Tempat Wisata

Pantai Melur, pesona pantai berpasir putih yang eksotik di Batam

harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam, Riau; Map: pemeriksaan lokasi

Batam, Kepulauan Riau mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Melur yang menjadi destinasi wisata bahari. Terletak di Pulau Galang, pantai indah dan eksotis ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai cantik ini terkenal dengan pemandangan pasir putih dan air lautnya yang jernih. Pesona alamnya menarik banyak pengunjung terutama saat berlibur. Wisatawan disuguhi suasana pantai yang indah dan alami. Pemandangan pantai dengan garis pantainya yang landai menjadi tempat berfoto yang populer bagi pengunjung.

Hamparan pasir putihnya yang halus membuat bermain semakin menyenangkan bagi pengunjung. Wisatawan bisa bersantai di tempat ini atau berjemur, bermain pasir, dan bermain voli pantai. Fasilitasnya juga memadai membuat liburan di Pantai Melur semakin nyaman dan menyenangkan.

Daya Tarik Pantai Melur

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai MelurFoto oleh Grzegorz Iminski / Google Maps

✦ Laut jernih

Pemandangan laut yang terhampar di sini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Wisatawan akan disambut dengan birunya laut yang airnya begitu jernih dan bersih. Karena bentuk pantainya yang sedikit menjorok, pantai ini mempunyai ombak yang relatif tenang. Wisatawan juga bisa bermain-main di tepi laut dengan lebih aman.

✦ Pantai berpasir putih

Terletak di selatan Kota Batam, pantai ini terbilang menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang eksotik. Hal ini tentu saja tidak lepas dari pasir putih yang menjadi daya tarik utama Pantai Melur. Pantai berpasir putih yang terbentang dari ujung ke ujung menyuguhkan pemandangan indah bagi pengunjungnya.

✦ Pemandangan matahari terbenam

Daya tarik lain dari tempat wisata yang terletak tak jauh dari bekas kamp pengungsi Vietnam ini adalah pemandangan matahari terbenamnya. Sunset yang selalu diikuti wisatawan akan menjadi tontonan indah sebagai hari wisuda. Selain itu, ombak di pantai ini cukup tenang sehingga pantulan sinar matahari saat senja semakin memukau.

✦ Kenali selfie di Pantai Melur

Keberadaan spot selfie selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Pantai yang eksotik ini pun tak kalah dengan beberapa spot selfie keren yang ada di beberapa tempat. Pertama, penataan fasilitas pantainya sangat baik sehingga menawarkan banyak pilihan tempat untuk latar foto yang lebih estetik.

✦ Paviliun Pantai

Kehadiran gazebo di tepi pantai menawarkan pemandangan Pantai Melur yang menarik bagi wisatawan. Apalagi gazebo di sini tidak hanya ada satu, melainkan satu deretan yang dibangun berjajar di atas pasir putih. Pemandangan seperti ini tentu menciptakan suasana layaknya berlibur di pantai resor terkenal.

✦ Taman bermain air

Ada lagi yang menarik dari pantai berpasir putih ini, yaitu tersedianya beberapa fitur perairan. Saat memasuki kawasan pantai, wisatawan bisa melihat perahu berwarna kuning yang berbentuk seperti pisang, yang tidak lain hanyalah banana boat. Ya, pengunjung yang ingin liburan lebih seru bisa menaiki banana boat atau bermain permainan lainnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket pantai Batam MelurFoto oleh Grzegorz Iminski di Google Maps

Beberapa tempat wisata di Batam, Riau sebenarnya terletak di pulau-pulau kecil yang dapat diakses melalui jembatan pulau. Termasuk destinasi wisata bahari seperti Pantai Melur di Pulau Galang.

Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Batam sendiri menuju pantai di Pulau Galang. Namun jangan khawatir, jaringan transportasi di kawasan ini sudah baik melalui jalan beraspal. Jadi Anda bisa mengunjungi pantai ini dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun empat.

Jika Anda berangkat dari pusat kota Batam, Anda bisa mengambil jalur selatan menuju Pulau Galang. Perjalanan melewati jembatan terkenal di Batam yaitu Jembatan Barella. Jembatan ini menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Galang dan pulau-pulau terdekat lainnya.

Saat memasuki kawasan pantai, Anda akan melewati sebuah gerbang yang berfungsi sebagai loket tiket tempat wisata. Perjalanan dilanjutkan menuju pantai yang berjarak sekitar satu kilometer dari pintu gerbang. Anda melewati tanjakan lalu jalan menurun menuju pantai.

Biaya masuk dan jam buka

Pengunjung Pantai Melur yang ingin memasuki kawasan wisata ini akan dikenakan tiket masuk di gerbang selamat datang. Setiap pengunjung akan dikenakan tiket senilai Rp 3.000 untuk sekali masuk. Jika Anda masuk dengan kendaraan pribadi, Anda perlu membayar biaya parkir tambahan sekitar Rp 2.000 per kendaraan.

