Tempat Wisata

Sari Sari Bandung, Wisata Kuliner Otentik yang Wajib Dikunjungi

Jika berbicara tentang kue tradisional seperti klepon, awug, ali agrem atau combro, pasti langsung terbayang kalau kue ini adalah jajanan khas sunda. Wisatawan yang berlibur di Bandung dapat dengan mudah membelinya di toko oleh-oleh Sari Sari Bandung.

Toko ini sudah lama populer sehingga namanya terkenal. Oleh karena itu, toko ini terbilang legendaris dan selalu ramai oleh penduduk lokal maupun pengunjung dari luar kota.

Apa yang ada di Sari Sari Bandung?

Saat singgah, pengunjung langsung disuguhkan berbagai pajangan dengan jajanan pasar. Pengunjung bisa memilih mulai dari jajanan basah, kue kering, dan berbagai menu lainnya. Ulasan lebih lengkap ada di bawah ini.

1. Pasar Jajan

Jajanan pasar dan kue bazaar diletakkan di deretan rak. Tiap rak berisi jajanan manis, asin, dan gurih, lengkap di sini. Setelah itu, ada kue basah, kue kering, bahkan aneka gorengan yang bisa dicoba.

Di dalam rak tersebut terdapat aneka kue basah yang bisa dimakan. Mulai dari Rhum Ongol-Ongol Sus, Jalabria, Ketan Ketan, Roti Omelet, Kue Gulung, Moci Kacang dan lainnya.

Ada juga gorengan seperti bala bala, bakwan udang, lumpia bengkoang, lemper ayam, ketan berbumbu, tahu walik, dan lain-lain. Selain jajanan khas Bandung, Sari-Sari juga menawarkan kue-kue tradisional dari daerah lain.

Pengunjung bisa menemukan Ladu Cirebon, Makna Palembang, Harum Manis Padang, Prol Tape Jember dan Bika Ambon. Toko ini memberikan perasaan menikmati oleh-oleh dari berbagai daerah dalam satu tempat.

2. Menu berat

Selain jajanan dan jajanan di atas, Sari Sari Bandung juga memiliki menu yang kaya. Aneka menu berat dikemas rapi dalam kotak plastik.

Sehingga kebersihan tetap terjaga dalam hal apapun dan pengunjung bisa membawa serta tanpa kendala apapun. Jika mau, Anda bisa memanaskan kembali menu ini di rumah. Makanan berat disini antara lain nasi kuning, nasi tutug oncom, mie ayam, dan lain-lain.

3. Kue dan keripik

Selain makanan basah dan berat, Sari Sari juga menawarkan keripik dan kue kering. Jenis makanan kering ini bisa menjadi oleh-oleh yang bagus. Karena memiliki umur simpan yang lebih lama dari makanan basah.

Kibble itu sendiri ditampilkan di rak di sebelah kanan pintu masuk. Kue-kue seperti sale pisang, rambut nenek, keripik bayam, stik kentang dan aneka olahan kering bisa anda temukan disini.

4. Minuman

Bagi pengunjung yang haus dan menginginkan minuman segar, Sari Sari Bandung Confectionery juga menawarkan berbagai minuman untuk dibeli. Minuman ini tersimpan rapi di lemari es yang terletak di dekat mesin kasir. Kebanyakan minuman yang dijual adalah minuman yang biasa ada di convenience store, seperti teh botol.

Selain minuman umum tersebut, pengunjung juga akan menemukan berbagai produk dari UKM lokal seperti yoghurt, teh oolong, dan puding mangga.

5. Es loli

Sari Sari juga memiliki es loli buatan sendiri yang terlihat segar. Es loli ini bermerek Kita-Kita. Varian rasa juga beragam, mulai dari coklat, melon, alpukat, nangka dan lainnya. Rasanya pasti sangat segar dan cocok dinikmati di siang hari.

Menu favorit pengunjung

Ada beberapa menu makanan berat populer yang selalu menjadi incaran pengunjung. Biasanya menu ini dibeli secara lokal karena kondisinya masih hangat. Selain makanan enak, pengunjung juga mendapatkan teh panas gratis saat bersantap di sini.

