Tempat Wisata

√ Kebun Teh Wonosari Malang (Tiket Masuk, Atraksi dan Review)

Berbicara tentang tempat wisata di Malang memang tidak pernah ada habisnya. Selain Jatim Park yang populer, Malang juga memiliki destinasi wisata alam yang direkomendasikan yaitu Kebun Teh Wonosari.

Di taman wisata ini wisatawan bisa merasakan sensasi memetik daun teh ditemani suasana alam yang sejuk dan pemandangan alam yang indah. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai tarif masuk, jam buka dan daya tarik agrowisata kebun teh ini, berikut ulasan lengkapnya.

Perkebunan Teh Wonosari

Sekilas tentang Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari merupakan salah satu tempat wisata alam yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan di Malang. Obyek wisata alam satu-satunya ini terletak di dataran tinggi, tepat di lereng Gunung Arjuna di Malang.

Berada di ketinggian kurang lebih 1.250 mdpl, pemandangan alam yang disajikan memanjakan mata. Selain itu, kebun teh yang luasnya mencapai 1.114 hektar ini memiliki udara yang sejuk dan segar sehingga cocok untuk penyembuhan.

Hampir sama dengan perkebunan teh di Bogor, kebun teh Malang Wonosari menawarkan sensasi memetik daun teh secara langsung. Untuk itu, kunjungan ke objek wisata alam ini bersama keluarga atau rekan kerja disarankan untuk bersantai.

Lokasi dan jam buka

Agrowisata kebun teh ini terletak di kaki Gunung Arjuno di Desa Tirtomoyo Malang. Kebun teh ini terletak di perbatasan antara Malang dan Surabaya, sekitar 30 km dari pusat kota Malang.

Wisatawan yang sudah puas jalan-jalan di kebun teh juga bisa mengunjungi objek wisata terdekat lainnya seperti Candi Sumberawan yang berjarak sekitar 8,4 km, atau objek wisata Budug Asu yang berjarak sekitar 14,5 km dari kebun teh ini.

Selain itu, wisatawan juga bisa mampir ke Taman Safari Indonesia II yang berlokasi di Prigen, sekitar 20,4 km dari kebun teh ini. Untuk jadwal operasionalnya sendiri, kebun teh ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Biaya masuk

Berapa tarif masuk Kebun Teh Wonosari 2022? Untuk mengunjungi dan berwisata di agrowisata kebun teh ini, wisatawan cukup merogoh kocek Rp 8.000 per orang dari Senin hingga Sabtu.

Namun, pada hari Minggu dan hari libur, dikenakan biaya masuk sebesar Rp 12.000 per orang. Jika wisatawan ingin berenang di kolam renang di kawasan wisata ini akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 10.000 per orang.

Rute Menuju Perkebunan Teh Wonosari

Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata Kebun Teh Wonosari Malang, cara menuju tempat wisata ini cukup mudah dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Wisatawan yang menggunakan transportasi kereta api bisa turun di stasiun kereta api Malang. Jika menggunakan bus, Anda bisa memilih bus jurusan Malang dan berhenti di terminal Malang.

Selain itu, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan baik dari Terminal Malang maupun Stasiun Kereta Api Malang dengan angkutan umum jurusan Malang – Surabaya. Wisatawan dapat berhenti di Terminal Lawang dan melanjutkan perjalanan ke lokasi Kebun Teh dengan angkutan umum.

Perkebunan Teh Wonosari

Fasilitas di Perkebunan Teh Wonosari

Meski harga tiket masuknya relatif murah, namun fasilitas objek wisata alam ini cukup lengkap dan terjangkau. Demi kenyamanan wisatawan, berikut beberapa fasilitas yang ditawarkan di Kebun Teh Wonosari Malang.

Lahan parkir di objek wisata ini cukup luas, sehingga wisatawan yang membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil bisa memarkirnya dengan leluasa.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin buang air besar atau buang air kecil karena di kawasan wisata ini tersedia toilet umum yang bersih dan memadai.

Bagi wisatawan muslim, terdapat mushola di kebun teh Wonosari Malang yang bisa digunakan untuk ibadah sholat.

Wisatawan yang lelah berjalan-jalan di kebun teh bisa menikmati santapan di restoran dekat perkebunan. Ada beberapa menu dengan makanan ringan dan berbagai minuman untuk dipilih.

Bagi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas Malang, terdapat beberapa kios atau toko oleh-oleh yang menjual berbagai pernak-pernik.

Jika ingin menginap di dekat kawasan wisata Kebun Teh, wisatawan bisa menyewa penginapan. Ada banyak pilihan akomodasi Kebun Teh Wonosari Lawang mulai dari homestay, wisma tamu, hotel hingga villa dengan tarif sewa yang berbeda-beda.

