Berita Wisata

Bupati Giri Prasta tidak ingin Kuta terlihat seperti Hawaii

Badung

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengatakan, program revitalisasi pantai Kuta memang harus dilakukan agar Kuta tidak ditinggalkan wisatawan. Ia mengaku tidak ingin Kuta seperti Hawaii yang selama ini tidak beraktivitas seperti biasa setelah badai pandemi.

“Penting, sangat, sangat penting, kita tidak ingin seperti Hawaii ditinggalkan turis lokal dan asing, makanya kita buat wajah baru di Kuta. sistem tsunami awal“, kata Giri Prasta saat diwawancarai program revitalisasi di Badung, Kamis (29/9/2022).

Revitalisasi kawasan wisata Seminyak, Legian, dan Kuta (Samigita) menelan anggaran Rp 250 miliar. Sejauh ini, proyek revitalisasi sudah mencapai 50%. Pantai Kuta juga terlihat lebih rapi dan indah.

Sebelumnya, Bendesa Desa Adat Kuta, I Wayan Wasista mengungkapkan, pembangunan Pantai Kuta yang saat ini tengah berjalan merupakan usulan pihaknya kepada Pemkab Badung.

“Pantai Kuta perlu perhatian pemerintah, mungkin karena abarasi, mungkin situasinya masih sama. Makanya kami putuskan dalam rapat desa untuk mengembangkan pantai agar ada usulan ke pemerintah,” kata Wasista kepada detikBali belum lama ini.

Menurut Wasista, pihaknya telah membentuk tim kajian teknis terkait usulan pengembangan Pantai Kuta. Tim studi kemudian menyusun rencana pengembangan Pantai Kuta yang kemudian akan diusulkan ke pemerintah.

Berdasarkan desain tersebut, Pantai Kuta nantinya akan dihias dengan patung-patung, akan ada skate park, taman bermain dan fasilitas untuk difabel. Sementara itu, para pedagang di pantai juga rapi. Menurutnya, semua pihak ditampung dalam penataan Pantai Kuta dengan wajah barunya.

“Struktur pantai Kuta masih alami ya pasir putih. Tidak seperti di Sanur. Kalau di Sanur dipasang cribe. Nanti (kalau pantai Kuta dilengkapi cribe) takut ombaknya hilang. , yang artinya ombaknya dibuat untuk surfing, karena di pantai Kuta identik dengan surfing,” ujarnya.

Sejauh ini progres penataan Pantai Kuta sudah sekitar 50%. Permukaan paving yang dapat digunakan untuk lintasan Joging juga tidak sepenuhnya terhubung. Paping untuk jogging track akan dipasang di selatan dekat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Selain digunakan untuk jogging, denah Pantai Kuta tentunya masih bisa digunakan untuk bersantai menikmati sunset. Wasista memastikan wisatawan asing dan domestik akan sangat menikmati Pantai Kuta setelah penataan selesai.

“Salah satunya bersantai, lalu menikmati sunset, lalu orang bisa jogging pagi dan sore hari. Jadi kita menata para pedagang, kita menata tempat. Nanti akan indah. Pantai Kuta,” katanya.

Tonton video “Meluncur ke Luar Angkasa dengan Wahana Catapult Raksasa, Bali”
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/dpra)

Source: www.detik.com

Related Articles

Back to top button