah sepi pengunjung. Mengapa demikian? Apa yang membuatnya menarik?

Atraksi Pantai Senggigi

Pemandangan di pantai SenggigiKredit Foto: Google Maps Word Philocaly Copywriting

Apa yang membuat wisatawan berpikir bahwa pulau ini adalah yang terindah di pulau Lombok? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab saat Anda memasuki kawasan wisata bahari. Kawasan wisata utama Lombok telah dikembangkan sejak tahun 1980 dan sejak tahun itu popularitasnya tidak pernah pudar.

Hal ini karena Senggigi memiliki sejumlah keindahan alam yang tidak ditemukan di daerah lain. Pengunjung yang hadir akan disuguhi pemandangan Gunung Agung dari Pulau Bali yang tampak di cakrawala. Jika anda datang pada saat terik matahari anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan keindahan alam laut dan air yang menakjubkan.

Lautan biru yang luas dengan latar belakang Gunung Agung membuat waktu Anda terasa seperti istirahat. Semilir angin laut yang segar dipantulkan oleh deburan ombak yang tenang menerpa pantai. Padahal, pantai berpasir putih menjadi nilai plus untuk bersantai, menikmati keindahan alam dan menikmati berbagai fasilitas menarik dan menyenangkan di kawasan tersebut.

Keindahan alam pulau Lombok dan Bali semakin mempesona saat senja. Saat ini, banyak warga yang rela menunggu untuk menyaksikan sunset yang membosankan. Saat matahari mulai bersembunyi di ufuk barat, keindahan pantai seakan menyatu dengan kerlap-kerlip lampu hotel dan bangunan di pulau tetangga.

Tak hanya itu, pantai yang dinamai putri seorang legenda rakyat Lombok ini memiliki keindahan alam bawah laut yang tak tergantikan. Hamparan karang dan biota alamnya menjadi magnet tersendiri bagi mereka yang hobi snorkeling dan diving. Dibantu dengan pemandangan laut yang sangat jernih, wajar saja jika tempat ini ramai dikunjungi pengunjung.

Pesona alam pantai ini seolah tak ada habisnya. Mengingat lokasi Bay Area, tak heran ada pantai di kawasan ini yang tak kalah indahnya. Seperti Pantai Batu Bolong, Batu Layar dan masih banyak lainnya. Anda juga bisa leluasa menikmati keindahan alam bumi timur Indonesia.

Aktivitas menarik di pantai Senggigi

Aktivitas menarik Pantai SenggigiSumber gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

Selain terpesona oleh keindahan alam dan matahari terbenam yang tak terlupakan, masih banyak hal menarik yang bisa dilakukan. Jelas, salah satunya adalah mengabadikan momen dengan fotografi yang memukau. Anda bisa memotret keindahan alam, sunset atau aktivitas seru di sekitar pantai.

Salah satu kegiatan yang paling populer adalah snorkeling. Jika Anda berkunjung ke pantai ini, jangan lewatkan aktivitas seru dan menantang ini. Ada banyak kios dan tempat penyewaan peralatan menyelam atau snorkeling yang harganya cukup murah. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah berenang di dekat pantai untuk menyaksikan kerajaan bawah laut.

Hanya dengan berenang atau naik perahu ke lokasi snorkeling, Anda dapat menemukan berbagai biota laut dalam waktu singkat. Anda bisa berenang bersama ikan laut berwarna-warni untuk melihat luasnya terumbu karang yang terlihat jelas. Air di pantai Senggigi jernih dan tenang. Jadi tidak perlu takut tersapu ombak.

Jika Anda mencari aktivitas yang lebih menantang, Anda juga harus mencoba berselancar. Surfing atau selancar sering dikaitkan dengan ombak besar yang menakutkan. Namun berbeda dengan Senggigi. Aktivitas menantang ini dirancang untuk pemula yang ingin menguji keberanian mereka di sepanjang ombak lembut yang cocok untuk peselancar baru.

Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke grup selancar atau kursus selancar, yang sering diiklankan di pantai. Dikenal sebagai pantai dengan potensi peselancar pemula, ada banyak instruktur selancar profesional di sini. Bersama dengan banyak orang lain, Anda dapat menyewa peralatan selancar dan mengikuti kursus selancar.

Anda juga tidak perlu takut dengan alam sekitarnya. Karena Pantai Senggigi dan kawasan pesisir sekitarnya memiliki ombak pantai yang tidak terlalu tinggi. Menurut para peselancar, ketinggiannya hanya sekitar setengah meter hingga satu meter. Untuk itu, ombak yang jinak digunakan sebagai sarana belajar berselancar.

Selain berselancar, Anda juga bisa menikmati aktivitas ekstrem seperti bermain kano. Ada banyak sekali jasa rental yang bisa Anda temukan di sekitar pantai. Saat ombak relatif tenang, Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil bersantai di sampan. Dengan kano Anda juga berkesempatan untuk menjelajahi bagian terluar pantai Senggigi.

Bagi Anda yang membawa keluarga dan anak-anak, Anda bisa menikmati pantai ini dengan bermain air. Tentu saja, ketika Anda sampai di tempat tersebut, pemandangan pantai yang mirip teluk ini akan menjadi bukti bahwa lautnya aman. Benar saja, pembentukan garis pantai berarti ada ombak kecil dan arus air yang cukup tenang.

Anda bisa mengajak anak-anak dan balita untuk menikmati segarnya air sambil berenang atau mandi di pantai. Bermain dengan air dan pasir tentunya akan sangat menarik bagi si buah hati. Ingatlah keselamatan karena pengelola telah menyediakan area yang aman untuk berenang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Senggigi Lombok

Fasilitas Pantai Senggigi LombokKredit foto: Google Maps Patahurrozik Al Fatih

Karena lokasi Pantai Senggigi sudah terkenal dan populer di kalangan wisatawan, jangan heran dengan tersedianya fasilitas di sekitar tempat tersebut. Tidak hanya memadai, sarana dan prasarananya pun sangat lengkap. Mulai dari tempat hiburan dan water features, fasilitas umum, warung makan hingga akomodasi, kafe, live music atau diskotik juga tersedia.

