Tempat Wisata

Pantai Sebalang Lampung Wisata Instagramable di Bali

Menikmati suasana pantai Lampung ala Bali? Inilah salah satu tempat wisata unik di Lampung yang bernama Pantai Sebalang. Tata letak pantai ini memang dibuat unik, begitu pula suasana di Bali yang sedang bersantai di bean bag di pantai berpasir putih sambil menikmati aneka hidangan.

Penataan yang unik ini memang menjadi daya tarik bagi pengunjung, terutama yang suka menikmati sunset. Padahal pantai ini cukup ramai sejak pagi dengan pengunjung yang berenang atau sekedar berjalan-jalan di pinggir pantai.

Tempat wisata ini memang menjadi favorit banyak anak muda karena suasana menjadi romantis saat lampu hias mulai bersinar. Selain bisa bersantai hingga larut malam, suasananya sebenarnya berbeda dengan keceriaan di siang hari.

Lokasi dan rute menuju Pantai Sebalang

Lokasi Pantai Sebalang berada di Jl. Patih Canggih, Dusun Sebalang, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan. Jika Anda berangkat dari pusat kota Lampung, jaraknya sekitar 22 kilometer yang dapat Anda tempuh dalam waktu sekitar 40 menit dengan kendaraan bermotor.

Jalur alternatif melalui Kalianda (ibukota Lampung Selatan) dengan jarak tempuh sekitar 40 km. Jika Anda berangkat dari Lampung Walk di Bandar Lampung, jaraknya hanya 26 km. Kondisi jalan cukup bagus, hanya saja harus sedikit berhati-hati saat mendekati kawasan pantai karena jalannya berlubang.

Tiket masuk dan jam operasional

Tiket masuk Pantai Lampung cukup murah, hanya Rp 20.000 per orang. Namun tentunya bersantai di kafe memiliki harga yang berbeda. Dengan tiket masuk ini, pengunjung sudah bisa menikmati indahnya pantai dan laut.

Jam buka mulai pukul 09:00 dan berakhir pada pukul 22:00 setiap hari. Biasanya pengunjung suka bermain dari siang hingga sore kemudian bersantai sambil menikmati sunset sambil bersantai di kafe hingga sore hari.

Objek wisata Pantai Sebalang

Berkunjung ke tempat wisata di Lampung ini sebenarnya menyenangkan karena pantainya yang berpasir putih dengan air laut yang berwarna kebiruan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, mulai dari sekedar bersantai dan piknik bersama keluarga, hingga berenang dan berolahraga di tepi pantai. Seperti yang dijelaskan di bawah ini:

1. Pantai dan laut yang indah

Pantainya berpasir putih dan bersih, sedangkan air lautnya berwarna biru jernih. Air laut tidak dapat langsung mengenai pasir pantai karena terhalang oleh batu-batu yang ada di pantai. Namun kedalamannya masih dangkal sehingga aman bagi pengunjung yang ingin bermain atau berenang di air.

2. Kafe dengan suasana Bali

Banyak pengunjung yang suka bersantai di kafe ini, duduk di atas beanbag dan menikmati keindahan matahari terbenam. Banyaknya lampu hias yang dipasang membuat suasana pantai menjadi romantis dan menjadi pengalaman yang sangat istimewa.

3. Berkemah di pantai

Pengelola menyediakan perlengkapan camping jika pengunjung ingin merasakan camping di pinggir pantai. Pengunjung bisa menyewa peralatan sehingga tidak perlu membawa sendiri. Tertidur sambil mendengarkan deburan ombak yang lembut bisa menjadi pengalaman yang berbeda sama sekali.

Kegiatan yang menarik

Mengunjungi pantai di Lampung sebenarnya menawarkan banyak aktivitas menarik. Jangan hanya bersantai menikmati pemandangan. Bahkan, seluruh anggota keluarga bisa menikmati keindahan tempat ini. Simak penjelasan berikut ini:

1. Bersantai di pantai

Banyak pengunjung yang suka piknik di Pantai Sebalang sambil menikmati pemandangan. Anak-anak suka bermain air atau pasir. Air laut tidak langsung mengenai bibir pantai karena bebatuannya berserakan, sehingga aman untuk bermain pasir.

