Tempat Wisata

Prasasti Siman : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Apakah Anda ingin mengunjungi suatu tempat bersama teman atau keluarga tetapi belum yakin ke mana harus pergi? Coba kunjungi salah satu tempat wisata itu yaitu Prasasti Siman. Prasasti ini terletak di Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, sekitar 30 kilometer dari Kota Kediri. Prasasti dari kerajaan Singasari ini memiliki nilai sejarah yang sangat menarik. Oleh karena itu, jika Anda sedang berada di Kediri namun tidak sempat mengunjungi tempat prasasti Siman, sangat disayangkan.

Prasasti Siman sendiri berjumlah dua buah dan diletakkan berderet bersebelahan di bawah kubah. Prasasti ini juga sering disebut oleh masyarakat setempat Punden Mbah Gurit Diperkirakan masih berada di tempat asalnya atau biasa disebut aslinya di tempat, dan berdasarkan bunga teratai yang terdapat pada salah satu prasasti, diyakini bahwa Prasasti Siman berasal dari masa Kerajaan Singasari. Kerajaan Singasari didirikan pada tahun 1222 oleh seseorang bernama Ken Arok. Tempat berdirinya kerajaan diperkirakan berada di Singosari, Malang.

Fasilitas dan akomodasi yang tersedia di Prasasti Siman

Di sekitar kawasan Prasasti Siman, Anda akan menemukan beberapa fasilitas yang tersedia karena prasasti ini sebenarnya tidak digunakan sebagai objek wisata baik oleh masyarakat setempat maupun pemerintah setempat. Namun, Anda tetap bisa mengunjungi situs prasasti Siman untuk melihat atau mendokumentasikannya. Meski demikian, kondisi kedua prasasti berhuruf Jawa Kuna itu masih sangat bagus dan tulisannya masih cukup jelas untuk dibaca.

Perburuan foto kekinian di prasasti Siman

Jika anda berencana mengunjungi kawasan Prasasti Siman bersama teman atau keluarga dan berfoto disana, ada beberapa hal yang harus anda ketahui Pekerjaan Ambil foto untuk membuat foto Anda terlihat keren nantinya. Anda bisa memotret sendiri kedua candi tersebut atau berfoto di Desa Siman. Ada waduk di sekitar desa yang sangat cocok sebagai spot foto untuk Anda dan teman serta keluarga. Pastinya foto Anda akan terlihat lebih keren dan modern!

Namun jangan lupa untuk memahami arti dari prasasti Siman, karena Anda mungkin orang pertama yang mengerti tentang prasasti ini, karena tidak ada referensi isi prasasti Siman di internet. Anda juga bisa memotret beberapa wisatawan yang sedang bersantai di sana. Tetapi Anda harus meminta izin terlebih dahulu. Anda mungkin merasa tidak nyaman karena mengambil foto secara diam-diam.

Baca Juga: Prasasti Pasir Panjang, Prasasti Bernilai Sejarah Bagi Kebudayaan Purbakala

Akses jalan menuju prasasti Siman

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat prasasti ini berada, Anda harus berusaha lebih keras, karena lokasi prasasti ini tidak tertera di peta Google. Namun jangan panik, karena prasasti ini terletak di Desa Siman. Anda bisa menandai lokasi desa Siman dan memberikan navigasi di smartphone Anda untuk menuju ke sana. Dijamin tidak akan tersesat nantinya selama perjalanan. Anda dapat melihat contoh atau menggunakan peta ini sebagai alat bantu navigasi untuk menuju Desa Siman:

Anda bisa melalui Jl. Raya Kediri – Pare, rute atau jalur tercepat untuk menuju ke lokasi Desa Siman atau juga Jl. Raya Harinjing sebagai jalur atau rute alternatif. Begitu sampai di Kediri, butuh waktu lebih dari satu jam untuk sampai ke desa Siman, tergantung kondisi jalan, dan pastinya akan lebih lama lagi bagi anda yang berada di luar kota.

Sesampainya di Desa Siman Anda bisa menggunakan GPS atau menelponnya Gunakan tetangga, Anda bisa menanyakan lokasi prasasti kepada penduduk setempat atau meminta bantuan untuk mengantarkan Anda ke lokasi prasasti Siman. Masyarakat desa Siman terkenal ramah, jadi jangan malu untuk bertanya kepada mereka. Setelah sampai di lokasi prasasti Siman, jangan lupa tandai lokasi prasasti di google map untuk membantu wisatawan lain yang ingin datang ke sini.

Biaya masuk ke Prasasti Siman

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka prasasti Siman

  • Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00

Tips liburan ke prasasti Siman

Jika Anda sudah setuju untuk datang ke sini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah Anda diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan di sekitar area prasasti Siman, menghormati para pejabat yang bekerja dan menjaga keindahan tempat itu sendiri. Jangan lupa siapkan kamera atau ponsel dengan baterai yang terisi penuh jika diperlukan berburu foto-foto selama di sini.

Pastikan juga Anda memiliki persediaan yang cukup seperti makanan atau minuman bersoda. Anda juga diminta untuk tidak penasaran menggores prasasti Siman atau melakukan tindakan merugikan lainnya, namun yang terpenting jangan lupa untuk berdoa dan memohon keselamatan di kemudian hari selama perjalanan.

Ini adalah ulasan singkat tentang Prasasti Siman, sebuah prasasti peninggalan kerajaan Singasari di Kediri. Jangan lupa terapkan tips di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button