Tempat Wisata

Gua Surowono: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Apakah Anda ingin mengunjungi suatu tempat bersama teman atau keluarga tetapi belum yakin ke mana harus pergi? Coba ke tempat wisata yang satu itu yaitu Gua Surowono. Goa ini berada tidak jauh dari obyek wisata Candi Surowono. Gua ini memiliki pesona yang sangat menarik sehingga banyak wisatawan yang mengunjungi objek wisata ini baik pada hari biasa maupun pada hari libur. Sayang banget kalau sedang di Kediri tapi tidak sempat ke sini.

Gua Surowono merupakan gua atau lorong bawah tanah yang di dalamnya terdapat sungai dengan aliran air yang sangat jernih. Gua ini konon merupakan sistem kanal yang merupakan bagian dari Candi Surowono yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Kediri. Untuk alasan keamanan, pintu masuk pendopo sengaja ditutup dengan pagar besi. Anda harus dikawal oleh satpam jika ingin masuk karena ada lorong bercabang di mana orang bisa tersesat di dalamnya. Gua Surowono juga sering disebut sebagai Terowongan Pelarungan karena tempat ini sering digunakan untuk ritual Larung Sesaji pada masa Kerajaan Majapahit.

Fasilitas dan akomodasi yang tersedia di Objek Wisata Gua Surowono

Bagi yang ingin mengunjungi objek wisata ini perlu mengetahui sarana dan prasarana yang ada di Gua Surowono. Tempat parkir untuk kendaraan roda dua atau empat sudah disiapkan tak jauh dari kawasan wisata. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir untuk mencari tempat parkir. Di sekitar Gua Surowono juga terdapat tempat pemujaan bagi pengunjung yang ingin beribadah di sana.

Tidak jauh dari kawasan wisata ini juga terdapat sebuah candi yaitu Candi Surowono. Candi ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit dan tidak hanya memiliki nilai sejarah dan pendidikan yang tinggi, tetapi menyatu dengan goa juga cocok untuk anda yang ingin berfoto ria bersama teman atau keluarga. Selain mengetahui beberapa sejarahnya, liburan Anda pasti akan semakin menyenangkan saat bersama teman dan keluarga.

Real Photo Hunting di Obyek Wisata Goa Surowono

Jika anda ingin mengunjungi objek wisata Goa Surowono bersama teman atau keluarga dan berfoto ria, ada beberapa hal yang harus anda ketahui Pekerjaan Ambil foto untuk membuat foto Anda terlihat keren nantinya. Anda bisa berfoto di taman dan candi yang mengelilingi objek wisata ini atau di Gua Surowono itu sendiri. Dijamin foto kamu akan terlihat lebih keren dan update!

Anda juga bisa mengambil foto pengunjung yang sedang bersantai di sekitar objek wisata, namun harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Karena mungkin tidak nyaman jika diam-diam memotret mereka. Jika Anda belum pernah mengunjungi tempat wisata ini, ada baiknya segera menyiapkan segala rencana atau bekal untuk berlibur ke sini. Liburan Anda bersama keluarga atau teman pasti akan lebih menyenangkan.

Baca Juga: Gua Selomangleng, Tempat Meditasi Dewi Kilisuci di Kediri

Akses jalan menuju fasilitas wisata Goa Surowono

Tentunya bagi yang ingin mengunjungi objek wisata ini perlu mengetahui lokasi dan akses jalan menuju ke Candi Surowono. Jangan sampai tersesat jika ingin ke tempat wisata ini, karena akan membuang waktu anda, karena sebenarnya akses jalan menuju tempat wisata ini cukup mudah. Saat Anda berada di Kediri, melalui Jl. Raya Kediri – Pare, jalur atau rute tercepat untuk menuju lokasi objek wisata Gua Surowono. Untuk informasi selengkapnya, lihat artikel berikut:

Atau bisa juga melalui Jl. Kertosono – Kediri, jalur atau jalur alternatif. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat atau angkutan umum untuk menuju Gua Surowono. Jika Anda ingin menggunakan angkutan umum, Anda bisa turun di halte terdekat kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek atau berjalan kaki. Jalan kaki bukan hanya lebih hemat, tapi juga bisa membuat tubuh lebih sehat, bukan?

Harga tiket objek wisata di Candi Surowono

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Wisata Gua Surowono

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam

Tips liburan ke tempat wisata Gua Surowono

Jika Anda sudah setuju untuk datang ke sini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, untuk menghormati pejabat yang bekerja di sini, Anda diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan di kawasan objek wisata ini. Jangan lupa juga untuk memiliki kamera atau handphone dengan baterai yang terisi penuh jika diperlukan berburu foto-foto selama di sini.

Karena di beberapa tempat seperti candi atau taman berada di lingkungan terbuka. Gunakan topi atau swab krim matahari karena cuaca sangat panas dan menyengat di siang hari. Dan yang terpenting jangan lupa berdoa untuk perjalanan nanti dan memohon keselamatan.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata tersebut Gua Surowono, sebuah lorong bawah tanah yang menakjubkan oleh Kediri. Jangan lupa terapkan berbagai tips yang sudah disebutkan di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan Anda dapat menikmati liburan Anda!

Galeri foto Gua Surowono

Selamat datang di Gua Surowono
Gua Surowono
Pintu masuk goa
Wisata ke Candi SurowonoWisata di Candi Surowono (Sumber: Google Maps)Tempat wisata Candi SurowonoTempat Wisata Candi Surowono (Sumber Google Maps)
Potret air di Gua Surowono

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button