Tempat Wisata

Pantai Dewi Mandapa: daya tarik, lokasi, jam buka dan fasilitas

Tempat wisata di Lampung ini dikenal dengan nama Pantai Dewi Mandapa yang konon diambil dari nama pemilik kawasan tersebut. Hal yang unik dari pantai Lampung ini adalah adanya hutan bakau yang mengelilingi tempat tersebut. Keunikan ini pada akhirnya menjadi daya tarik tambahan yang memiliki makna edukatif.

Penataan tempat wisata ini cukup menarik dan bertema memberikan kesan yang berbeda. Didukung dengan fasilitas yang lengkap, semua ini sangat menarik minat banyak pengunjung sehingga tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi orang. Berikut pembahasan lengkapnya.

Lokasi dan rute menuju lokasi

Pantai Dewi Mandapa terletak di Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Jika Anda berkendara dari pusat kota Bandar Lampung, tempat ini bisa ditempuh hanya dalam waktu satu jam.

Ikuti saja Jalan Pramuka menuju Jalan Teuku Cik Ditiro. Nanti Anda akan melewati Jalan Raden Imba Kusuma Ratu hingga akhirnya sampai di kawasan Padang Cermin. Kondisi jalan yang kotor dan berbatu cukup untuk sebuah mobil. Jadi Anda harus bergiliran saat kendaraan melaju melaju.

Daya Tarik Pantai Dewi Mandapa

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tempat wisata ini memang unik. Pantai berpasir putih bersih, laut biru dan dikelilingi hutan bakau. Selain itu didukung dengan penataan yang unik seperti dermaga dan area khusus yang menarik sebagai spot foto yang instagramable. Berikut pembahasannya:

1. Alam yang indah dan beragam

Tentu saja, pantai berpasir putih dan bersih mengundang Anda untuk bersantai atau bermain. Sering digunakan untuk berkemah. Lautnya yang agak tenang juga bisa digunakan untuk permainan air dan berenang. Hutan mangrove juga bisa dijadikan tempat pendidikan.

2. Pulau Cinta dan Dermaga Asmara

Meski ada sedikit biaya tambahan untuk mengakses kedua kawasan ini, namun hal ini tidak mengganggu pengunjung. Selain harganya yang murah, tempatnya juga unik. Bentuknya seperti hati, ada kursi untuk bersantai, bisa foto-foto sambil main air atau berenang.

Bahkan saat permukaan laut sedang tinggi, Pulau Cinta tampak mengapung di atas air. Memang, bersantai di gazebo-gazebo yang disediakan menjadi pengalaman yang berbeda. Pengunjung bisa duduk-duduk di Dermaga Asmara, menyaksikan sunset atau berfoto.

Tiket masuk dan jam buka

Tarif masuk ke pantai di Lampung ini adalah Rp 10.000 per orang, cukup murah dan terjangkau. Biaya tambahan untuk masuk ke Pulau Cinta adalah Rp 5.000 per orang. Ada biaya tambahan Rp 15.000 per orang untuk mengakses Dermaga Asmara.

Tempat wisata ini buka setiap hari, termasuk akhir pekan dan hari libur nasional. Dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 17.00 waktu setempat.

Kegiatan yang menarik

Dengan keanekaragaman alam di Pantai Dewi Mandapa, banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Mulai dari bersantai hingga menikmati pemandangan alam dan melakukan olahraga air. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, pengunjung tidak akan bosan.

1. Bersantai di pantai dan menikmati matahari terbenam

Pantai berpasir putih ini mengajak Anda untuk bersantai. Banyak pengunjung yang suka piknik sambil menikmati keindahan pantai. Selain itu, di sekitar lokasi terdapat banyak warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Santai sambil makan pasti bikin rileks.

Banyak juga pengunjung yang sengaja datang pada sore hari. Anda tidak hanya ingin mendapatkan lebih banyak keteduhan, tetapi Anda juga ingin menikmati matahari terbenam. Fenomena sehari-hari ini memang indah untuk diabadikan, sehingga tak heran jika banyak yang secara sadar menunggu untuk diabadikan.

