Tempat Wisata

Bukit Gibeon, wisata alam spiritual dan pesona air terjun yang indah di Toba

harga tiket: 10.000 Rp Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sionggang Utara, Kec. Lumban Julu, Kab.Toba Samosir, Sumatera Utara; Map: verifikasi lokasi

Salah satu pulau di Indonesia yang bisa menampilkan keindahan alam yang begitu indah dan asri, yaitu Pulau Sumatera. Pulau ini menawarkan banyak tempat wisata alam yang tidak boleh dilewatkan, terutama bagi Anda yang sedang mencari tempat liburan.

Salah satu tempat wisata yang paling terkenal dan tentunya sudah anda ketahui tempat wisata tersebut adalah Danau Toba. Namun tahukah Anda selain Danau Toba, ada tempat lain di Pulau Sumatera yang tak kalah eksotis? Salah satunya berupa wisata Bukit Gibeon.

Dari sini Anda nantinya bisa melihat panorama air terjun yang menakjubkan. Air terjun yang indah dan kolam yang sangat menyegarkan menjadi salah satu alasan mengapa wisatawan mengunjungi tempat ini.

Daya tarik yang diberikan Bukit Gibeon

Atraksi Bukit GibeonFoto oleh Travellink Indonesia di Facebook

✦ Wisata alam rohani

Bukit Gibeon merupakan salah satu tempat wisata di Desa Sibisa. Desa ini terletak di Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Di sana nantinya Anda akan menemukan beberapa bangunan yang digunakan untuk wisata rohani umat Kristiani.

Terdapat kolam pemandian di tempat ini yang memiliki desain yang sangat menarik dan unik serta airnya terlihat begitu segar dan sejuk. Sekalipun terdapat prasasti tentang kawasan wisata alam rohani kristen di tempat ini, bukan berarti tempat tersebut tidak dapat dikunjungi oleh wisatawan selain umat Kristiani.

Orang non-Kristen di antara kamu bebas mengunjungi Bukit Gibeon. Pertama, bukit ini memang sengaja dibangun sebagai tempat sekolah pendeta, karena banyak fasilitas yang sebenarnya berada di atas bukit berupa gereja, musholla, ruang belajar, mushola, ruang makan, ruang rekreasi , dan kamar penginapan.

Di kawasan perbukitan ini juga terdapat beberapa bangunan yang dirancang khusus untuk acara wisata rohani atau seminar. Wisata Rohani Bukit merupakan salah satu tempat wisata religi yang tergolong wisata alam.

✦ Keindahan air terjun

Daya tarik selanjutnya yang harus dimiliki adalah keindahan air terjun Bukit Gibeon. Di sana Anda akan menemukan air terjun yang mempesona sebagai daya tarik utama. Tidak hanya air terjunnya, kolam renang di bawah air terjun juga menjadi spot favorit wisatawan yang datang.

Beberapa pengunjung dapat menggunakan kolam renang ini sebagai tempat terapi kesehatan. Airnya yang begitu segar membuat air kolam yang langsung keluar dari air terjun akan memberikan sensasi yang luar biasa.

Karena itulah, tidak sedikit wisatawan yang menyempatkan diri untuk mandi di kolam dan air terjun. Karena sebenarnya tempat ini sangat menyegarkan jika anda datang di siang hari.

✦ Dekat Wisata Parapat

Kamu pasti tahu bahwa Bukit Gibeon tidak jauh dari Parapat. Ini juga merupakan daya tarik lainnya, itulah sebabnya banyak pengunjung datang, terutama saat liburan. Selain itu, kolam renang dan bangunan keagamaan dengan arsitektur yang unik menjadi daya tarik lainnya.

Daya tarik wisata air terjun yang sebenarnya dekat dengan wisata Parapat terletak pada topografi alamnya yang secara visual sangat mengesankan. Selain itu, destinasi dengan luas mencapai 20 hektar ini cukup cocok sebagai tempat liburan keluarga.

Bukit Gibeon yang terletak di lingkaran Danau Toba yang mempesona ini hanya berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota Parapat. Jika Anda mengunjungi tempat ini, Anda pasti harus mampir ke wisata Parapat.

Akses yang bisa digunakan untuk jalur pendakian gunung ini dari tempat wisata Parapat bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bagi Anda yang lebih suka menggunakan angkutan umum, di lokasi ini juga tersedia angkutan umum berupa bus DAMRI.

Alamat dan rute menuju lokasi

alamat di Bukit GibeonFoto oleh Hans TM di Google Maps

Anda yang berencana menghabiskan liburan di tempat wisata di Bukit Gibeon ini harus segera ke Kabupaten Toba Samosir provinsi Sumatera Utara. Tempat ini berada di dekat Danau Toba yang berjarak sekitar 3 km. Tempat wisata yang tepat adalah Sionggang Utara, Lumban Julu.

Nantinya bisa menggunakan jalur dari Parapat, tinggal lurus ke arah Balige. Anda kemudian dapat melanjutkan perjalanan sekitar 10 km. Ketika Anda tiba di sisi kanan jalan Anda akan menemukan gapura yang bertuliskan “Tempat Wisata”.

Dari gapura ini hanya berjarak 1 km menuju pintu masuk. Setelah itu di area tersebut terdapat pintu masuk di sebelah kiri jalan dan anda tinggal melewati pintu masuk tersebut dan ikuti jalan tersebut hingga tiba di tempat wisata Bukit.

Biaya masuk dan jam buka

Bukit Gibeon merupakan tempat wisata yang memiliki banyak pecinta. Untuk memasuki wilayah tempat wisata ini, Anda akan dikenakan biaya masuk. Tiket masuknya sendiri cukup murah, hanya seharga Rp 10.000 per orang.

