Tempat Wisata

Monumen Trunojoyo Sampang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Memiliki monumen atau tugu peringatan yang ikonik merupakan sebuah kebanggaan bagi setiap kota dan kabupaten, termasuk di Pulau Madura sendiri, dimana terdapat monumen kebanggaan yaitu Tugu Trunojoyo Sampang yang menjulang megah.

Monumen Trunojoyo Sampang terletak tepat di pusat kota hampir seperti monumen di kota lainnya. Letak geografisnya dianggap sebagai titik nol kabupaten yang berada di sebelah timur Kabupaten Bangkalan. Meski secara geografis tidak terlalu luas, Kabupaten Sampang cukup menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan yang akan berkunjung ke pulau garam ini.

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda temukan di Sampang pastinya adalah Monumen Trunojoyo Sampang, sebuah bangunan menjulang tinggi yang terbuat dari logam tebal berwarna kuning. Terdapat taman kota yang tidak terlalu besar di sekitar bangunan tugu. Karena letaknya yang berada di tengah taman kota, tugu ini sering dijadikan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat Sampang dan juga para pedagang kaki lima.

Karena letaknya yang strategis, berada di tengah kota dan dikelilingi taman yang indah dan terawat, tak heran jika banyak anak muda atau keluarga yang suka datang ke sini sekedar untuk menikmati pusat kota atau memanfaatkan WiFi yang disediakan oleh pihak hotel. pemerintah.

Pada sore hari terdapat area bermain anak di bagian barat tugu yang selalu dipenuhi oleh keluarga yang mengajak anak-anaknya bermain sambil menikmati suasana kota Sampang atau juga menikmati jajanan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima di sekitar taman tugu menjadi lokasi. .

Selain dekat dengan lampu lalu lintas utama kota Sampang, kawasan wisata ini juga tidak pernah sepi dari kunjungan masyarakat sekitar maupun pihak luar. Tugu Trunojoyo Sampang otomatis dilewati banyak orang dan pengguna jalan lain yang datang dari luar. Di sebelah utaranya terdapat Masjid Raya Kota Sampang, sehingga Anda tidak akan kesulitan mencari tempat salat saat berkunjung ke monumen tersebut. Nah, jika Anda ingin bersantai sejenak namun tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mengunjungi tempat wisata alam lainnya, Anda bisa dengan mudah mengunjungi Monumen Trunojoyo Sampang.

Fasilitas di Monumen Trunojoyo Sampang

Karena lokasinya yang berada di tengah kota, maka luas monumen ini sendiri tidak terlalu luas sehingga belum banyak fasilitas penunjang yang tersedia bagi pengunjung. Namun ada sedikit yang bisa bermanfaat seperti toilet umum bagi siapa saja yang membutuhkan dan kemudian seperti yang disebutkan di atas terdapat tempat di sisi barat taman tugu ini yang menyediakan taman bermain anak sehingga anda tidak perlu khawatir ketika kamu pergi jalan-jalan dengan anakmu. Anak-anak sebaiknya pergi ke tugu ini karena mereka bisa bermain bebas di sana. Jika Anda juga ingin menyantap sesuatu, jangan khawatir, karena di sini terdapat beberapa pedagang makanan, misalnya pedagang kaki lima atau yang menggunakan gerobak dorong. Harganya sangat terjangkau.

Untuk hiburan pengunjung, Anda bisa menyewa mobil “mocin” atau mobil cinta. Mocin ini merupakan salah satu hiburan pemerintah daerah setempat yang sebenarnya merupakan modifikasi dari sepeda yang berbentuk mobil. Ada juga Odong-Odong yang selalu siap memandu pengunjung berkeliling kota bertema “Maritim”. Biayanya juga sangat murah.

Berburu foto di Monumen Trunojoyo Sampang

Jika anda datang ke tempat ini anda juga bisa membawa kamera anda, baik kamera profesional maupun kamera ponsel, karena di tempat ini anda bisa mengambil beberapa foto menarik untuk diposting ke berbagai media sosial yang anda miliki. Lokasinya yang bersih dan keberadaan taman menjadikan objek wisata ini sebagai salah satu objek wisata favorit masyarakat kota Sampang. Mereka juga sangat gemar berfoto atau sekedar selfie di depan monumen dan di taman. Lokasi yang berada di tengah kota ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengabadikan berbagai bangunan di sekitar monumen atau mengambil foto kendaraan yang lalu lalang di jalan.

Baca juga: Gili Labak, Surga Tersembunyi di Madura

Akses jalan menuju Monumen Trunojoyo Sampang

Mengakses lokasi Monumen Trunojoyo Sampang sendiri tidaklah sulit. Jika Anda datang dari Surabaya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor, atau naik kapal feri dari Pelabuhan Tanjung Perak. Melewati pelabuhan dan sampai di Pelabuhan Kamal, Anda tinggal mencari-cari angkutan umum yang banyak tersedia di sana dan akan mengantarkan Anda hingga Sampang.

Begitu pula bagi Anda yang mengendarai kendaraan bermotor melintasi Jembatan Suramadu hanya perlu melanjutkan perjalanan langsung menuju Sampang yang tentunya mudah dijangkau karena banyak petunjuk arah. Sesampainya di Sampang, Anda akan langsung melihat Monumen Trunojoyo Sampang yang berdiri di tengah kota.

Biaya masuk Monumen Trunojoyo Sampang

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Monumen Trunojoyo Sampang

Tips berlibur ke Tugu Trunojoyo Sampang

  • Awasi anak Anda saat bermain di area bermain
  • Jangan biarkan diri Anda mencemari area memorial atau taman
  • Jangan dibuang
  • Jangan merusak tanaman atau bunga yang berada di sana
  • Sebaiknya datang pada sore hari

Galeri foto Monumen Trunojoyo Sampang

Monumen Trunojoyo Sampang
Taman Monumen Trunojoyo
Berburu foto di kursi taman
Monumen Trunojoyo SampangPintu masuk Monumen Trunojoyo Sampang
Potret Tugu Trunojoyo pada malam hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button