Tempat Wisata

Gua Pawon: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Ada banyak kawasan wisata alam yang tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari air terjun, gunung, gunung, pantai, hutan lebat, danau hingga lautan. Tidak semua akan berhasil jika diceritakan satu per satu. Di antara sekian banyak tempat wisata yang masing-masing menawarkan potensinya, di Bandung, Jawa Barat terdapat sebuah gua bersejarah yang menyimpan banyak fosil manusia purba, yakni Goa Pawon.

Gua Pawon merupakan gua alam berbentuk situs sejarah kuno di kawasan Bandung Barat. Gua ini merupakan tempat penting bagi masyarakat Sunda karena di sinilah berkumpulnya para tetua suku Sunda. Kerangka manusia purba yang diyakini sebagai nenek moyang masyarakat Sunda juga ditemukan di sini dan masih dipelajari oleh para arkeolog.

Fasilitas di Gua Pawon

Fasilitas yang ada di dalam gua ini masih sangat minim. Hanya ada beberapa warung yang menawarkan makanan. Itupun lokasinya berada di pintu masuk Goa Pawon. Oleh karena itu, bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke gua ini, ada baiknya membawa makanan dan minuman sendiri. Di sini hanya tersedia tempat parkir kendaraan, toilet, dan musala.

Keindahan Gua Pawon

Gua Pawon berada di ketinggian 601 meter di atas permukaan laut. Gua ini memiliki panjang 38 meter dan lebar sekitar 16 meter. Gua Pawon bisa menjadi pilihan tepat bagi pecinta wisata sejarah. Banyak fosil manusia purba yang ditemukan di gua yang tidak terlalu luas ini. Tidak hanya fosil saja yang ditemukan di sini, namun juga berbagai jenis perkakas yang digunakan masyarakat zaman dahulu.

Terdapat juga beberapa artefak buatan zaman dahulu seperti perhiasan, gerobak, spatula, dll. Di dalam gua ini kita bisa melihat bagaimana kehidupan masyarakat zaman dahulu. Mulai dari makan, berburu, tidur dan kehidupan saat itu.

Sesaat sebelum memasuki tepian gua kita disambut oleh kera-kera yang berkeliaran di sepanjang jalan. Terdapat juga anak tangga kayu kecil sebagai anak tangga untuk memasuki tubuh gua. Tenang saja, di dalam gua ini ada petugas yang dengan senang hati membantu pengunjung naik dan turun tangga.

Tepian gua ini relatif besar. Di dalam gua terdapat beberapa ruangan besar. Saat memasuki gua kita disuguhi ribuan kawanan kelelawar yang beterbangan di langit gua

Di ruangan pertama kita dihadapkan pada bau tidak sedap yang berasal dari kotoran kelelawar. Fosil manusia purba yang dilindungi pagar pengaman dapat ditemukan di sudut ruang gua. Penerangan di dalam gua ini tidak terlalu redup karena sinar matahari dapat menembus langit-langit gua. Sehingga pengunjung tidak perlu membawa senter untuk menjelajahi gua ini.

Di kiri atas gua ini terdapat tempat bernama Sumur Bandung. Sebenarnya itu bukanlah air mancur, melainkan sebuah kolam kecil yang cukup dalam dan tentunya berisi air yang dalam.

Berburu foto di Gua Pawon

Tempat terbaik untuk mengambil foto adalah di sisi kiri bawah gua. Di sini terdapat bebatuan besar yang terletak tepat di bawah langit gua. Saat sinar matahari masuk melalui ruang ini, segera ambil foto kami yang sedang berdiri di atas bebatuan. Selain itu, fosil manusia purba dengan segala aktivitasnya akan menjadi aib jika tidak terekam kamera.

Biaya masuk Gua Pawon

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir kendaraan: Rp 5.000 hingga 10.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Gua Pawon

  • Buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 15.30

Akses Lokasi ke Goa Pawon

Lokasi Goa Pawon tercantum di bawah tur Taman batu. ketika kita berkunjung Taman batu lalu sebelum melewati goa yang berada tepat dibawahnya. Gao Pawon terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Dari pusat kota Bandung menuju gua ini memakan waktu 1-2 jam dengan jarak 25 kilometer ke arah barat. Jika menggunakan mobil dan berkendara melalui jalan tol, perjalanan akan memakan waktu kurang dari 1 jam kecuali jika jalanan sedang macet.

Rute trekking dimulai dari Kota Baru Parahyangan. Kemudian terus menuju Cianjur melalui jalanan sempit, padat dan berkelok-kelok. Setelah jalan sempit ini, Gua Pawon bisa terlihat dari jauh. Setelah itu masuk ke gerbang yang bertuliskan “Objek Wisata Guha Pawon”. Dari sini ikuti instruksinya.

Selanjutnya, masuk ke dalam dan terus menyusuri jalan kecil hingga menemukan persimpangan. Sesampainya di persimpangan jalan, belok kanan dan akhirnya sampai di lokasi Gua Pawon.

Tips berlibur ke Goa Pawon

  • Usahakan berkunjung saat cuaca cerah.
  • Bawalah masker karena bau kotoran kelelawar di ruangan pertama gua akan menemani setiap langkah Anda.
  • Hati-hati dengan monyet yang berkeliaran karena terkadang monyet suka memaksakan makanan.
  • Saat berkunjung ke Gua Pawon persiapkan makanan dan minuman secukupnya karena perjalanan akan sedikit melelahkan.
  • Ikuti semua aturan yang ditetapkan pengelola di gua ini.
  • Jangan mencoret-coret dinding gua.
  • Menjamin kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan pengelola.

Jika anda sedang berada di kota bandung, wisata disana tidak boleh anda lewatkan Gua Pawon. Gua ini menyimpan banyak fosil manusia purba beserta artefaknya. Dengan mengunjungi situs bersejarah ini kita bisa mengetahui lebih jauh tentang kehidupan manusia pada zaman dahulu. Tentunya mengunjungi situs kuno akan menjadi pengalaman liburan yang berkesan dan berkesan.

Galeri Foto Gua Pawon

Selamat datang di Gua Pawon
Potret Mulut Gua Pawon
Potret seorang pengunjung di pintu masuk gua

Potret Panjat Tebing di kawasan Gua Pawon
Spot foto di atas batu besar
Masuk ke Gua Pawon
Berburu foto di Gua Pawon

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button