Tempat Wisata

10 Tempat Wisata Pantai di Kalimantan Barat yang Wajib Dikunjungi

Temukan berbagai pilihan wisata pantai Populer di Kalimantan Barat. objek wisata laut eksotik, Terindah dan Yang terpanas yang harus Anda kunjungi kapan Liburan.

Tak hanya Bali yang terkenal dengan Pantai Kuta atau kota Yogya yang terkenal dengan Pantai Parangtritisnya, Kalimantan Barat juga memiliki keindahan wisata pantai yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Bahkan beberapa pantai di sana sudah terkenal dan keindahannya juga dikenal hingga mancanegara.

Cobalah singgah di salah satu pantai indah saat memasuki negara Kalimantan Barat. Berikut beberapa pantai yang direkomendasikan.

1. Pantai Lemukutan

Pantai LemukutanFoto: Google Maps/Jun San

Kamu pasti tahu kalau Lemukutan adalah nama sebuah pulau yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Wisata bahari ini lebih dikenal dengan sebutan Pulau Lemukutan Singkawang. Bagi Anda yang hobi snorkeling, menjajal keindahan alam bawah laut Pantai Lemukutan adalah suatu keharusan. Keindahannya dijamin bikin terkagum-kagum.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keindahan alam bawah laut Pantai Lemukutan tidak kalah dengan berbagai pantai terkenal lainnya. Tak heran, banyak pecinta snorkeling yang datang hanya untuk merasakan pesona alam laut. Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai ini, silahkan berkunjung ke Kabupaten Sungai Raya Kepulauan di Kalimantan Barat.

Untuk menikmati alam laut, Anda perlu membayar biaya reservasi sekitar Rp 200.000-500.000. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa memilih berbagai paket yang ditawarkan oleh Lemukutan Beach Tours. Setelah melakukan reservasi, Anda bisa menikmati keindahan biota laut berupa terumbu karang, teripang, kerang, dan bulu babi.

harga tiket: -; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Pulau Lemukutan, Kec. Sungai Raya Nusantara, Cab Bengkayang, Kalimantan Barat.

2. Pantai Temajuk

Pantai TemajukFoto: Google Maps/Rusli Setiavan

Pantai Temajuk merupakan salah satu pantai wisata bahari di Kalimantan Barat yang paling banyak diminati oleh kalangan pecinta wisata bahari. Di kawasan ini Anda bisa menikmati pemandangan dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai dan bermain air. Sama seperti pantai Lemukutan, Anda juga bisa snorkeling di wisata laut Temajuk.

Menjelang sore, pantai ini akan dipenuhi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menyaksikan sunset. Pasalnya, pada saat itu terdapat gradasi warna yang mempesona yang menyatu dengan langit. Banyak sekali fotografer yang menjadikan momen ini sebagai tempat berburu foto terbaik yang mempesona.

Anda yang memiliki hobi memompa adrenalin harus datang ke Pantai Temajuk pada bulan Oktober hingga Februari. Bulan ini ombak dan angin akan mencapai ketinggian yang lebih tinggi dari biasanya. Ini dapat digunakan untuk kegiatan berselancar. Jika anda beruntung sebenarnya anda bisa melihat salah satu satwa langka yang dilindungi yaitu penyu.

harga tiket: Rp20.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Temajuk, Kec. Palo, Cab. Sambas, Kalimantan Barat.

3. Pantai Randayan

Pantai RandayanFoto: Google Maps/Amrahd Mac

Bagi Anda yang ingin berlibur ke tempat yang jauh dari keramaian, Pulau Randayan mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, Pantai Randayan tidak banyak dikunjungi orang, sehingga berlibur ke sana terasa seperti pulau pribadi. Mengunjungi Pantai Randayan adalah cara yang bagus untuk beristirahat dari hiruk pikuk kota.

Keindahan wisata bahari masih sangat terjaga karena kawasan ini masih merupakan cagar alam Bengkayang. Di sekitar pantai Anda akan menemukan keteduhan pepohonan yang hijau. Keberadaan vegetasi pohon ini menambah eksotisme Pantai Randayan. Angin segar juga akan menyapa Anda dengan lembut.

harga tiket: Rp20.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: daerah. Bengkayang, Kalimantan Barat.

