Tempat Wisata

Pantai Puncak Guha: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Mendengar kata “pantai” yang pertama kali terlintas di benak kita adalah keindahan alam dengan air laut yang biru dan hamparan pasir putih yang luas. Mungkin inilah salah satu ciri khas sebagian besar pantai di Indonesia. Namun tidak dengan pantai yang satu ini.

Saat berkunjung ke Kota Garut, Jawa Barat, luangkan waktu untuk mengunjungi salah satu destinasi pantai yang banyak digemari berkat novel Perahu Kertas. Pantai ini bernama Puncak Guha. Objek wisata Pantai Puncak Guha merupakan wisata pantai alami yang ada di kabupaten Garut. Pantai ini mempunyai keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dari pantai-pantai pada umumnya.

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, pantai ini tidak memiliki pasir putih seperti pantai pada umumnya. Hanya semenanjung kecil dengan tebing batu terjal yang di antaranya terdapat gua kelelawar dengan pemandangan langsung ke Laut Selatan.

Fasilitas di Pantai Puncak Guha

Karena pantai ini jarang dikunjungi pengunjung, beberapa sarana dan prasarana belum disediakan. Fasilitas yang seharusnya ada pun tidak terlihat di kota pantai indah di Garut ini.

Namun pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai lebih lama bisa mencari akomodasi di sekitar Pantai Rancabuana yang berjarak 2 km dari Pantai Puncak Guha di Garut Selatan. Berbagai jenis akomodasi seperti hotel, villa, dan cottage juga ditawarkan. Terdapat fasilitas yang lebih lengkap seperti restoran, musala, dan toilet umum.

Keindahan Pantai Puncak Guha

Jika umumnya pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas, Pantai Puncak Guha di Garut tidak. Pantai yang merupakan semenanjung kecil tepat di Samudera Hindia ini tidak memiliki pasir putih layaknya pantai. Hanya tebing besar yang menjorok ke laut lepas yang akan membuat Anda takjub.

Namun jangan salah, meski tidak berpasir putih, pantai ini begitu eksotik hingga menawarkan keindahan yang membuat pengunjungnya takjub. Di atas tebing bebatuan tersebut terlihat laut lepas yang begitu luas. Deburan ombak seakan membuat tempat wisata ini semakin indah.

Di pagi hari Anda bisa menikmati indahnya panorama alam lewat warna biru air laut yang mencolok. Teriknya matahari juga turut menambah keindahan tersendiri dengan adanya perbukitan di kanan dan kiri pantai. Belum lagi udaranya yang sejuk juga menambah kenikmatan.

Berbeda jika Anda datang di pagi hari. Sore hari adalah waktu dimana seluruh keindahan pantai terkenal itu terungkap melalui novel karya Dewi Lestari ini. Menikmati indahnya matahari terbenam di atas tebing yang tinggi sembari deburan ombak yang begitu kencang seakan menjadi sebuah keindahan tersendiri bagi siapapun yang menikmatinya.

Berburu foto di Pantai Puncak Guha

Bagi Anda yang suka berburu foto untuk merasakan berbagai momen menarik, mengunjungi Pantai Guha Jawa Barat adalah pilihan yang sangat cocok. Pantai dengan sejuta keindahan ini merupakan tempat yang tepat untuk berfoto keren.

Bagi Anda yang ingin mengambil foto Pantai Puncak Guha Rancabuana, kunjungan pagi atau sore hari adalah waktu yang paling tepat. Dimana pada saat itu anda bisa mempercantik sebuah foto yang anda ambil. Anda juga bisa mendapatkan spot terbaik di atas tebing batu yang menjorok ke laut. Di sanalah tempat terbaik untuk mengambil foto atau selfie.

Lokasi: Akses ke Pantai Puncak Guha

Lokasi Pantai Puncak Guha bisa Anda capai di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut Selatan. Letaknya yang tidak jauh dari pantai selatan dan hanya berjarak 2 km dari Pantai Rancabuana membuat pengunjung tidak terlalu kesulitan untuk menuju ke sana.

Cukup untuk sambungan jalan raya. Anda akan berkendara di jalan yang mulus dan beraspal, namun masih ada beberapa perbaikan jalan yang akan membuat perjalanan Anda menuju Pantai Puncak Guha sedikit sulit.

Biaya masuk ke Pantai Puncak Guha

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Pantai Puncak Guha

Tips berlibur di Pantai Puncak Guha

Ada sedikit tips bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Puncak Guha Jawa Barat. Bawalah beberapa perlengkapan dari rumah seperti bahan makanan, minuman, makanan ringan dll karena tidak ada restoran atau warung. Kalau jarak ke pantai lumayan jauh

Ajaklah teman, keluarga atau rombongan untuk menghabiskan liburan anda disana. Jangan lupa untuk berfoto dan mengabadikan angle terbaik di pantai indah Jawa Barat ini. Berkunjung pada pagi atau sore hari juga merupakan waktu yang paling tepat.

Ini adalah catatan perjalanan Pantai Puncak Guha Garut, Jawa Barat, Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Karena keindahan dan keunikan pantainya, tempat ini patut Anda jadikan destinasi wisata selanjutnya.

Galeri Foto Pantai Puncak Guha

Pantai Punca Guha di Garut
Batuan karang di Pantai Guha
Berburu foto di Pantai Guha

Keindahan air laut
Potret udara Pantai Guha

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button