Tempat Wisata

Geosite Sipinsur, Mempesona keindahan Danau Toba dari atas di Humbang Hasundutan

harga tiket: 5.000 Rp Jam operasional: 09.00-16.00 WIB, Alamat: Parulohan, Kec. Parangnan, Cab.Humbang Hasundutan, Sumatera Utara; Map: verifikasi lokasi

Danau Toba dikenal sebagai danau air tawar terbesar di Indonesia. Cara seru menikmati keindahan danau adalah dengan mengunjungi Geosite Sipinsur di Humbang Hasundutan, sebuah tempat wisata geologi yang sedang populer di kalangan wisatawan. Banyak foto Sipinsur bertebaran di media sosial yang menggugah rasa penasaran para traveller.

Kawasan puncak di Kabupaten Humbang Hasundutan ini menawarkan banyak spot foto menarik dengan backdrop alam yang mempesona. Tidak hanya panorama danau, tetapi juga hutan pinus, pemandangan lembah, persawahan dan masih banyak lagi. Semua keindahan alam dapat dilihat dari geosite ini.

Kawasan wisata Geosite Sipinsur juga menawarkan berbagai fasilitas bagi pengunjung. Sehingga liburan di sini akan lebih menyenangkan dan tentunya lebih menghibur bagi Anda dan teman serta kerabat dekat Anda.

Daya tarik geosite Sipinsur

Objek wisata geosite SipinsurFoto oleh Nusantara Makmur di Google Maps

✦ Pemandangan Danau Toba yang menawan

Keindahan Danau Toba di Sumatera Utara yang mempesona memang sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Pemandangan danau terbesar di Indonesia juga menjadi daya tarik wisata Sipinsur ini. Namun tentunya dengan perasaan yang berbeda, karena tempat ini berada di ketinggian.

Dari puncak ini, hamparan danau yang sangat luas dapat terlihat dengan jelas. Pulau, lembah, dan sawah menghiasi pemandangan yang disajikan kepada pengunjung. Nah, banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan selama berlibur di tempat ini.

✦ Hutan pinus yang hijau dan rindang

Kawasan wisata Geosite Sipinsur juga dilengkapi dengan kawasan hutan pinus yang rindang. Pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan rimbun membuat tempat ini semakin sejuk. Suasananya cukup tenang dan jauh dari kebisingan kota. Suara angin dan binatang hutan akan menemani Anda.

Selain itu, kawasan hutan pinus di sini cukup luas, sehingga pengunjung bisa menikmatinya dengan lebih baik. Selain itu, kawasan ini juga dijadikan bumi perkemahan bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana berkemah di hutan pinus.

✦ Taman bermain anak-anak

Taman bermain anak juga menjadi daya tarik wisata Sipinsur ini. Berbagai permainan seperti perosotan, ayunan, panjat tebing, dll tersedia bagi pengunjung di taman bermain anak ini. Oleh karena itu, tempat ini juga bisa disebut sebagai destinasi wisata ramah anak.

Cocok untuk waktu luang bersama buah hati Anda untuk lebih mengenal alam. Area taman ini juga bisa menjadi alternatif jika si kecil sedang rewel. Anda bisa mengajaknya menikmati permainan yang tersedia.

✦ Udara sejuk

Anda akan menemukan Geosite Sipinsur di atas lahan seluas 2 hektar dengan ketinggian 1.213 m dpl. Anda sudah bisa membayangkan suasana lantai atas, tenang dan sejuk. Udara segar akan menidurkan setiap pengunjung.

Selain ketinggian, pepohonan rindang yang ada juga turut menambah kesejukan tempat ini. Anda mungkin merasakan angin sepoi-sepoi yang kuat di tengah hutan. Bahkan di malam hari, udara di tempat ini turun sehingga mengharuskan pengunjung memakai jaket atau baju hangat.

✦ Tempat Foto

Wisata alam tampaknya sedang naik daun di kalangan penduduk. Wisatawan juga tak lupa memotret dan mengabadikan wisata alam yang dikunjungi. Jika Anda salah satunya dan sedang mencari tempat wisata dengan alam yang indah, Sipinsur bisa menjadi referensi untuk Anda.

