Tempat Wisata

Balong Cigugur: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ada banyak tempat wisata di kota Kuningan Jawa Barat. Dari pantai, hutan, laut, gunung, pegunungan, air terjun dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain jalan-jalan, ada juga kegiatan seru untuk mengisi hari libur yaitu mengunjungi tempat mandi terapi. Salah satunya adalah Kolam Terapi Ikan Nilem Mangut bernama Balong Cigugur di Kuningan.

Obyek wisata Balong Cigugur ini lebih dikenal dengan sebutan Balong Keramat Cigugur. Sekarang kolam terapi ini dikelola oleh PDAU Kabupaten Kuningan. Kolam cigugur merupakan salah satu habitat ikan langka yaitu ikan dewa dan ikan nil terapi. Daya tarik objek wisata ini adalah ikan Nil yang berkerumun dan menggigit kaki pengunjung. Digunakan sebagai sarana relaksasi dan untuk menghilangkan penat dan penat akibat rutinitas dan aktivitas sehari-hari.

Fasilitas di Balong Cigugur

Pengelola Kolam Ikan telah menyediakan beberapa fasilitas demi kenyamanan pengunjung. Tempat parkir mobil yang disediakan juga cukup luas, lapang dan terjaga keamanannya. Terdapat mushola yang dijaga kebersihannya bagi pengunjung yang ingin sholat. Yang tak kalah penting adalah toilet dan kamar mandi yang cukup di sini.

Keindahan Balong Cigugur

Balong Cigugur merupakan objek wisata berupa kolam yang berisi habitat ikan langka yaitu ikan mas. Selain ikan dewa, ikan Nilem Mangut juga bisa ditemukan di kolam ini. Warga Kota Kuningan tidak pernah mengusik ikan yang dianggap keramat ini. Memancing atau memakan ikan dewa diyakini membawa kesialan.

Balong Cigugur menawarkan eksotisme ikan dewa dan terapi ikan nilem seperti yang terdapat di spa modern. Ditambah dengan sejuknya udara pegunungan dan keindahan alam pegunungan yang hijau. Godfish memiliki panjang 60 sentimeter hingga 1 meter. Ikan ini berwarna hitam keabu-abuan.

Sedangkan ikan nilem mangut memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan ikan terapi lainnya. Ikan ini bisa mencapai ukuran rata-rata sekitar 10 inci. Berbeda dengan ikan nil terapi khusus yang ukurannya mencapai 2 inchi. Jangan khawatir, mulut ikan Nil tidak bergigi, tetapi mulutnya tertutup lipatan kulit yang lembut. Selain berumbai, otot elastis berguna untuk menghisap benda, makanan, atau kulit mati.

Ikan Nilem Mangut ini merupakan ikan herbivora pemakan daun. Selain itu, ikan ini tidak liar dan dianggap ramah pengunjung. Area tempat duduk kecil disediakan di sekitar kolam untuk pengunjung yang ingin melakukan terapi ikan Nil. Pengunjung bisa menginjakkan kaki di kolam dan merasakan dinginnya air kolam.

Dengan cara ini, tanpa perintah, ikan Nil akan mengerumuni dan menggigit kaki Anda. Tak perlu khawatir karena gigitan ikan nilem mangut tidak menyakitkan. Selain menghilangkan sel kulit mati, gigitan ikan manggat nilem ini dapat membantu merangsang titik saraf sekaligus memberikan relaksasi.

Ikan di kolam ini dianggap ikan keramat. Konon ikan ini sudah hidup di kolam tersebut selama ribuan tahun. Keunikan dari ikan dewa ini adalah jumlahnya yang tetap dari tahun ke tahun. Jangan pernah bertambah atau berkurang. Seolah-olah ikan ini tidak akan pernah mati atau diwariskan kepada generasi dan keturunannya.

Berburu foto di Balong Cigugur

Momen ketika ikan-ikan kecil Nil berkerumun dan menggigit kakinya tentu sayang jika tidak tertangkap kamera. Selain itu, berfoto bersama ikan dewa eksotis juga bisa menjadi foto yang menarik dan berkesan. Jangan takut untuk berfoto bersama ikan gurami, karena ikan ini dikenal ramah terhadap pengunjung.

Tiket masuk ke Balong Cigugur

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya Terapi Ikan Nilem: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Balong Cigugur

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Akses lokasi ke Balong Cigugur

Balong Cigugur terletak di Babakanmulya, Jalaksana, Sadamantra, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Jarak Balong Cigugur dari pusat kota Kuningan sekitar 3 kilometer dan dari kota Cirebon sekitar 2 jam.

Karena Balong Cigugur terletak di kawasan perkotaan, sehingga mudah dijangkau dari jalan manapun. Dapat diakses dengan sepeda motor, mobil atau bahkan bus. Kondisi jalan juga sudah diaspal sehingga memudahkan pengguna jalan untuk melewatinya.

Tips Wisata di Balong Cigugur

  • Pastikan kebersihan dengan membuang sampah pada lokasi yang telah disediakan pengelola kolam renang.
  • Mematuhi semua aturan yang ditetapkan oleh manajemen.
  • Hati-hati dengan barang-barang pribadi masing-masing.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera Anda untuk mengambil foto saat ikan Nil menggigit kaki Anda atau saat Anda melihat ikan dewata yang ramah pengunjung.
  • Persiapkan diri Anda sedini mungkin dan teknis agar perjalanan berjalan lancar.

Jika Anda berada di kota Kuningan, jangan lewatkan terapi ikan Nil di Balong Cigugur. Terapi dengan ikan nil dapat mengendurkan otot dan saraf serta merilekskan tubuh dan pikiran. Selain itu, jangan lewatkan eksotisme ikan para dewa.

Fotografi dan terapi dengan ikan tentunya akan membuat pikiran dan tubuh Anda lebih segar dan sehat. Jangan khawatir, gigitan ikan Nil tidak menyakitkan, bahkan menimbulkan rasa geli, pasti akan membuat Anda senang. Tentunya kunjungan Anda akan menjadi pengalaman berwisata yang berkesan dan tak terlupakan Balong Cigugur Ini dengan keluarga, kerabat dan teman.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button