2. Berenang dan snorkeling

Karena lautnya yang tenang, pengunjung bisa merasa aman berenang atau snorkeling. Pengelola menyewakan peralatan snorkeling dengan harga Rp 40.000 per hari. Pengunjung tidak perlu membawa atau menyiapkan perlengkapan sendiri.

Dalam kegiatan ini pengunjung dapat menikmati keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang yang berbeda dan spesies ikan yang berbeda. Namun, kesempatan berenang dan snorkeling tentu saja dibatasi untuk memastikan keamanan semua pengunjung. Ini penting untuk keselamatan Anda sendiri.

3. Berkemah di pantai

Pantainya tentu saja luas dan luas, sehingga nyaman untuk berkemah di tepi pantai. Pihak pengelola bahkan menyewakan tenda seharga 100.000 rupiah, sehingga pengunjung tidak perlu membawa sendiri. Tentu saja, sesekali merasa ingin beristirahat sambil mendengarkan deburan ombak itu menyenangkan.

4. Pulau Cinta

Bentuk pulau ini sebenarnya menyerupai hati besar yang sebenarnya terbentuk secara alami. Letaknya kira-kira di tengah laut dan pengunjung yang ingin ke sini bisa melalui jembatan kayu yang dibangun. Uniknya, pulau ini seolah mengapung di atas air saat air pasang.

Pengunjung sangat menyukai tempat ini karena memiliki bentuk yang unik dan berada di tengah laut. Bersantai sambil berfoto justru akan terlihat dan terasa berbeda di sini. Tak heran jika tempat ini menjadi spot favorit para pengunjung. Tidak masalah ada biaya tambahan Rp 5.000.

5. Dermaga Asmara

Selain Pulau Cinta, Dermaga Asmara merupakan tempat menarik lainnya yang unik dengan tampilan serba kayunya. Pengunjung harus membayar biaya sebesar Rp 15.000 per orang untuk memasuki kawasan ini. Tempat ini dikelilingi oleh hutan bakau yang menjadikannya unik.

Pengunjung bisa menambah sedikit pengetahuan tentang hutan mangrove. Tentang fungsinya sebagai penahan erosi, bagaimana penduduknya menjaga pantai dan laut dan masih banyak lagi informasi menarik lainnya. Setidaknya pengunjung bisa melihat seperti apa hutan mangrove itu.

6. Ambil foto sampai puas

Selain semua kegiatan di atas, ada satu lagi kegiatan yang tidak boleh dilewatkan di tempat wisata di Lampung ini yaitu fotografi. Pemandangan alamnya saja sudah luar biasa untuk diabadikan. Terkait dengan keberadaan pulau cinta, dermaga Asmara, hutan mangrove dan fenomena sunset.

Tidak ada batasan untuk berkumpul bersama keluarga dan teman di tempat ini. Semua lokasi terlihat indah untuk diabadikan, jadi tidak perlu khawatir kehabisan tempat untuk difoto. Pasti keren untuk memposting hasilnya di akun media sosial Anda sendiri.

Fasilitas yang tersedia

Tentunya dengan segala potensi tersebut, pihak pengelola menyediakan fasilitas yang lengkap untuk menunjang kenyamanan pengunjung saat berwisata. Mulai dari tempat parkir mobil yang luas dan aman, musholla untuk pelayanan, hingga warung makan dan minum dengan harga terjangkau bagi pengunjung.

Selain itu, pantai ini juga memiliki gazebo dan banyak kursi untuk duduk santai pengunjung. Tentunya juga terdapat kamar mandi atau wastafel dan toilet sehingga pengunjung dapat membersihkan diri setelah bermain di pantai atau di laut.

Menutup

Berkunjung ke Pantai Dewi Mandapa sungguh menyenangkan. Pemandangan indah dan bervariasi, banyak kegiatan dan sedikit trivia tentang hutan bakau.

Pantai di Lampung ini cocok untuk seluruh keluarga. Segera rencanakan untuk datang ke sini dan bersantai.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button