Spot foto dengan background alam yang asri dan asri menjadi magnet tersendiri mengundang wisatawan. Danau Toba, Pulau Sibandang dan pemandangan alam di tempat ini menjadi latar belakang yang bagus untuk spot foto. Cocok untuk liburan anak muda atau milenial yang suka berfoto ria.

✦ Perkemahan

Daya tarik lain dari wisata geosite ini adalah bumi perkemahan. Area luas yang disediakan khusus untuk keperluan berkemah. Wisatawan bisa menginap di tenda-tenda di sekitar hutan pinus.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat geosite SipinsurFoto oleh Suhir Wijaya di Google Maps

Ini adalah salah satu tujuan wisata alam di Sumatera Utara dan terletak di atas desa Paerung di Parangnan. Desa ini berjarak sekitar 18 km dari bandara terdekat yaitu Bandara Silangit di Siborong-borong.

Jika Anda datang dari bandara ini, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara menuju Geosite Sipinsur. Lamanya perjalanan ini tentunya tergantung dari kondisi jalan, apakah sedang macet atau tidak. Silakan ambil rute ke Jalan Silangit di utara kota.

Lanjutkan berkendara ke pertigaan yang mengarah ke Jalan Sisingamaraja. Ikuti rambu-rambu di area ini. Setelah melewati tempat ini, Anda akan sampai di Sipinsur dengan jarak sekitar 3 km.

Biaya masuk dan jam buka

Anda yang masih penasaran dengan Geosite Sipinsur bisa mengunjunginya dengan tiket masuk Rp 5.000 per orang. Wisatawan dapat menikmati alam dan berbagai fasilitas yang disediakan.

Sipelemen buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Wisatawan bisa datang WIB sekitar pukul 09.00 pagi saat tempat ini buka. Waktu tutup bagi wisatawan adalah pukul 16:00 WIB.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di geosite SipinsurFoto oleh Jimmi Putra Ginting di Google Maps

1. Lihat Danau Toba dari ketinggian

Di sekitar kawasan wisata Danau Toba sebenarnya ada beberapa pilihan tempat di mana Anda bisa menikmati panorama danau legendaris tersebut. Namun, tempat terbaik untuk menikmati keindahan danau ini adalah dari ketinggian seperti geosite Sipinsur.

Di bawah ini Anda bisa melihat seluruh permukaan danau dengan lebih jelas. Di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan hijau dan menyegarkan lainnya. Dari ketinggian, petak-petak kecil berupa persawahan terlihat lebih jelas.

2. Jelajahi hutan pinus

Kawasan hutan pinus merupakan tempat yang populer bagi pengunjung. Tempatnya bagus dengan pemandangan pohon pinus yang besar. Pengunjung bisa menghabiskan waktu liburannya di sini dengan berjalan-jalan santai di tengah pepohonan pinus yang tinggi.

Suasananya yang tenang dan udaranya yang segar juga membuat wisatawan semakin betah untuk menginap di sini. Angin bertiup lembut dan pohon pinus memberikan keteduhan. Hutan yang sangat indah dengan pemandangan yang menakjubkan.

3. Berkemah di Geolokasi Sipinsur

Salah satu kegiatan menyenangkan untuk liburan yang tak terlupakan adalah berkemah. Ya, bermalam di tengah hutan pinus dengan tenda. Tempatnya cukup luas untuk mendirikan beberapa tenda.

Di malam hari Anda dapat membuat api unggun atau bertemu dengan peserta perkemahan lainnya. Namun, harus diingat bahwa cuaca di tempat ini semakin dingin saat malam tiba. Jadi jangan lupa membawa pakaian hangat atau perlengkapan lainnya untuk melindungi Anda dari hawa dingin.

4. Pengejaran Matahari Terbit

Tidur di alam memiliki tantangan tersendiri, seperti udara dingin yang membekukan. Harganya, bagaimanapun, akan menjadi pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Pasang alarm untuk bangun pagi agar tidak melewatkan sunrise yang begitu indah.

