Tempat Wisata

Pantai Manalusu Garut – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket

harga tiket: 5.000 Rp Jam operasional: 24 jam, Alamat: Cigadog, Kec. Cikelet, Cab Garut, Jawa Barat; Map: verifikasi lokasi

Berbicara tentang pantai: Indonesia adalah negara yang secara alami memiliki wilayah laut yang sangat luas dan jumlah pantai yang sangat banyak. Pantai-pantai ini tersebar hampir merata dari ujung timur hingga ujung barat negara Indonesia. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Manalusu di Garut.

Berwisata ke pantai merupakan kegiatan yang sangat diminati oleh kebanyakan orang. Dan jika kita berbicara tentang pariwisata di Garut, tidak akan ada habisnya. Apalagi di Garut bagian selatan, terdapat banyak pantai yang menawarkan panorama keindahan dan keunikan masing-masing pantai.

Salah satu pantai yang menarik di Garut adalah Pantai Manalusu. Di mana lokasi pantai menawan ini, tidak semua orang tahu dan bisa mengunjungi wisata ini. Oleh karena itu, keindahan pantai tetap terjaga dan terjaga dengan baik. Pemerintah Garut juga belum menjadikan pantai ini sebagai pantai komersial.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Manalusu

Daya tarik Pantai ManalusuFoto oleh Febbyolla Awalliah Berliana / Google Maps

✦ Suasana pantai yang indah dan tenang

Bagi wisatawan yang menyukai dunia pantai dengan keindahan dan keindahannya, wisata Pantai Manalusu ini sangat direkomendasikan. Hal ini dikarenakan pantai ini jarang dikunjungi wisatawan. Ini adalah salah satu faktor yang membuat pantai ini tetap indah.

Keindahan pantai ini dapat dilihat dari ekosistem yang ada, semuanya masih alami. Keberadaan ikan yang bermain di sepanjang pantai dapat dilihat oleh wisatawan. Oleh karena itu, pantai yang indah dan asri ini sering disebut sebagai akuarium alam yang sangat besar dengan segala satwa liar yang ada di dalamnya.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati event-event unik seperti melihat ikan yang terperangkap di batu karang karena tersapu ombak dan kembali ke laut saat air pasang kembali. Selain itu, keindahan pantai ini juga terlihat dari adanya kicauan burung sebagai musik alam yang terdengar begitu merdu.

Bagi pengunjung yang sedang penat dan ingin melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari dan merasa tenang, pantai indah ini cocok untuk Anda. Itu sangat berharga dihadiri oleh pengunjung dengan mengundang keluarga tercinta. Suasana yang menyenangkan dapat menenangkan jiwa dengan menikmati keindahan pantai dan segala isinya.

✦ Adanya pasir putih di pantai

Pantai Manalusu menawarkan panorama yang indah dengan hamparan pasir putih di pinggir pantai. Kehadiran pasir putih mempertegas keindahan dan eksotisme sebuah pantai. Selain itu, juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Pasir putih di pantai cantik ini tetap berwarna putih karena jarang dijamah orang. Pasirnya yang putih dan bersih sangat indah dan menyenangkan untuk dinikmati pengunjung. Pengunjung bisa bermain pasir, bermain bola pantai, berjemur, atau sekadar berjalan-jalan di pasirnya yang lembut dan halus.

Kebersihan dan warna putih pasirnya, seolah tidak ada sampah yang berserakan. Tersebar di pasir sekitar pantai hanya bongkahan batu, rumput laut dan dedaunan pohon. Manfaat ini belum lengkap jika hanya dinikmati seorang diri, dan sangat disarankan untuk mengajak keluarga tercinta.

✦ Ada karang hijau

Selain pasir putihnya, terdapat juga bebatuan hijau di pantai ini yang menambah keasrian dan keindahan pantai ini. Keberadaan batu karang ini kerap membuat Pantai Manalusu mendapat julukan “Zamrud” dari selatan. Hal ini disebabkan adanya batu karang berwarna hijau yang tersebar di sepanjang pantai.

Warna hijau terumbu karang disebabkan oleh adanya alga hijau yang menempel pada terumbu karang. Perpaduan antara pasir putih dan koral hijau yang sangat kontras dan bercahaya menjadikan nilai eksotik tersendiri di pantai ini.

Keberadaan bebatuan ini tidak hanya dinilai keindahannya, tetapi juga berfungsi sebagai pembatas alami antara pasir pantai dan air laut. Oleh karena itu, keindahan pasir putih dan terumbu karang di pantai ini tetap terjaga untuk dinikmati pengunjung.

✦ Air laut yang sangat jernih

Air laut yang sangat jernih merupakan indikasi bahwa pantai dan lautnya memiliki kelestarian dan keindahan yang sempurna serta keberadaan biota laut. Ekosistem laut dapat berfungsi sebagaimana mestinya, ditandai dengan keberadaan ganggang, biota laut, dan air jernih. Kondisi Pantai Manalusu yang asri dan lestari memang jarang ditandingi oleh pantai lainnya.

