Tempat Wisata

Danau Lido: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Siapa yang tak kenal dengan objek wisata yang satu ini? Sebagai salah satu ikon wisata di Kabupaten Bogor, wisata ini juga menjadi primadona wisatawan. Danau Lido merupakan danau buatan yang berada di Jalan Raya Bogor Sukabumi, Jawa Barat.

Danau yang sudah ada sejak zaman Belanda ini memiliki beberapa fungsi yang hingga saat ini menjadi tempat wisata idaman bagi warga Bogor dan sekitarnya. Airnya yang jernih, hijaunya pepohonan di sekitar danau, serta sejuknya udara membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi berbagai wisatawan.

Dahulu danau ini dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai sumber kehidupan. Kebutuhan air dipenuhi dari arus danau, namun seiring berjalannya waktu fungsi danau berubah. Sementara itu, air di Danau Lido sudah tidak sejernih dulu, bahkan terdapat pencemaran berat akibat ikan-ikan yang sengaja menetap di sepanjang danau untuk tujuan penangkapan ikan.

Fasilitas di Danau Lido

Tentunya sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bogor juga banyak terdapat fasilitas di sepanjang danau. Berbagai fasilitas bisa Anda nikmati seperti arena pemancingan, wahana sepeda air, speedboat, flying fox, skydiving, pesawat model, dan perahu rakit.

Selain fasilitas gaming, terdapat juga fasilitas lain seperti balkon santai, kolam renang, lapangan golf, arena wifi dan di seberang danau terdapat gedung serbaguna yang bisa dijadikan tempat pertemuan.

Anda juga bisa mencoba fasilitas lainnya untuk membuat liburan semakin seru, seperti menyeberang ke daratan kecil di tengah danau. Terdapat banyak warung kuliner dengan beragam makanan khas yang bisa Anda nikmati.

Sejarah Danau Lido

Banyak cerita yang beredar tentang asal usul sejarah Danau Lido Bogor. Kawasan seluas 1,7 hektar ini lekat dengan kisah misteri: danau ini konon dihuni oleh seekor naga dan buaya putih yang sewaktu-waktu bisa muncul ke permukaan danau.

Danau Lido di Bogor sendiri sudah ada sejak zaman Belanda. Sekitar tahun 1898, Belanda membangun danau ini sebagai tempat peristirahatan para petugas dan pengawas jalan serta pemilik lahan perkebunan.

Pada tahun 1940-an, danau ini resmi dibuka untuk umum oleh seorang ratu Belanda bernama Ratu Wilhelmina. Di sekitar danau juga terdapat sebuah penginapan tua yang menceritakan kisah cinta yang masih ada hingga saat ini dan dipercaya bahkan oleh penduduk setempat.

Berburu foto di Danau Lido

Sebagai salah satu landmark Kabupaten Bogor dan kawasan taman hiburan yang selalu ramai, Wisata Lido Bogor juga menjadi spot fotografi andalan. Bagi Anda yang senang menjelajahi berbagai spot wisata untuk mencari tempat berburu terbaik, kini tak perlu jauh-jauh pergi. Kunjungi saja situs Lido yang berada di jalan raya Bogor Sukabumi.

Beragam wahana yang ditawarkan memungkinkan Anda mengambil berbagai foto menarik. Pemandangan danau yang indah serta sisi dua gunung di belakang danau juga akan memperkaya foto Anda. Tempat ini sangat bagus untuk berburu foto yang menarik.

Akses Lokasi ke Danau Lido

Akses menuju Danau Lido begitu mudah untuk Anda capai. Letak telaga yang berada di pinggir jalan raya Bogor Sukabumi, tepatnya di Desa Wates Jaya, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini memiliki letak yang begitu strategis. Sehingga pengunjung bisa langsung menikmati keindahan Danau Lido tanpa perlu khawatir.

Bagi warga Jakarta yang ingin mengunjungi Danau Lido Sukabumi, cukup berkendara sejauh 40 mil atau kurang lebih 1,5 hingga 2 jam perjalanan. Letaknya yang berada di pinggir jalan raya membuat akses menuju lokasi sangat mudah ditemukan, ditambah lagi sudah terdapat papan penunjuk arah menuju objek wisata Lido Bogor.

Biaya masuk ke Danau Lido

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang (belum termasuk biaya parkir)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka danau Lido

Jam buka lokasi Lidosee adalah setiap hari mulai jam 7 pagi hingga larut malam. Anda bisa menikmati keindahan wisata bahari pada pagi, sore dan malam hari, karena tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang ingin menikmati suasana santai di pinggiran kawasan wisata.

Tips liburan di Danau Lido

Jika Anda ingin berlibur ke Danau Lido Bogor Jawa Barat, sebaiknya siapkan uang jajan yang cukup. Sebab di kawasan sekitar telaga juga tersedia berbagai macam permainan dan sajian kuliner yang lengkap. Bagi Anda yang sedang mencari tempat menginap, ada juga pilihan bermalam di seberang danau yang bisa Anda manfaatkan.

Ini merupakan kilas balik dari wisata Danau Lido Bogor yang begitu populer di masyarakat. Meski penuh cerita misterius, namun tak mengurangi keindahan yang ditawarkan Danau Bogor ini. danau lido merupakan pilihan tepat untuk rekreasi seru dan strategis.

Galeri foto Lidosee

danau lido
Potret rusa di Lido Adventure Park
pilihan akomodasi
Jembatan di atas Danau Lido
Sebut saja Danau Lido

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button