Tempat Wisata

Candi Tegowangi: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Apakah Anda ingin mengunjungi suatu tempat bersama teman atau keluarga tetapi belum yakin ke mana harus pergi? Cobalah untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini yaitu Candi Tegowangi. Fasilitas wisata ini terletak di Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, sekitar 23 kilometer timur laut Kediri. Wisata sejarah yang satu ini mempunyai daya tarik yang sangat menarik sehingga sangat disayangkan jika anda sedang berada di Kediri namun tidak sempat mengunjungi Candi Tegowangi.

Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik dibandingkan dengan tempat rekreasi lainnya. Fasilitas tersebut bertujuan agar para wisatawan yang ingin datang ke sini merasa nyaman. Candi ini memiliki tinggi sekitar 4,35 meter dan berukuran 11,20 x 11,20 meter. Pura Tegowangi merupakan tempat bersedekah Bhre Matahun. Dalam kitab Negarakertagama dijelaskan bahwa beliau meninggal pada tahun 1888 Masehi. Oleh karena itu diperkirakan Candi Tegowangi dibangun pada tahun 1400 Masehi, sejak pentahbisan seorang raja terjadi dua belas tahun setelah kematiannya dengan upacara Srada.

Fasilitas dan akomodasi yang tersedia di Objek Wisata Candi Tegowangi

Anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini perlu mengetahui sarana dan prasarana yang ditawarkan Candi Tegowangi. Tempat parkir untuk kendaraan roda dua atau empat tersedia tidak jauh dari kawasan objek wisata ini. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir untuk mencari tempat parkir. Di sekitar kawasan wisata juga terdapat restoran untuk pengunjung.

Tempat ibadah juga telah disediakan bagi pengunjung yang ingin beribadah saat berkunjung ke Pura Tegowangi. Tempat ibadah atau restoran juga menyediakan toilet bagi pengunjung yang ingin buang air kecil dan besar. Selain berkesempatan belajar sejarah, Anda juga bisa berfoto di sekitar objek wisata ini. Karena Candi Tegowangi mempunyai ukiran lega serta taman bunga yang sangat menarik. Jadi tak ada salahnya mengabadikan momen bersama di Candi Tegowangi.

Berburu Foto Kekinian di Objek Wisata Candi Tegowangi

Jika Anda ingin mengunjungi objek wisata Candi Tegowangi bersama teman atau keluarga dan mengambil foto-foto seru, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pekerjaan Ambil foto untuk membuat foto Anda terlihat keren nantinya. Anda dapat mengambil foto di sekitar dasar candi atau legaatau juga di sekitar taman bunga di kawasan objek wisata. Foto kamu pasti makin keren dan up-to-date!

Anda juga bisa mengambil foto pengunjung yang sedang bersantai di sekitar objek wisata, namun harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Karena mungkin tidak nyaman jika diam-diam memotret mereka. Jika Anda belum pernah mengunjungi tempat wisata ini, ada baiknya segera menyiapkan segala rencana atau bekal untuk berlibur ke sini. Liburan Anda bersama keluarga atau teman pasti akan lebih menyenangkan.

Baca Juga: Candi Surowono Peninggalan Kerajaan Majapahit di Kediri

Akses jalan menuju objek wisata Candi Tegowangi

Anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini tentunya perlu mengetahui lokasi dan akses jalan untuk menuju Candi Tegowangi. Jangan sampai tersesat jika ingin ke tempat wisata ini, karena akan membuang waktu anda, karena sebenarnya akses jalan menuju tempat wisata ini cukup mudah. Jika Anda berada di kawasan Kediri, melalui Jl. Raden Ajeng Kartini, jalur atau jalur tercepat menuju objek wisata ini. Untuk informasi lebih lanjut, lihat peta di bawah ini:

Atau bisa juga melalui Jl. Pare Wates, jalur atau jalur alternatif. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua, roda empat atau angkutan umum. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa berhenti di halte terdekat kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek atau berjalan kaki. Jalan kaki bukan hanya lebih hemat, tapi juga bisa membuat tubuh lebih sehat, bukan?

Biaya masuk objek wisata Candi Tegowangi

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam Buka Wisata Candi Tegowangi

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore

Tips liburan ke tempat wisata Candi Tegowangi

Jika Anda sudah setuju untuk datang ke sini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah Anda diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan di kawasan objek wisata ini agar kebersihannya tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk memiliki kamera atau handphone dengan baterai yang terisi penuh jika diperlukan berburu foto-foto selama di sini.

Karena atraksi ini berada di lingkungan terbuka, pastikan untuk membawa topi atau minyak krim matahari pada tubuh Anda karena cuaca sangat panas dan menyengat di siang hari. Anda juga bisa membawa makanan atau minuman ringan. Yang terpenting selama perjalanan jangan lupa berdoa dan memohon keselamatan.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata tersebut Candi Tegowangi, sebuah candi yang kaya akan sejarah dan peninggalan kerajaan Majapahit. Jangan lupa terapkan berbagai tips yang sudah disebutkan di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membawa liburan yang menyenangkan bagi Anda!

Galeri Foto Candi Tegowangi

Selamat datang di Pura Tegowangi
Potret Candi Tegowangi

pengunjung di kuil
Potret pohon di area candi

perhatian pengunjung
Keindahan Candi Tegowangi

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button