Tempat Wisata

Pura Taman Ayu – Harga Tiket Masuk dan Spot Foto Saat Ini 2023

Pulau Dewata juga dikenal sebagai surganya pariwisata Indonesia. Pulau ini juga bisa disebut sebagai negeri seribu pura. Karena hampir di setiap sudut Bali kita temukan bangunan-bangunan yang berdiri sangat megah.

Menariknya, beberapa tempat juga dijadikan sebagai tempat wisata yang mampu merebut hati berbagai wisatawan nusantara dan juga dari luar negeri.

Salah satunya adalah Pura Taman Ayun. Memasuki kawasan ini Anda akan disuguhkan pesona luar biasa yang akan selalu membekas di hati Anda. Ketenangan dan ketenangan pikiran yang benar-benar bisa Anda rasakan.

Urusan duniawi seakan memudar dan hilang seketika. Benar-benar sebuah kawasan yang sangat cocok untuk anda yang sedang dibebani beban berat, seolah berada di surga yang selalu dirindukan. Kunjungi tempat ini dan pikiran Anda akan jernih.

Tidak ada salahnya memilih wisata Taman Ayun sebagai salah satu destinasi wisata Anda selama berkunjung ke Bali. Karena di pura ini terdapat sebuah taman yang luar biasa indahnya. Seolah tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata sekecil apapun.

Tidak hanya penduduk setempat yang memuji keindahan taman tersebut. Namun hampir semua wisatawan dalam dan luar negeri juga mengakuinya.

Tak hanya itu, saking indahnya taman candi ini juga telah ditata menjadi 80 taman yang tersebar di seluruh dunia. Berkat peristiwa ini, nama daerah ini semakin tersebar ke seluruh dunia.

Biaya masuk

biaya masuk taman ayunanFoto:

Bagi Anda yang ingin menikmati perpaduan alam dan ketenangan di sini. Bagi wisatawan domestik akan dikenakan harga tiket masuk taman ayunan sebesar 15.000 rupiah. Wisatawan asing di antara Anda akan dikenakan tiket sebesar Rp 30.000.

Belum cukup, Anda juga akan dikenakan biaya tambahan sebesar 10.000 rupiah untuk mobil dan 5.000 rupiah untuk Anda yang menggunakan kendaraan bermotor. Kuil ini dibuka pada jam 8 pagi. Mulai jam 6 sore tutup lagi.

Tiket masuk dan biaya lainnya menuju Pura Taman Ayu dapat berubah sewaktu-waktu.

Datang juga ke –> Sangeh Monkey Forest Bali.

Alamat lokasi dan rute

    Alamat Taman AyunFoto:

Alamat Taman Ayun terletak di Jalan Ayodya No. 11, Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351. Ada dua alternatif untuk menuju lokasi ini.

Pertama, naik bus dan turun di Terminal Mengwi. Atau naik pesawat dan turun di Bandara Ngurah Rai.

Jika anda menggunakan bus dari Jawa ke Bali. Usahakan turun di Terminal Mengwi. Sebab jika turun di Terminal Denpasar jaraknya agak jauh. Pasalnya, objek wisata ini hanya berjarak 4 km dari Terminal Mengwi atau hanya membutuhkan waktu 8 hingga 10 menit saja.

Jalur menuju Taman Ayun dari Terminal Mengwi melalui jalan raya Denpasar – Gilimanuk. Lalu pergi ke Jalan I Gusti Ngurah Rai dan ke Jl. I Gusti Ketut Jelantik. Kemudian berkendara menuju Jalan Ayodya dan tak lama lagi Anda akan sampai di objek wisata ini.

Sedangkan jika memulai perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 29,3 km. Dengan perkiraan waktu 1 jam hingga 1 jam 20 menit. Cara menuju Taman Ayun melalui Jalan By Pass Ngurah Rai menuju Jalan Sunset Road.

Setelah itu arahkan kendaraan Anda ke Jl. Kerobokan, Raya Padang Luwih, Raya Abian Ase, Raya Denpasar – Gilimanuk. Hingga sampai di Jalan Ayodya dan tidak lama kemudian sampai di lokasi.