4. Pantai Pulau Datok

Pantai Pulau DatokFoto: Google Maps/Rudi Saki

Pantai Pulau Datok merupakan salah satu tempat wisata bahari yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengunjung yang tidak terlalu banyak. Meski pengunjungnya masih sedikit, pantai Pulau Datok tak kalah mengesankan dengan pantai-pantai terkenal lainnya di berbagai belahan nusantara.

Selain itu, jalan menuju Pulau Datok untuk berwisata relatif mudah karena sudah diaspal. Anda yang datang dari Pontianak bisa naik speedboat menuju kawasan Pulau Datok. Untuk naik speedboat, Anda perlu mengunjungi Pelabuhan Seng Hi ke Sukadana. Setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan darat sekitar 3 km.

harga tiket: Bebas; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Pampang Harapan, Kec. Sukadana, Cab. Kayong Utara, Kalimantan Barat.

5. Pantai Sungai Kinjil

Pantai di Sungai KinjilFoto: Google Maps/Redi Erwansyah

Pantai Sungai Kinjil merupakan wisata bahari di Kalimantan Barat yang sangat populer. Bahkan jumlah pengunjung akan membludak saat musim liburan tiba. Karena letaknya yang strategis dan akses yang mudah, pantai ini menjadi tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh kalangan. Membawa keluarga, pasangan dan kerabat ke pantai ini adalah ide cemerlang.

Daya tarik utama wisata bahari di sini adalah keindahan sunset yang mempesona. Saat itu Anda disuguhkan panorama matahari terbenam dan deburan ombak yang memikat. Berbagai fasilitas seperti saung, kios dan toilet tersedia di sekitar pantai.

harga tiket: -; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Sungai Kinjil, Kec. Benua Kayong, Kabin Ketapang, Kalimantan Barat.

6. Pantai Ketapang

Pantai KetapangFoto: Google Maps/Jun San

Provinsi Kalimantan Barat ternyata juga memiliki wisata bahari yang pesonanya tidak bisa diabaikan begitu saja. Wisata bahari ini dikenal dengan nama Pantai Ketapang. Suasana pantai yang agak tenang namun sangat alami membuat pantai ini banyak dikunjungi oleh para petualang. Air laut yang tenang dengan pasir putihnya akan memanjakan mata setiap pengunjung.

Daya tarik utama Pantai Ketapang adalah warna gradasi air lautnya. Perpaduan warna biru, hijau dan putih menjadikan wisata laut ini primadona Kalbar. Sesampainya di sana, hal pertama yang akan Anda lihat adalah rimbunnya pepohonan berpadu dengan pasir putih pantai yang sangat bersih.

harga tiket: -; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Kinjil Pesisir, Kec. Benua Kayong, Kabin Ketapang, Kalimantan Barat.

7. Pantai Pulau Sawi

Pantai Pulau SawiFoto: Google Maps/Novel Muamar

Pulau Sawi masih menjadi bagian dari Wilayah Ketapang di Kalimantan Barat. Wisata bahari di sini menyimpan kekayaan biota laut yang sangat mengesankan. Sejak tahun 2009, pemerintah daerah dan manajemen terus melakukan pembenahan untuk mempercantik pulau di negara Kalimantan ini. Kini kondisi pantai semakin indah dan menakjubkan.

Saat anda berkunjung ke Pulau Sawi, anda akan disuguhkan pemandangan yang cukup menakjubkan bahkan berbeda dengan wisata wisata laut lainnya. Pasir putih bersih, kehidupan biota laut, tradisi lokal, hiruk pikuk kehidupan nelayan menjadi daya tarik utama wisata bahari ini. Jernihnya air laut mengundang setiap pengunjung untuk mengaguminya.