Akomodasi yang direkomendasikan karena lokasinya yang dekat dengan area kebun teh antara lain Rollas Inn yang berjarak 400m, Arjuna View Villa Lawang 3.6km atau Reddorz Lawang 8.4km.

Atraksi Perkebunan Teh Wonosari

Malang tidak pernah kekurangan tempat wisata menarik, termasuk Kebun Teh Wonosari yang memiliki daya tarik tersendiri dan mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah. Berikut beberapa atraksi yang ditawarkan oleh Kebun Teh Wonosari Malang.

  • Wisata alam edukasi

Didirikan pada tahun 1910, kebun teh ini tidak hanya menawarkan panorama alam yang indah, tetapi juga menjadi tempat wisata yang edukatif. Wisatawan bisa belajar memetik daun teh dan mengikuti proses pengolahan teh dari awal sampai akhir, dimana teh siap diseduh dan dikonsumsi.

Agrowisata kebun teh ini mengajak wisatawan untuk merasakan liburan yang menyenangkan dan santai sambil menjelajahi perkebunan teh hijau. Selain berjalan kaki, wisatawan juga bisa menggunakan kereta mini yang disediakan oleh pemandu.

Selain kereta mini, wisatawan juga bisa menunggang kuda untuk berkeliling kawasan perkebunan teh Wonosari. Anda tidak perlu mengkhawatirkan keselamatan karena akan ditemani pemandu yang akan mengatur kecepatan kuda.

Bagi wisatawan yang menyukai hal-hal yang menantang dan memacu adrenalin, flying fox menjadi wahana mainan yang wajib dicoba saat berkunjung ke objek wisata kebun teh Malang Wonosari. Saat wisatawan mencoba wahana yang satu ini, mereka akan merasakan keseruan meluncur di ketinggian.

Ingin mencoba keseruan simulasi strategi perang di area kebun teh? Anda harus mencoba bermain paintball yang ditawarkan di tempat wisata ini. Permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mengajak wisatawan untuk mengasah otak dan menyusun strategi yang tepat.

Malang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan dingin. Nah, di kompleks agrowisata ini, wisatawan bisa merasakan sensasi berenang dan berendam di kolam air hangat.

Di objek wisata kebun teh ini, wisatawan juga bisa mencoba keseruan bermain kendaraan off road. ATV sendiri merupakan kendaraan yang menyerupai sepeda motor namun beroda empat untuk melewati areal perkebunan teh yang agak terjal.

Dari ulasan di atas, Anda tentu tidak akan ragu untuk menambahkan Kebun Teh Wonosari ke dalam bucket list liburan Anda, bukan? Dengan harga tiket yang relatif murah, wisatawan bisa mendapatkan pengalaman berlibur yang seru dan mendebarkan.

Peringkat Pengunjung

Wahyu Sony

06:04 13 September 20

Hebat, murah, udara sangat sejuk

Hanin Rahmawati

09:20 23 Februari 21

Tempatnya sejuk dan indah. Jika Anda menukar tiket kami dengan pengelola, Anda akan menerima segelas teh gratis. Lokasi kebun teh juga sangat strategis, dekat dengan stasiun kereta api sehingga memudahkan akses menuju lokasi kebun teh. Di lokasi ini juga terdapat pabrik pengolahan teh yang sudah lama beroperasi (bisa dibilang pabrik pengolahan teh ini sudah melegenda). Ada wahana bermain anak, kolam renang dan yang pasti jarang di tempat lain kolam ikan kecil (entahlah nama ikannya) digunakan untuk memijat kaki saat kaki lelah kemudian saat datang ke kolam ini membuat Anda merasa lelah dan tersesat. Tempat ini recommended, cocok untuk liburan dan bersantai bersama keluarga.

Afandi Kurniawan

05:32 13 September 20

Tempat refreshing sekeluarga… jangan lupa ikuti protokol kesehatan pencegahan Covid 19 ya. Pakai masker

Ketua Anwar

07:06 05 Okt 20

Taman ini sangat cocok bagi anda yang sedang berlibur dan ingin menenangkan pikiran. Di sini Anda bisa melihat hamparan luas pohon teh dan tanaman lainnya. Taman ini juga dekat dengan Gunung Arjuna, sehingga Anda bisa melihat keindahan Gunung Arjuna dari dekat. Ada juga beberapa spot foto di Kebun Teh Wonosari yang bisa Anda manfaatkan. Kebun teh ini menawarkan gerobak untuk berkeliling kebun. Jika Anda lelah berjalan-jalan, Anda bisa makan di kantin yang tersedia. Ada juga beberapa fasilitas lain yang bisa digunakan para tamu, termasuk kolam ikan terapi. Sayangnya kamar mandinya kurang bersih. Papan petunjuk bahasa Inggris juga sangat salah. Oh ya, saya sarankan bagi kalian yang berencana ke sini untuk membawa losion anti nyamuk karena di sini banyak nyamuk.

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button