Tiket ke tempat ini cukup murah. Namun pengunjung dikenakan biaya tambahan untuk menggunakan beberapa wahana dan fasilitas. Termasuk pemanfaatan gazebo di pinggir pantai.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai MelurFoto oleh Chin Jimmy di Google Maps

1. Bersantai dan nikmati pemandangan

Sebagian orang memilih berlibur ke pantai untuk refreshing sejenak dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Pengunjung Pantai Melur juga tidak sedikit yang menghabiskan liburannya dengan bersantai di pinggir pantai sambil menikmati indahnya pemandangan yang ada di depan mata.

Nikmati deburan ombak kecil di laut yang airnya masih terjaga kebersihannya. Duduk santai ditemani sepoi-sepoi angin laut di bawah pohon kelapa. Jika bosan, Anda bisa berjalan-jalan di pinggir pantai mencari kerang atau cangkang binatang di pasir putih.

2. Bermain di pasir putih

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghabiskan liburan di pantai Melur yang eksotis ini. Jika tidak suka basah, Anda bisa bermain pasir putih saja. Bangun miniatur, kubur sebagian diri Anda, atau mainkan voli pantai bersama teman dan rombongan.

3. Berenang di Pantai Melur

Air di pantai ini sangat jernih dan mengundang wisatawan untuk langsung bermain air di laut. Tenang karena ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi bahkan tergolong tenang. Seluruh pengunjung boleh berenang di pantai dan anak-anak harus tetap dalam pengawasan penuh saat bermain di laut.

Bagi wisatawan yang tidak terlalu berani dengan aktivitas ini, bisa mencoba rakit. Agar aktivitas berenang semakin menyenangkan, Anda bisa menyewa pelampung yang disediakan di sekitar Pantai Melur.

4. Naik banana boat

Aktivitas seru bagi Anda yang berwisata bersama rekan, sahabat atau keluarga adalah menaiki banana boat. Perahu karet berwarna kuning cerah ini selalu menarik perhatian, bahkan ketika wisatawan baru datang. Anda bisa mengenakan jaket pelampung dan kemudian bermain dengan perahu sedikit lebih jauh di tengah laut.

5. Menikmati matahari terbenam

Anda yang menyukai aktivitas bersantai bisa mencoba menikmati matahari terbenam di pantai berpasir putih ini. Pemandangan matahari terbenam di lokasi ini sungguh menakjubkan. Sinar matahari menyelimuti seluruh pemandangan dengan warna senja yang begitu hangat. Makin romantis lagi menikmati matahari terbenam sambil mencicipi lezatnya ikan bakar.

6. Berburu spot foto

Siapa yang tidak tergoda untuk berfoto saat menemukan spot cantik seperti Pantai Melur? Penataan fasilitas di wisata pantai cantik ini begitu rapi, dengan beberapa pohon kelapa menghiasi pemandangan sehingga menjadi backdrop yang bagus untuk foto selfie Anda. Ada juga beberapa spot foto seperti lingkaran menyerupai sarang burung, dan lain-lain.

7. Makanan

Kegiatan ini bisa menjadi finishing touch setelah Anda puas bermain di pantai. Keluarkan perbekalan yang Anda bawa dari rumah dan nikmati bersama di pantai agar masa menginap semakin menyenangkan. Jika ingin makan di paviliun, Anda mungkin harus membayar biaya sewa terlebih dahulu. Tempatnya enak dan nyaman untuk istirahat dan makan.

Namun pengunjung yang tidak membawa makanan sendiri pun tidak perlu khawatir. Silakan membeli makanan dan minuman di warung-warung sekitar pantai. Makanannya enak dan tentunya harganya cukup terjangkau. Ikan bakar segar dan es krim kelapa bisa menjadi menu pilihan Anda untuk menemani menginap di pantai eksotis ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Batam MelurFoto oleh Chin Jimmy di Google Maps

Tempat wisata di Pulau Galang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Tempat parkir, toilet, dan warung makan mudah ditemukan di sini. Sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman bersama orang-orang tercinta selama berlibur di Pantai Melur.

Usai permainan penuh, kuliner dilanjutkan. Beberapa warung makan di pantai ini menawarkan beragam makanan lezat, termasuk olahan seafood. Tempatnya juga nyaman dengan kursi-kursi yang bagus untuk para tamu duduk dan menikmati makanan dan pemandangan.

Fasilitas wisatanya juga sangat beragam, seperti. B. persewaan pelampung, banana boat dan pendopo pantai. Pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas ini harus membayar biaya tambahan sekitar Rp 10.000-50.000. Meski harus membayar, pengalaman yang Anda dapatkan pasti bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Bagaimana kalau melihat informasi tentang Pantai Melur di Kota Batam? Jika Anda tertarik menikmati liburan di pantai eksotis ini, siapkan tiket dan perlengkapan perjalanan Anda. Jangan lupa membawa tabir surya dan pelindung panas karena cuaca di sekitar pantai pada siang hari cukup panas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button