Kunjungi juga Pura Besakih di Bali.

Daya tarik Pura Taman Ayun

Berikut beberapa hal yang dapat dinikmati ketika Anda berkunjung ke sini:

cerita pertama

    Tur Taman AyunanFoto:

Sebelum kita melihat betapa indah dan megahnya Pura Taman Ayun. Mari kita lihat dulu sejarah asal muasal objek wisata ini.

Pura Taman Ayun merupakan pura tertua di Bali dan dibangun oleh Raja Mengwi pada tahun 1634.

Keberadaan candi ini bisa Anda lihat dalam buku Negara Mengwi karya Henk Schulte Nordholt. Pada tahun 1750, candi ini direnovasi dengan menggunakan teknologi Hobin Ho.

Menuju tahun 2019. Pura Taman Ayun sempat rusak parah pada tahun 1917. Saat itu, Pulau Dewata dilanda bencana berupa gempa bumi dahsyat.

20 tahun kemudian, objek wisata ini juga mengalami renovasi besar-besaran. Itu tidak berhenti di situ. Proses perbaikan ini juga dilanjutkan kembali pada tahun 1949.

Baca Juga –> Garuda Wisnu Kencana Bali.

2. Keagungan dan keindahan

Tempat wisata Taman AyunanFoto:

Nilai sejarah dan unsur magis Pura Taman Ayun cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda harus menjaga sikap yang baik. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan selama berkunjung ke sini.

Tempat wisata dengan taman ayun ini berdiri di atas sebidang tanah berukuran 100 x 250 meter persegi. Jika masuk ke dalam, area ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu halaman dalam dan halaman luar. Keduanya dipisahkan oleh kolam menarik yang banyak ikannya.

Di halamannya sendiri kita menemukan tiga halaman lainnya yang berfungsi sebagai tempat istirahat. Dari sini Anda bisa melihat betapa megah dan menakjubkannya arsitektur dan desain candi ini. Di sinilah sebagian besar wisatawan menjadikan tempat untuk berfoto dan berfoto.

Di halaman kedua, halaman yang lebih tinggi, sembilan patung penjaga ditempatkan di segala arah mata angin. Menurut kepercayaan umat Hindu, patung ini merupakan lambang dewa Nawa Sanga.

Halaman ketiga yang juga lebih tinggi biasanya digunakan untuk upacara keagamaan. Di sana juga terdapat pura yang berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu. Di sini Anda akan disuguhkan susunan meru atau klenteng beratap terasering.

Kunjungi juga -> Pantai Lovina Bali.

3. Akomodasi di sekitar candi

Tempat wisata Taman AyunanFoto:

Setelah puas kita jalan-jalan dan foto-foto di Pura Taman Ayun. Anda pasti lelah dan mungkin ingin istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Karena di sekitar candi masih banyak area yang sayang untuk dilewatkan. Oleh karena itu, Anda perlu mencari penginapan yang disekitarnya terdapat banyak fasilitas yang pasti akan memanjakan Anda.

Rekomendasi pertama yang bisa kami hadirkan untuk Anda adalah Bali Sweet Home. Berlokasi di Gg II, Delod Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali, 82121. Jarak tempuh menuju pura hanya 18 menit. Harga per malam per kamarnya cukup murah yaitu mulai dari 155.000 rupiah saja. Sangat cocok bagi backpacker yang menikmati pulau dewata ini.

Suasananya menyenangkan, tempatnya bersih dan pelayanannya sangat ramah. Selain itu, fasilitas WiFi juga bisa Anda rasakan di sini. Rekomendasi kedua adalah Hotel Ijo EcoLodge yang memiliki kolam renang. Jarak menuju objek wisata hanya 6 menit saja.

Harga per malam per kamar mulai dari 175.000 rupiah. Terletak di Jalan Raya Pengadangan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. 80351.

Simak juga 25 Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Bali.

Pura Taman Ayun adalah puncak ibadah masyarakat Bali. Suasananya sungguh memikat, jadi sayang untuk dilewatkan. Sangat rugi jika Anda masuk ke Bal namun belum mengunjungi kawasan ini. Kapan Anda akan mengunjungi objek wisata ini?

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button