Tempat Wisata

Telaga Varna: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Saat berkunjung ke Kota Bogor, tak ada salahnya singgah terlebih dahulu di wisata Jabar ini. Telaga Varna merupakan sebuah danau kecil yang menjadi tempat liburan seru karena keunikan dan keindahannya.

Lokasi wisata telaga yang tidak jauh dari kawasan Puncak pass Bogor membuat Telaga Varna selalu menjadi pilihan tempat wisata terbaik. Bagi warga Jakarta yang ingin melepaskan diri dari kesibukan, menyempatkan diri mengunjungi Telaga Warna Puncak Pass Bogor bisa menjadi pilihan liburan akhir pekan.

Berada di kawasan Cagar Alam Mega Mendung dan Hutan Hambalang, keindahan alam telaga ini tentu saja sangat mempesona. Panorama khas hutan yang masih asri serta warna danau yang sewaktu-waktu bisa berubah, memberikan daya tarik tersendiri pada tempat ini.

Fasilitas di Telaga Varna

Karena merupakan kawasan wisata yang selalu banyak dikunjungi wisatawan, maka pemerintah setempat menyediakan sejumlah fasilitas. Beberapa fasilitas seperti tempat parkir mobil, warung makan, toilet umum, musala dan sejumlah pintu masuk yang kini sudah terlihat bagus kini bisa memberikan kemudahan bagi pengunjung yang ingin menuju ke sana.

Manajemen juga menawarkan beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti sepeda air, Flying Fox, dan layanan outbound untuk Anda nikmati. Selain itu, kawasan ini dilengkapi dengan jogging track yang cukup luas dan gazebo untuk bersantai.

Merupakan rumah bagi hutan tropis dengan hewan-hewannya, danau ini menyuguhkan keindahan dan kelucuan beberapa hewan di sana kepada pengunjungnya. Anda bisa menikmati fasilitas tersebut antara lain dengan berfoto bersama satwa yang hadir.

Sejarah Danau Warna

Ternyata, Telaga Varna Bogor yang memiliki sejuta panorama alam menakjubkan ini juga menyimpan cerita mistis yang masih melekat di benak sebagian masyarakat sekitar. Terdapat beberapa versi sejarah Telaga Varna dengan cerita yang berbeda-beda.

Konon menurut cerita yang beredar di masyarakat, danau ini terbentuk dari luapan tangisan seorang raja dan ratu beserta rakyatnya yang menangisi perbuatan sang putri. Pada zaman dahulu kala hiduplah seorang raja yang mempunyai seorang putri yang cantik jelita, namun sang putri mempunyai wajah yang tidak sempurna.

Di hari ulang tahunnya, raja, ratu dan rakyat ingin memberikan hadiah terindah kepada sang putri, yaitu kalung mutiara yang indah. Sayangnya, sang putri membuang kalung tersebut karena menganggapnya tidak bagus dan tidak layak.

Ketika raja, ratu dan rakyat mengetahui perbuatan sang putri yang sengaja membuang kalung itu, tangis pun pecah hingga air matanya terbendung dan terbentuklah Danau Telaga Varna ini.

Legenda Telaga Varna dengan cerita kedua menceritakan bahwa dahulu kala ada dua ekor ikan berwarna hitam dan kuning. Menurut warga sekitar, semua harapan dan impian menjadi kenyataan siapa yang bisa melihat ikan tersebut. Selain itu, wajah orang yang membasuh muka dengan air laut akan terlihat lebih awet muda dan cantik

Berburu foto di Telaga Varna

Tempat wisata Telaga Varna Bogor sepertinya mempunyai daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang mengunjunginya, tak jarang tempat ini dijadikan sebagai tempat terbaik untuk berburu foto. Anda juga dapat menggunakan spot berbeda untuk hasil foto yang lebih baik

Bagi Anda yang hobi berburu, tak ada salahnya menikmati momen terindah di sekitar Danau Telaga Varna ini. Keindahan danau yang warnanya dapat berubah sewaktu-waktu, serta keindahan di sisi kanan dan kirinya akan membuat foto yang Anda hasilkan semakin indah dan menarik.

Biaya masuk ke Danau Warna

  • Biaya masuk: Rp 15.000 hingga 25.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Telaga Varna

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Akses lokasi ke Telaga Varna

Terletak di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Puncak Bogor, Jawa Barat, Telaga Varna cukup mudah dijangkau. Lokasinya hanya berjarak sekitar satu jam dari Kota Bogor dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Berasal dari kota Bogor, Masjid Atta’awun menjadi landmarknya. Setelah melewatinya, silakan belok kiri dan ikuti petunjuk jalan. Terdapat juga tanda untuk membantu pengunjung menemukan jalan menuju situs Telaga Varna di Jawa Barat.

Tips berlibur di Telaga Varna

  • Wisatawan yang ingin berkunjung ke Telaga Danau Varna sebaiknya berhati-hati dengan barang bawaannya karena masih terdapat beberapa satwa di tempat ini, seperti: B. monyet liar yang sering nakal.
  • Jika ingin ke sana, waktu terbaik ke sana adalah setelah musim hujan. Pasalnya, air danau akan lebih banyak dibandingkan saat musim kemarau saat air danau menyusut.
  • Bawalah peralatan jika perlu, mis. B. Baju ganti, makanan dan minuman, kamera, dan lain-lain.

Demikian ulasan perjalanan Danau Telaga Varna Ini di Puncak Cisarua Bogor. Wisata ini bisa menjadi tujuan berlibur bersama keluarga, sahabat ataupun kerabat. Jangan lewatkan keindahan danau mempesona yang dikaitkan dengan legenda yang masih bisa dirasakan hingga saat ini.

Galeri Foto Telaga Varna

Telaga Warna di Puncak Cisarua, Bogor
Potret seekor monyet di pinggir Telaga Varna

Berburu foto romantis
Area bermain Flying Fox
Akomodasi semalam di danau
Akses jalan menuju Telaga Varna

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button