Garis pantai di tempat ini cukup panjang sehingga membuat pantai terlihat luas. Meski tidak berada di area kafe, pengunjung bisa berpiknik di area sekitar pantai. Tentu saja harus membawa perlengkapan sendiri, tapi yang pasti asyik juga bersama keluarga atau teman.

2. Berenang dan bermain air

Karena ombaknya tenang, pengunjung pantai ini dianggap aman untuk berenang dan bermain air. Selain itu, airnya jernih sehingga Anda bisa melihat dasar laut. Meski demikian, disarankan agar anak-anak didampingi oleh orang tuanya untuk menghindari bahaya.

3. Berkemah di pantai

Jika menyukai kegiatan berkemah, pengunjung dapat menyewa tenda yang disediakan pengelola. Tenda yang tersedia untuk 2 dan 3 orang. Untuk paket dua orang dikenakan biaya Rp 150.000, untuk paket tiga orang dikenakan biaya Rp 225.000.

Dimulai dari harga sewa, pengunjung sudah mendapatkan tenda dan perlengkapannya, makan dan sarapan. Harga untuk kegiatan ini relatif murah. Terutama karena pengunjung tidak perlu lagi khawatir tentang perlengkapan dan makanan.

4. Bersantai di Kafe Sebalang Kuy

Pengunjung bisa mendengarkan live music yang sering disajikan di kafe ini. Daya tarik kafe ini adalah pengunjung dapat bersantai sambil duduk di atas beanbag sambil menikmati makanan dan minuman yang telah dipesan. Harga sewa bean bag adalah Rp 25.000 per buah. Lampu hias menambah suasana berbeda.

Kafe ini terlihat unik karena menggunakan wadah bekas sebagai tempat penyiapan makanan. Ada banyak kursi kayu tinggi di depan. Pengunjung bisa makan di sini sambil mengamati proses pembuatan makanan tersebut.

Kabin atau shelter juga tersedia jika Anda datang bersama rombongan. Jadi lebih banyak orang dapat memuat dan berkumpul. Sempurna untuk keluarga sehingga semua orang dapat berkumpul untuk makan dan minum santai. Harga sewanya sekitar Rp 50.000 per saung.

Menunya juga cukup banyak, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Minumannya pun beragam, mulai dari minuman dingin yang menyegarkan hingga minuman panas. Harganya juga terjangkau. Pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan saat berkunjung ke pantai ini.

5. Ambil foto Ria

Pengunjung yang datang ke Pantai Sebalang tidak akan kekurangan spot foto yang menarik untuk dijepret. Pantai berpasir putih, air laut kebiruan, sunset, suasana pantai di kegelapan, bahkan berfoto di dua rumpun pohon di pinggir pantai. Siang dan malam akan tetap indah.

6. Memancing

Pengunjung yang hobi memancing bisa menekuni hobi ini dengan menyewa perahu. Anda bisa berlayar di sekitar pulau atau pergi ke laut dan memancing. Namun, Anda harus membawa perlengkapan sendiri karena pihak pengelola tidak menyediakannya.

Fasilitas yang Disediakan

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, manajemen telah menyediakan fasilitas yang lengkap antara lain tempat parkir mobil yang luas dan aman, warung makan dan kafe modern yang unik. Termasuk musala untuk ibadah, kamar mandi dan toilet untuk membersihkan diri.

Jika ingin berlama-lama di tempat ini, terdapat banyak penginapan atau hotel yang tidak jauh dari tempat wisata pantai. Harga mulai dari Rp 300.000 per kamar per malam. Banyak hotel menawarkan alternatif, beberapa bahkan dapat dipesan secara online.

Banyak juga warga setempat yang membuka warung atau kafe di sekitar pantai. Jadi jika Anda berbelanja dari luar atau bahkan ingin membawa perbekalan juga tidak masalah. Namun, banyak yang lebih suka berbelanja di dalam toko, terutama kopi Robusta spesial lokal.

Menutup

Bersantai di Pantai Sebalang meninggalkan kesan yang sangat berbeda. Pemandangannya indah dan menyenangkan untuk menikmati aktivitas pantai dan laut. Ada juga nuansa Bali saat nongkrong di kafe yang menambah pesonanya. Semua itu bisa membuat pengunjung merasa segar kembali.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button