Tempat Wisata

Waduk Klampis: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Saat mendengar kata reservoir, Anda mungkin langsung berpikir tentang badan air, bendungan atau sungai, yang jika dipikir-pikir sebenarnya tidak ada yang menarik. Namun, sudah banyak waduk di Indonesia yang ternyata justru memanfaatkan fungsinya sebagai objek wisata karena diuntungkan oleh setting yang menarik atau bentuk waduk yang berbeda dan eksotis itu sendiri. Sama seperti di Madura, Waduk Klampis yang namanya sudah tidak asing lagi bagi banyak orang ini tidak lagi hanya berfungsi sebagai waduk tetapi juga sebagai destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat datang ke Madura.

Waduk Klampis terletak tepatnya di desa Kramat kecamatan Kedundung, sekitar 9 km sebelah utara kota Sampang. Obyek wisata Waduk Klampis sendiri sebenarnya berfungsi sebagai irigasi atau pengairan persawahan di Kabupaten Sampang, khususnya di Kecamatan Kedungdung, Torjun, Jrengik dan Sampang. Waduk ini tidak hanya digunakan untuk pengairan tetapi juga digunakan untuk penangkaran ikan air tawar antara lain ikan mujaer, gurami, udang dan jenis ikan air tawar lainnya.

Lokasi waduk ini juga cukup menarik karena berada di antara perbukitan, dikelilingi tebing dan pepohonan rimbun sebagai latar belakang sehingga memberikan tampilan yang bagus dan sejuk. Sehingga pengunjung yang datang ke waduk yang luasnya sekitar 2603 hektar ini bisa betah dan menikmati suasananya.

Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di Bendungan Klampis. Misalnya, Anda bisa datang bersama kerabat atau teman dan membawa alat tangkap dari rumah. Anda yang hobi memancing akan sangat senang memancing di tempat ini karena waduk ini terkenal dengan banyak ikannya. Selain itu, Anda juga bisa menyewa kano atau perahu dari penduduk setempat untuk menyusuri waduk lebih jauh. Anda juga bisa bersantai di sekitar waduk, menikmati makanan dan minuman yang dibawa serta mengamati pemandangan.

Yang membedakan Waduk Klampis dengan waduk lainnya adalah keindahan lokasinya yang masih alami. Betapa nyaris tak tersentuh oleh tangan orang jahil. Inilah keistimewaan tempat wisata di Madura ini. Pemandangan alamnya sangat indah dan alami. Meski membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai waduk ini karena letaknya yang cukup jauh dari jalan raya, namun Anda bisa menikmati hamparan persawahan warga sekitar yang hijau dan menyegarkan mata.

Penduduk lokal di kawasan ini juga dikenal ramah terhadap pengunjung dan dengan senang hati membantu jika mengalami kesulitan petunjuk arah atau memiliki pertanyaan seputar Waduk Klampis. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan lupa untuk mengunjungi waduk ini ketika Anda datang ke Pulau Madura.

Fasilitas di waduk Klampis

Meski hanya berupa waduk, sebenarnya objek wisata ini memiliki beberapa fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan pengunjung, antara lain:

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas yang sangat penting di setiap tempat wisata adalah toilet, karena bagi anda yang datang setelah berjam-jam perjalanan terutama dari luar Pulau Madura juga perlu ke toilet. Dan disini anda tidak perlu bingung karena pengelola sudah menyediakannya untuk anda.

– Masjid

Sudah pasti penting bagi Anda umat Islam untuk sholat tepat waktu. Kini di Waduk Klampis Anda juga bisa dengan mudah menemukan mushola di sekitar waduk tanpa harus berjalan jauh atau mencari masjid. Ada juga sarung dan mukena yang bisa kamu pakai.

– Bilik atau tempat makan

Meski tidak disediakan oleh pihak pengelola, di sekitar Waduk Klampis Anda bisa menemukan beberapa warung milik warga sekitar. Tentunya Anda bisa membeli makanan dan minuman khas Madura dengan harga yang terjangkau.

– Penyewaan perahu motor

Bagi Anda yang tidak suka memancing atau tidak bisa memancing dan ingin melakukan aktivitas seru lainnya, Anda bisa menyewa perahu motor di sana dengan harga yang terjangkau. Perahu motor ini memungkinkan Anda untuk bebas menjelajahi area waduk sambil menikmati pemandangan di sekitar Anda.

Berburu foto di waduk Klampis

Bagi Anda yang gemar berfoto, ada beberapa tempat di kawasan ini yang bisa Anda gunakan untuk berfoto bersama keluarga atau teman. Lanskap dan rimbunnya pepohonan di sana juga bisa menjadi latar belakang yang menarik untuk foto selfie Anda. Selain itu, Anda juga bisa berfoto-foto sambil menaiki perahu motor dan menjelajahi kawasan waduk.

Anda juga bisa meminta teman Anda untuk mengambil foto sambil fokus dan bersenang-senang menunggu umpan Anda dimakan oleh ikan. Yang pasti kamu tinggal terus explore tempat ini untuk mencari spot-spot menarik untuk foto-foto kamu agar nanti kamu mendapat banyak perhatian saat kamu posting di berbagai media sosial yang kamu miliki.

Baca Juga: Monumen Trunojoyo Sampang, Simbol Kebanggaan Pulau Madura

Akses jalan menuju waduk Klampis

Tentunya moda transportasi yang paling mudah untuk menuju lokasi waduk ini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda dua (motor) maupun roda empat (mobil). Namun, jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda tidak perlu khawatir.

Jika Anda berasal dari luar Kota Sampang, Anda bisa menuju ke Terminal Kota Sampang. Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan ojek menuju Waduk Klampis.

Biaya masuk ke waduk Klampis

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka waduk Klampis

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Tips liburan di waduk Klampis

  • Siapkan kamera Anda
  • Mencari sarana transportasi yang tepat
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan dibuang

Galeri foto waduk Klampis

Waduk Klampis
Potret pintu air
Potret sebuah bukit di tepi waduk
Sepeda motor menuju waduk Klampis
Foto sebelum pernikahan di waduk Klampis

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button