Tempat Wisata

Pantai Banyu Meneng Malang: Lokasi, Daya Tarik dan Fasilitas

Kota Malang terkenal dengan taman hiburannya. Selain itu, Malang juga memiliki sederet pantai yang indah dan indah, salah satunya adalah Pantai Banyu Meneng.

Kelebihan pantai ini adalah pantainya masih sepi dan belum banyak pengunjung. Kurangnya koneksi jalan menjadi penyebab pantai ini masih sepi. Karena belum banyak pengunjung yang datang, pantai ini masih asri, alami, dan bersih.

Pantai ini cocok jika ditambahkan ke daftar kunjungan beserta informasi mengenai destinasi pantai ini mulai dari lokasi, rute, biaya masuk, fasilitas, filosofi penamaan, objek wisata dan aktivitas yang bisa dilakukan.

Lokasi dan Rute Pantai Banyu Meneng

Pantai ini terletak di Desa Bandungrejo, Bantur, Kota Malang, Jawa Timur. Sekitar 100 meter dari kawasan pantai Kondang Merak.

Untuk menuju ke pantai ini alangkah baiknya jika anda terlebih dahulu menjaga kesiapan kendaraan anda, mengingat jalur yang akan anda tempuh cukup jauh yakni sekitar 66 km dari pusat kota dan kondisi jalan yang kurang bagus apalagi saat musim hujan tiba.

Jalan menuju pantai ini sama dengan jalan menuju Pantai Kondang Merak. Arahkan kendaraan Anda ke selatan menuju Gadang bila berangkat dari pusat kota Malang.

Kemudian ikuti rambu menuju Bululawang. Sesampainya di pertigaan Krebet, ikuti rambu menuju Gondanglegi atau Pantai Balekambang.

Setelah sampai di pertigaan Persimpangan Selatan Balekambang, belok kanan dan setelah kurang lebih 5 km Anda akan menemukan pintu masuk Pantai Kondang Merak.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan perjalanan sekitar 100 meter ke arah barat. Anda juga bisa mengikuti rutenya melalui Google Maps di smartphone Anda.

Biaya masuk dan fasilitas Pantai Banyu Meneng

Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 10.000-15.000 untuk biaya masuk ke pantai ini. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Tetap tenang! Harga tiket bisa Anda jadikan patokan jika ingin mengunjungi pantai ini dan menikmati keindahannya. Pantai Banyu Meneng sudah memiliki fasilitas yang memadai meski belum setenar pantai lain di Malang.

Fasilitas yang dimiliki pantai ini antara lain kamar mandi dan toilet umum yang cukup bersih, tempat parkir yang luas serta restoran yang tersedia di sekitar pantai. Anda juga bisa menyelam dan snorkeling di pantai ini, karena pemerintah telah menyediakannya untuk wisatawan.

Pantai ini tidak menyediakan akomodasi bagi wisatawan. Namun, Anda bisa mendirikan tenda di area camping.

Filosofi Nama Banyu Meneng

Nama Banyu Meneng berasal dari bahasa Jawa yang berarti “air tenang atau air tenang”. Filosofi ini sangat menggambarkan suasana pantai ini. Adanya bebatuan besar yang jauh dari bibir pantai menyebabkan gelombang air pecah dan ombak pantai menjadi tenang.

Atraksi dan Aktivitas di Pantai Banyu Meneng

Daya tarik pantai ini tak henti-hentinya dibicarakan. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, meski akses menuju pantai ini cukup menguji adrenalin Anda.

Namun usaha untuk mencapai tujuan tersebut terbayar dengan keindahan pantai ini, mulai dari pantai berpasir putih hingga pepohonan bakau yang menyambut Anda setibanya di sana.

1. Tempat berenang yang menyenangkan

Kondisi pantai dengan air yang dangkal dan jernih membuat tempat ini menjadi tempat yang seru untuk berenang.

Pesona alam yang masih alami dan masih alami oleh banyak pengunjung serta pantai yang dikelilingi hutan menjadi salah satu daya tarik tersendiri ketika Anda berlibur menikmati keindahan pantai ini sekaligus menyegarkan pikiran bersama teman, pasangan, maupun bersama keluarga.

2. Berburu foto

Bagi Anda yang tidak suka bermain air pantai, Anda bisa berburu foto dan berjalan-jalan di sekitar pantai yang tidak terlalu panjang ini.

Beragam spot foto yang aduhai akan kamu temukan, apalagi saat sampai di puncak bukit karang pantai ini, kamu juga akan banyak menemukan spot foto yang unik dan off the mainstream.

3. Spot foto di atas bukit

Terdapat bukit batu indah di bagian barat Pantai Banyu Meneng. Di atas batu tersebut Anda bisa menjumpai beberapa spot foto cantik dan unik.

Tempat ini merupakan salah satu atraksi utama dan spot terpopuler. Bukit ini sering dijadikan spot foto Instagram dan juga terdapat landmark bertuliskan “Banyu Meneng”.

4. Indahnya matahari terbenam di tepi pantai

Keindahan senja saat matahari terbenam selalu menjadi tujuan utama para pengunjung yang datang ke pantai ini. Saat cuaca cerah, Anda akan menyaksikan indahnya matahari terbenam, dan 45 menit senja yang memperlihatkan keindahannya kepada masyarakat adalah momen yang ditunggu-tunggu semua orang.

5. Bermain ayunan di tepi pantai

Di pantai ini anda bisa bersantai menikmati semilir angin pantai dengan menggunakan ayunan karena di sisi ini terdapat ayunan yang menempel pada pohon besar di dekat pantai.

Salah satu tempat yang paling populer untuk mengambil foto dengan latar belakang bertuliskan “Banyu Meneng” ada di ayunan ini. Kamu juga bisa melakukan sesi pre-wedding di lokasi swing ini!

6. Berkemah di pinggir pantai

Karena pantai ini masih tergolong baru, maka belum ada akomodasi atau sejenisnya di dekat pantai di pantai ini. Namun di dekat pantai terdapat tempat perkemahan bagi anda yang ingin bermalam di pantai ini.

Jika Anda ingin mendirikan tenda di pantai ini, Anda harus mendapat izin terlebih dahulu dari penjaga pantai. Hal ini dilakukan untuk memastikan Penjaga Pantai memberikan keamanan dan juga membayar Anda biaya tambahan sebesar Rp 5.000 per orang.

Suasana semilir angin malam yang dingin akan membuat suasana seru saat berkumpul bersama teman dan membuat api unggun, sedangkan suara gitar akan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Setelah menghabiskan malam seru, sejuk dan tak terlupakan di perkemahan ini, di pagi hari Anda bisa menikmati indahnya matahari terbit dengan kopi hangat di pinggir pantai, momen yang selalu dinantikan banyak orang.

7. Snorkeling dan Menyelam

Nikmati tidak hanya keindahan pantainya tetapi juga keindahan alam bawah lautnya. Bagi wisatawan yang hobi snorkeling, Anda bisa menyewa snorkel dan mengagumi keindahan terumbu karang di pantai ini tanpa merasa bosan.

Informasi diatas merupakan informasi tentang Pantai Banyu Meneng yang indah dan selalu bersih.

Jika Anda berkunjung ke pantai ini, usahakan untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan pantai dengan cara mengumpulkan dan membawa kembali sampah-sampah Anda. Setidaknya kamu menjaganya, meski kamu tidak bisa membantu membersihkan pantai ini!

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button