Terdapat biaya parkir sebesar Rp 2.000 bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi. Spa di puncak bukit dengan air terjun di Toba Samosir ini buka setiap hari.

Anda dapat mengunjunginya pada jam 8 pagi dan tutup pada jam 8 malam. Wisatawan biasanya datang ke rumah doa di pagi hari. Sedangkan kawasan wisata berupa kolam renang akan ramai menjelang sore yang terik.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Perbukitan GibeonFoto oleh Cukat Liang di Google Maps

1. Nikmati keindahan air terjunnya

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat mengunjungi Bukit Gibeon. Salah satu kegiatan yang menarik adalah menikmati keindahan air terjun. Air Terjun Gibeon merupakan air terjun alami yang airnya mengalir langsung ke kolam renang. Pemandangan di tempat ini memang begitu luas, mempesona dan juga indah.

Nantinya Anda harus menuruni anak tangga untuk menikmati keindahan air terjun di atas bukit. Airnya berwarna biru dan sangat bersih. Siapapun yang melihatnya akan langsung tergiur untuk langsung terjun dan mandi di sana.

Tidak ada penambahan kaporit pada air di kolam ini, dan air terus bersirkulasi, sehingga kebersihannya benar-benar terjaga. Ketinggian air terjun kurang lebih 7m dan air terjun langsung ke area kolam. Pemandangan indah di tempat ini akan membuat liburan Anda begitu menyenangkan.

Perlu kamu ketahui bahwa air di kolam yang ada di Bukit Gibeon ini cukup dingin. Bahkan jika Anda berenang di kolam renang di hari yang panas, dijamin Anda akan menggigil kedinginan.

Banyak wisatawan yang sengaja mengunjungi tempat wisata alam yang indah ini untuk menikmati keindahan air terjun dan juga segarnya air dari kolam. Oleh karena itu, jika Anda berencana mengunjungi tempat tersebut, sebaiknya siapkan baju ganti.

Tidak hanya turis dari daerah Sumatera saja yang bertemu di tempat ini, tapi juga turis dari luar pulau. Bahkan tak jarang wisatawan mancanegara menyempatkan diri menikmati kesegaran kolam di tempat wisata.

2. Perjalanan satu hari

Sebagai salah satu tempat yang paling populer, wisata Bukit Gibeon ini memang cocok untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan sehari bersama teman. Selain itu, Anda juga bisa melakukan retret bersama di gereja. Di malam hari, nuansa yang menyelimuti tempat ini membuat suasana terasa begitu hening.

Perjalanan sehari ke tempat wisata ini memang akan sangat menyenangkan. Bukit tersebut merupakan kawasan wisata yang sangat unik. Di area perbukitan Anda bisa memilih antara lima kolam renang. Kesegaran air kolam yang berasal langsung dari air terjun memberikan rasa rileks.

Tidak perlu khawatir jika Anda membawa buah hati Anda untuk mandi di Bukit Gibeon. Padahal, kolam renang di lokasi ini dibedakan menurut umurnya. Ada kolam khusus anak-anak dan dewasa dan ada juga kolam khusus atlet.

3. Nikmati wahananya

Kota wisata berbukit ini juga memiliki wahana yang bisa Anda gunakan. Salah satu wahana yang sangat digemari wisatawan adalah kolam bebek. Tentunya dengan adanya wahana tersebut anak-anak anda akan semakin merasa nyaman berada di tempat ini.

4. Berburu foto di Bukit Gibeon

Aktivitas yang tak kalah menarik adalah menjelajahi tempat wisata spiritual di kawasan Bukit Gibeon. Misalnya, mengunjungi gedung putih dengan atap ungu. Bangunan itu menyandang nama menara doa semua bangsa.

Tidak jarang pengunjung menggunakan gedung ini sebagai backdrop untuk mengabadikan momen. Seluruh area yang melekat pada fasilitas tersebut sebenarnya menawarkan pemandangan yang luar biasa dan tentunya sangat dipentaskan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melewatkan hunting foto di tempat wisata.

5. Nikmati buah yang berbeda

Di bukit ini nantinya Anda juga akan menemukan sebuah kebun buah. Jika Anda mengunjungi kebun buah, Anda dapat membawa pulang buah setelah membelinya. Membawa kembali buah yang dipetik langsung dari pohonnya sebagai oleh-oleh tentu menjadi sesuatu yang sangat mengesankan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit GibeonFoto oleh Travelling Sumatera Utara di Instagram

Fasilitas di Bukit Gibeon sangat memadai. Hal ini tentunya tidak terlepas dari pengelola yang selalu mengembangkan tempat wisata agar pengunjung merasa lebih nyaman.

Di tempat ini Anda akan menemukan fasilitas kerohanian seperti mushola, rumah ibadah, gereja, ruang belajar, kamar penginapan, ruang sekretaris, fasilitas api unggun, fasilitas ibadah Padang, ruang terbuka, dapur dan kolam renang, serta tempat parkir yang aman dan luas.

Selain itu, Anda tidak akan kesulitan jika perlu mencari toilet atau ruang ganti. Tentunya semuanya difasilitasi dengan sangat baik di tempat wisata ini. Anda bahkan tidak perlu repot membawa perbekalan karena ada warung yang menawarkan berbagai menu.

Bukit Gibeon merupakan salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Tempat ini telah dibuka sejak Juli 2016. Keindahan dan keseruan yang ditawarkan membuat tempat wisata ini selalu dipadati pengunjung. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera memulai wisata gunung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button