Air laut yang sangat jernih merupakan indikasi bahwa air tersebut tidak tercemar oleh polutan atau limbah. Kondisi tersebut sangat aman untuk permainan air seperti berenang atau sekedar bermain air, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Adanya air yang sangat jernih memungkinkan pengunjung untuk melakukan aktivitas menyelam. Dengan kegiatan menyelam, wisata ini memungkinkan pengunjung untuk melihat secara langsung berbagai biota laut dan keadaan ekosistemnya. Kegiatan ini sangat menyenangkan bila tidak dilakukan di tengah keramaian teman dan keluarga.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai ManalusuFoto oleh Febbyolla Awaliah Berlina / Google Maps

Pantai Manalusu yang indah ini secara geografis terletak di Samudera Hindia. Jalur wisata ini berjarak sekitar 100 km dari pusat kota Garut. Tepatnya di Desa Cigadog, Kecamatan Cikelet, Provinsi Jawa Barat. Para pengunjung yang ingin berwisata di pantai ini dapat memilih antara dua jalur alternatif.

Pengunjung bisa berkendara melewati Jalan Raya Garut – Cikajang, dari sana pengunjung bisa langsung ke selatan menuju Jalan Raya Cihurip kemudian sampai di Jalan Cisompet.

Seolah belum cukup, pengunjung harus langsung menuju ke selatan menuju Jalan Raya Cigodeg dan menjumpai pertigaan di sana. Setelah itu pengunjung harus mengambil arah yang benar menuju Jalan Cilauteureun dengan berkendara lurus ke arah barat.

Selain jalur di atas, pengunjung yang datang dari arah pusat kota Garut juga bisa menggunakan rambu-rambu tersebut. Hal ini sangat memudahkan pengunjung untuk menikmati perjalanan ke Pantai Manalusu.

Biaya masuk wisata laut

Pantai Manalusu memiliki harga tiket yang sangat murah. Pengunjung tidak perlu mengosongkan dompet untuk menikmati keindahan pantai ini. Pengunjung cukup membayar tiket Rp 5.000 per orang, untuk parkir Rp 3.000 per sepeda motor dan hanya Rp 5.000 per mobil.

Harga ini sangat murah untuk menikmati liburan Anda di Garut bersama keluarga. Sedangkan jam bukanya sendiri adalah 24 jam, pengunjung biasanya datang ke destinasi pantai pada pukul 08:00 hingga 17:00.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Kegiatan Pantai ManalusuFoto oleh Nurjanah / Google Maps

1. Sewa perahu nelayan

Pengunjung bisa melakukan aktivitas yang sangat menarik di pantai ini, khususnya dengan menyewa perahu nelayan. Ini adalah cara yang sangat keren bagi pengunjung dan keluarga tercinta untuk menikmati keindahan laut dan pantai secara keseluruhan.

2. Memancing di laut

Pengunjung yang menyukai dunia memancing tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama pantai dan laut, tetapi juga melakukan aktivitas memancing saat mengunjungi pantai Manalusu yang mempesona ini. Memancing di pantai yang indah ini memiliki daya tarik tersendiri karena keragaman dan keindahan ikannya.

3. Carilah foto latar yang eksotis

Berburu foto adalah suatu keharusan bagi para selebritas, apalagi dengan latar belakang pantai yang cantik dan eksotik ini. Tentu sangat asik dan menarik untuk mengunjungi tempat ini bersama orang-orang terdekat dan tersayang.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai ManalusuFoto oleh Saepul Anwar Nh / Google Maps

Wisata Pantai Manalusu ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah dan eksotis, tetapi juga fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut antara lain musholla, parkir yang luas, dan spot foto. Alhasil, wisatawan tidak perlu khawatir dengan kendaraan yang dibawanya dan bisa merasa nyaman dan betah di wisata ini.

Selain itu, wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti tempat perkemahan dan tempat pemancingan. Properti ini sangat cocok untuk pengunjung yang suka memancing dan berkemah di alam liar. Fasilitas berupa bumi perkemahan sangat diminati oleh masyarakat yang ingin menikmati liburan selama beberapa hari.

Namun bukan itu saja, wisata mempesona ini juga memiliki fasilitas berupa stand wisata. Dimana stand wisata ini sangat memudahkan pengunjung untuk mendapatkan olahan makanan makanan laut (olahan seafood) seperti ikan bakar, cumi bakar dan masih banyak lagi agar tidak mengecewakan para wisatawan.

Itulah destinasi yang bisa dinikmati pengunjung di Pantai Manalusu Garut. Wisata ini sangat direkomendasikan oleh pengunjung yang mengajak keluarga dan orang-orang tersayang dan dapat dinikmati oleh para pecinta alam.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button