Tak heran, Pulau Sawi disebut juga Pulau Bidadari karena keindahannya yang memanjakan mata. Di sana Anda juga akan terkagum-kagum dengan luasnya bebatuan yang semakin membuat pulau ini mendapat julukan Bidadari. Wisata di Pantai Pulau Sawi semakin meningkat daya tariknya dengan akses perjalanan yang sangat mudah bagi pengunjung dari luar daerah.

harga tiket: -; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Mekar Utama, Kec. Kendawangan, Cab.Ketapang, Kalimantan Barat.

8. Pantai berpasir yang panjang

Pantai berpasir yang panjangFoto: Google Maps/Walter Hoogervorst

Seperti namanya, Pantai Pasir Panjang menampilkan hamparan pasir yang membentang sepanjang 3 km. Wisata bahari ini dikelilingi oleh pepohonan cemara yang sangat rindang. Pantai Pasir Panjang memiliki pantai pasir putih yang begitu indah. Pasirnya yang putih dan bersih berpadu dengan air laut yang biru jernih.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Pasir Panjang adalah sore hari. Di sore hari, pemandangan eksotis sempurna saat matahari terbenam. Banyak wisatawan yang datang ke kawasan ini untuk menyaksikan detik-detik matahari terbenam. Tak heran, banyak fotografer yang mengabadikan momen ini.

Cara terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam adalah duduk di gubuk. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fasilitas lain seperti perahu kayuh, perahu motor, pondok wisata, banana boat, dan toko suvenir. Meski fasilitasnya cukup lengkap, Anda tidak perlu membayar tiket masuk yang mahal.

harga tiket: Rp10.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Pasir Panjang No. 89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

9. Pantai Penyu

kura Kura pantaiFoto: Google Maps/Ahmad

Pantai Kura Kura menawarkan daya tarik tersendiri berupa pasir berwarna putih kecoklatan yang dipadukan dengan ombak yang tenang. Kawasan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berjemur. Meski cuaca tidak mendukung, keindahan Pantai Kura Kura bisa dinikmati dari tepian pantai. Momen romantis akan terasa begitu intens saat matahari terbenam.

Tak heran, banyak pasangan yang datang ke sini untuk momen romantis. Bagi Anda yang berasal dari Kota Pontianak, Anda dapat menempuh jarak sekitar 110 km. Jika Anda menghitung waktu, Anda akan menghabiskan waktu sekitar 3 jam. Meski agak jauh, jerih payah perjalanan Anda akan langsung terbayar begitu melihat pesona Pantai Kura Kura.

Meski lokasinya tergolong tersembunyi, yakni di balik bukit kecil, Pantai Kura Kura tetap terlihat sangat eksotis. Padahal, saat Anda berkunjung ke wisata bahari ini, Anda akan merasakan hal yang berbeda. Jangan lupa ajak teman, saudara, keluarga dan orang-orang tersayang untuk menikmati keindahan Pantai Kura Kura bersama-sama.

harga tiket: Rp10.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Karimunting, Kec. Sungai Raya Nusantara, Cab Bengkayang, Kalimantan Barat.

10. Pantai Batu Nenek

Pantai berbatu nenekFoto: Google Maps/Ilham

Saat anda berkunjung ke Pantai Batu Nenek, anda akan dihadapkan pada gugusan bebatuan yang terlihat sangat eksotik. Hiasan dengan air laut yang biru dan jernih semakin menambah daya tarik Pantai Batu Nenek. Tak heran jika banyak wisatawan yang rela datang dari jauh hanya untuk menikmati pesona Pantai Batu Nenek. Akan menyenangkan untuk berdiri di tepi dan menyaksikan matahari terbenam.

harga tiket: Rp20.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Temajuk, Kec. Palo, Cab. Sambas, Kalimantan Barat.

Itulah beberapa wisata pantai terindah di Kalimantan Barat yang wajib dikunjungi. Untuk rehat dari hiruk pikuk kota, beberapa destinasi pantai menjadi pilihan yang tepat. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat, sahabat atau pasangan untuk bersama-sama merasakan indahnya wisata bahari. Liburan yang menyenangkan!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button