1. Jalan tunggal

Menu ini dikemas rapi dalam kotak plastik. Kotak itu berisi telur rebus, daging sapi, irisan wortel, kacang hijau, kentang goreng, mayones, dan saus hitam.

Karena masakan ini merupakan masakan khas Jawa, rasanya sedikit manis dan cocok di lidah.

2. Mie Ayam

Sari Sari memiliki variasi mie ayam yang berbeda untuk Anda cicipi. Seperti mie ayam jamur dan mie ayam rica rica. Menu ini menyajikan pasta kuning, bawang goreng, sayuran, dan saus.

Yang membedakan kedua mie ini adalah toppingnya. Mienya empuk dan porsinya pas, makanya sering dikejar orang kalau datang ke sini.

3. Nasi Timbal Ayam

Jika ingin makanan dengan porsi relatif banyak, Sari Sari menawarkan nasi ayam timbel. Di dalamnya ada ayam goreng, lalapan yang creamy, nasi putih dan sambal terbungkus daun pisang.

Ukuran ayam gorengnya cukup besar. Perpaduan nasi pulen dan sambal membuat suguhan yang nikmat. Porsinya pas banget di perut dan nggak bikin kenyang.

Kegiatan di Sari Sari

Menjadi destinasi wisata kuliner, pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas saat berkunjung ke toko legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1976 ini. Yang mana mereka?

1. Beli oleh-oleh

Selain menjual jajanan tradisional, Sari Sari Bandung juga merupakan pusat oleh-oleh. Oleh karena itu, pengunjung yang datang ke sini tampaknya berlebihan untuk tidak membeli makanan kering yang dipajang di rak-rak.

Pilihan oleh-oleh di sini sangat banyak dan tersedia dalam berbagai ukuran. Jadi pengunjung tidak perlu mencari di tempat lain. Karena pilihan jajanan disini sangat luas.

2. Makan di tempat

Selain aneka jajanan, makanan berat juga menanti untuk disantap di sini. Kedai ini memfasilitasi pengunjung jika ingin menyantapnya di sini. Ada ruang makan lengkap dengan meja dan kursi.

Jangan lupa ada free teh panas dan free refill. Sehingga pengunjung tidak perlu bingung jika ingin makan di tempat.

Perabot

Kebersihan tempat ini selalu terjaga dan patut diacungi jempol. Pengunjung yang datang akan selalu merasa nyaman dan merasakan pengalaman berwisata kuliner yang tak terlupakan. Tempat ini cocok banget buat warga Bandung yang ingin wisata kuliner dengan budget terbatas.

Toko ini juga menawarkan ruang makan dan area merokok. Pengunjung juga bisa melakukan reservasi sebelum datang agar tidak kehabisan tempat.

Harga

Harga setiap jajanan yang dijual di Sari Sari sangat bervariasi. Untuk jajanan pasar, kisaran harganya antara Rp 1.000 sampai Rp 50.000. Namun yang pasti rata-rata pengunjung menghabiskan kurang dari Rp 50.000.

Banyak pengunjung menemukan bahwa harga sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Pembayaran juga dapat dilakukan dengan uang tunai, Visa, Master, dan debit langsung.

Lokasi dan jam buka

Sari Sari terletak di Jalan Sultan Tirtayasa 17, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat. Lokasinya berjarak 700 m dari Gedung Sate. Pengunjung juga dapat menemukannya dengan mudah karena tanda “Sari Sari” terpampang jelas di depan toko.

Toko ini buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai jam 7 malam. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi hari. Karena jajanan yang disajikan masih fresh dan lengkap.

Menutup

Sari Sari Bandung merupakan destinasi wisata kuliner bagi wisatawan dengan budget minimalis. Meski begitu, kualitas rasa dan kuantitas jajanan yang ditawarkan di sini patut diacungi jempol. Selain itu, ada snack pack yang bisa dibeli dengan pilihan snack yang lebih beragam.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button