Momen sunrise menjadi semakin indah ketika pemandangan awan putih masih menutupi area di bawahnya. Pemandangan awan dan matahari terbit memberikan nuansa liburan yang berbeda dibandingkan jika Anda berlibur di negeri di atas awan.

5. Ambil foto

Berburu foto di Geosite Sipinsur akan menjadi pengalaman yang menghibur. Lanskap alam yang hijau dan menyegarkan tidak hanya harus diambil begitu saja, tetapi juga ditangkap oleh kamera. Lanskap yang indah dapat digunakan sebagai latar panorama untuk menciptakan foto yang instagramable.

Wisatawan hanya perlu membawa perlengkapan fotografi atau bisa menggunakan kamera handphone. Silakan pilih kecantikan mana yang ingin Anda gunakan sebagai latar belakang foto. Bagi wisatawan yang berlibur ke tempat ini, pemandangan Danau Toba menjadi motif utama berfoto.

6. Kopi yang enak

Kegiatan ini cocok untuk pengunjung yang membawa anak kecil. Namun bagi Anda yang menyukai kopi juga bisa mengambil kesempatan untuk berlibur ke Geosite Sipinsur dan menikmati kopi yang enak di sana.

Secangkir kopi hangat menemani udara sejuk dan sedikit dingin di tempat ini. Kopi akan menjadi teman Anda menikmati pemandangan hutan pinus dan tentunya Danau Toba yang menakjubkan.

7. Mencicipi aneka menu olahan di Rumah Makan Sipinsur

Restoran di tengah hutan pinus ini layak untuk dikunjungi sejenak. Tempat makan yang menawarkan berbagai menu masakan Indonesia dan Western. Bukan hanya karena makanannya yang enak, tetapi juga karena keindahan alam yang tersaji di depan mata, yang juga bisa Anda nikmati di Geosite Sipinsur.

Di sekitar hutan pinus juga terdapat food court yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman. Kios-kios di kawasan ini didesain cantik dengan atap segitiga. Sebelum itu ada jalan setapak untuk pengunjung yang lewat. Bangku dan meja kecil di dekat food court tersedia untuk Anda menikmati makanan yang dibeli.

8. Bermain di taman anak-anak

Khusus untuk anak-anak, pengunjung dapat menikmati fasilitas bermain di taman ini. Jangan lewatkan keseruan bermain seluncuran dan ayunan. Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu di area ini karena anak-anak biasanya suka bermain di taman ini.

9. Nikmati seni pertunjukan

Di dekat hutan pinus terdapat sebuah bangunan bernama Panggung Terbuka Sipinsur. Biasanya, acara budaya atau acara penting diadakan di panggung publik ini. Jika beruntung, wisatawan juga bisa menikmati pertunjukan seni yang dipamerkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas tersebut adalah Geosite SipinsurFoto oleh Ivan Van Wilan di Instagram

Tempat parkir mobil di dekat gerbang depan adalah salah satu fasilitas yang tersedia bagi pengunjung. Terdapat juga beberapa toilet di beberapa sudut dan tempatnya cukup nyaman karena pengelolaan yang baik.

Fasilitas Geosite Sipinsur lainnya bagi wisatawan adalah restoran dan food court. Pihak pengelola menyediakan fasilitas yang sangat lengkap untuk memastikan pengalaman liburan yang menyenangkan. Ada juga tempat ibadah di kawasan wisata ini.

Panggung Opera Batak, Panggung Terbuka dan Galeri Seni adalah beberapa fasilitas tambahan yang menawarkan seni pertunjukan yang dapat dinikmati wisatawan. Tempatnya sangat asri dan bersih, membuat pengunjung merasa lebih nyaman.

Menarik bukan untuk mengunjungi Geosite Sipinsur di Sumatera Utara? Persiapkan rencana Anda untuk mengunjungi kawasan ini agar bisa merasakan langsung keindahan dan berbagai pesonanya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button