Bagi Anda yang tertarik untuk tinggal di tepi pantai. Pilihan akomodasi tersedia dari tingkat melati hingga hotel bintang lima. Tidak hanya itu, harganya juga bervariasi. Anda memiliki pilihan antara akomodasi anggaran backpacker dan hotel mewah dengan pusat hiburan kelas atas.

Hotel berbintang lima ini umumnya memiliki sejumlah fasilitas yang tak kalah menarik. Anggap saja seperti kolam renang, restoran, spa, dan banyak lainnya. Hal ini tentu menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan asing yang senang bermain dan menghabiskan waktu di Pantai Senggigi.

Setelah berhasil menemukan tempat untuk bersantai dan menginap, Anda bisa leluasa menggunakan fasilitas bermain air lainnya. Saat matahari bersinar dari ujung timur, Anda dapat melihat banyak penduduk lokal mulai aktif menjajakan fasilitas dan permainan di sekitar pantai.

Yang paling diminati di pagi hari adalah transportasi umum, yang memungkinkan Anda menjelajahi area pantai. Fasilitas kendaraan meliputi Bemo, Cidomo dan persewaan mobil. Dengan harga yang relatif murah, Anda akan dibawa untuk melihat hamparan air laut yang biru dan jernih sembari menikmati segarnya semilir angin dari perbukitan yang mengelilingi pantai.

Setelah puas berwisata dengan kendaraan tradisional, Anda dapat kembali ke kawasan pantai pusat untuk bersantai dan piknik. Pantai yang sangat panjang menjadi tempat peristirahatan yang tak berujung. Pasir laut yang bersih dan lembut bisa dijadikan karpet alami untuk duduk santai bersama keluarga dan teman.

Ada juga pepohonan yang rimbun di beberapa titik pantai yang bisa dijadikan peneduh untuk piknik. Namun jika ingin suasana yang lebih kondusif dan menyenangkan, beberapa pedagang di sekitar pantai juga menyewakan beanbag atau kursi berwarna cerah yang cocok untuk berbaring. Dilengkapi dengan meja dan payung, tak heran wisatawan betah berada di Senggigi.

Bicara relaksasi, tidak lengkap rasanya jika tidak makan. Tempat ini sudah dipenuhi dengan banyak restoran dan warung. Kuliner yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari makanan sederhana seperti jagung bakar, ikan bakar hingga makanan olahan khas daerah Lombok dan super enak.

Untuk itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang sengaja datang untuk berwisata kuliner. Restoran dan warung yang bisa Anda temukan umumnya menjual masakan tradisional seperti Ayam Taliwang, Sate Bulayak, Plecing Kangkung dan masih banyak lagi makanan khas Indonesia atau lokal Lombok lainnya.

Untuk menarik wisatawan asing juga, warung makan dan restoran menawarkan cita rasa internasional juga. Santapan mewah dengan bahan seafood hingga salad pilihan Anda. Selain itu, Anda yang menyukai kehidupan malam juga bisa menikmati bar, pub atau diskotik yang siap memeriahkan malam.

Hal yang menarik tentang bar dan kehidupan malam adalah pestanya. Menurut warga dan pengelola, hampir setiap malam ada pesta di pantai ini. Yang berlangsung di tempat yang terus bergerak. Pasalnya, pelaksanaannya dilakukan bergantian oleh bar, kafe, dan pub di sekitar pantai.

Tarif & Rute Masuk Area Pantai Senggigi

Rute Pantai SenggigiKredit foto: Google Maps Prima Wahyudi

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini, sebaiknya persiapkan diri Anda untuk perjalanan yang tidak terlalu memakan waktu. Secara administratif, alamat pantai ini berada di kecamatan Batu Layar, tepatnya di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Karena sudah cukup terkenal, rute dan perjalanan menuju pantai ini tidak akan terasa sulit.

Rute yang bisa Anda ambil dimulai dari kota Mataram. Dengan jarak tempuh sekitar 30 hingga 50 menit dari Bandara Mataram, Anda juga akan menemukan banyak angkutan umum menuju Pantai Senggigi. Menariknya, Anda hanya perlu membayar sekitar 3.000 per orang untuk perjalanan dari Sweta ke Ampenan.

Kemudian, dari Ampenan, Anda perlu melanjutkan perjalanan ke Senggigi dengan angkutan umum yang biayanya hanya dua ribu. Saat sampai di tempat wisata, Anda perlu berjalan kaki menuju tempat pantai yang hanya berjarak 3 menit. Sepanjang perjalanan ini Anda akan menemukan deretan penjaja berbagai souvenir dan warung makan yang tidak ada salahnya untuk didekati.

Ternyata bukan cuma transportasinya yang murah, harga tiketnya juga nggak bikin kantong bolong. Setelah mencapai situs, setiap pengunjung hanya akan dikenakan biaya 15.000. Kemudian Anda bisa menghabiskan waktu di pantai hingga sore hari. Pasalnya, fasilitas pantai dan hiburan di kawasan tersebut akan tetap buka selama 24 jam.

Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler bagi warga dan wisatawan, tak heran jika pantai ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Wisata laut ini tidak hanya membuat pengunjung betah, tetapi juga sangat enak untuk dinikmati. Bagi Anda yang ingin berwisata bersama keluarga dan kerabat, Pantai Senggigi tidak akan mengecewakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button