Tempat Wisata

Air Terjun Darungan Probolinggo – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kalianan, Kec. Krucil, Cab.Probolinggo, Jawa Timur; Map: Verifikasi lokasi

Kunjungan akhir pekan ke Air Terjun Darungan adalah pilihan yang tepat. Wisata yang masih memiliki suasana alam di Probolinggo mampu memberikan kesejukan angin. Kesegaran air juga bisa Anda rasakan saat berenang. Ketinggian air dengan bebatuan dan tanaman hijaunya mampu memukau siapa pun.

Wisatawan ditawari tempat untuk bersantai selama berlibur di destinasi populer ini. Suara gemericik air dan kicauan burung di pagi hari sungguh menenangkan. Selain itu, lokasi air terjun juga jauh dari pemukiman penduduk yang sangat padat.

Bagi yang ingin menikmati keindahan dari dekat juga bisa berjalan-jalan. Suatu kawasan yang tampak indah akan membuat semua orang yang berada di dalamnya bahagia. Oleh karena itu, jadikan air terjun ini sebagai rekomendasi liburan jika ingin melihat nuansa alam.

Daya tarik Air Terjun Darungan

Objek wisata Air Terjun DarunganFoto: Google Maps/M Luqman Luqman

1. ketinggian air

Air Terjun Darungan memiliki ketinggian tertentu yang mengarah ke bawah. Mata air yang berasal dari pegunungan memberikan sensasi segar pada air terjun ini. Kalau dilihat lebih dekat, warna airnya sangat jernih karena masih alami. Hal ini membuat para tamu ingin menghabiskan akhir pekan dengan berenang.

2. Suasana yang menyenangkan

Saat berkunjung ke air terjun, pengunjung disuguhi beragam tanaman segar yang tumbuh. Lereng air terjun yang mengalir dilengkapi dengan keindahan bukitnya. Bahkan banyak pepohonan yang mengelilinginya sehingga menciptakan suasana yang sangat menenangkan. Jadi air terjun ini mempunyai tempat yang sejuk, itulah ciri khasnya.

3. Bidang kecantikan

Air terjun yang sering dijadikan tempat relaksasi ini memiliki kawasan yang indah. Ada banyak lokasi menarik yang bisa dijadikan tempat berburu foto. Warna air terjun yang putih jernih berpadu serasi dengan hijau segar terutama di pagi dan sore hari.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun DarunganFoto: Google Maps/M Luqman Luqman

Air terjun Darungan terletak di desa Kalianan, Probolinggo, Jawa Timur. Wisatawan yang belum mengetahui lokasinya bisa melihat-lihat di Google Maps. Wisata air terjun akan muncul dengan pilihan rute yang lebih cepat. Pasti akan banyak kemacetan di jalan utama menuju air terjun ini setiap akhir pekan, baik hari Sabtu maupun Minggu.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dari kota Probolinggo, Anda bisa melewati Jalan Sunan Muria. Kemudian belok menuju Jalan Raya Pantura. Perjalanan menuju objek wisata ini memakan waktu sekitar 1 jam. Lanjutkan ke Jalan Raya Dewi Rengganis. Pengunjung merasakan suasana pedesaan di sepanjang jalan.

Dalam perjalanan menuju air terjun, wisatawan melintasi keindahan kawasan Probolinggo. Selain itu, di setiap sudut jalan raya terlihat papan petunjuk arah menuju lokasi. Tempat rekreasi ini memang mudah untuk dijangkau meski baru pertama kali ke sini. Akses jalan bagus jadi tidak ada keraguan ingin ke sana.

Biaya masuk wisata alam

Air Terjun Darungan menawarkan tarif masuk yang sangat terjangkau. Tamu yang ingin menikmati kesegaran air terjun perlu membeli tiket seharga Rp 3.000 saja per orang. Tarif ini digunakan untuk mengembangkan destinasi agar menjadi lebih baik lagi. Harga tiket yang sama dikenakan untuk pelancong yang datang pada hari kerja atau akhir pekan.

Wisatawan tidak hanya harus membeli tiket masuk saja, namun juga membayar biaya tiket jika menitipkan kendaraan pribadi. Diketahui harganya Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor. Meski tarif parkirnya tidak mahal, namun tak perlu khawatir karena keamanannya terjamin. Lahan terlihat luas dan cocok untuk parkir di dekat konter.

Sebelum Anda datang ke air terjun, pastikan Anda telah menyiapkan perbekalan yang cukup. Di sana terdapat warung dengan harga terjangkau, meski tidak selalu buka setiap hari. Selain itu biayanya juga lebih murah jika wisatawan membawa perlengkapannya sendiri. Oleh karena itu, dengan budget yang sangat terjangkau, datang ke Air Terjun untuk berlibur adalah pilihan yang tepat.

Aktivitas seru di Air Terjun Darungan

Aktivitas Air Terjun DarunganFoto: Google Maps/M Luqman Luqman

1. Berkemah

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Darungan ingin menikmati panorama lebih lama. Hal ini mendorong sebagian orang untuk berkemah di sekitar air terjun karena merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Anda bisa menyiapkan tenda untuk tidur, makanan dan lain-lain. Pada malam hari, pengunjung juga dapat menyalakan api unggun.

2. Bermain air

Kejernihan air terjun yang datang dari ketinggian membuat wisatawan tak mau ketinggalan berenang. Selain itu, Anda juga bisa bermain air di area samping untuk merasakan kesegaran destinasi ini. Namun di sekitar waduk air terjun terdapat bebatuan sehingga perlu berhati-hati. Ajak orang tersayang menikmati air segar dan dingin.

3. Duduk santai

Kegiatan rekreasi banyak dilakukan wisatawan karena Air Terjun Darungan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Pemandangan indah di kawasan tersebut mampu menyegarkan jiwa. Bahkan terdapat gazebo tempat Anda bisa menikmati alam dari dekat. Sehingga siapapun yang ingin bersantai bisa mengunjungi air terjun indah ini.

4. Abadikan momen tersebut

Merekam video dan mengambil foto memang menjadi aktivitas yang paling banyak diminati wisatawan. Air yang mengalir melewati beberapa bebatuan dari ketinggian menjadi latar belakang yang sempurna. Bahkan suasana alamnya terlihat lebih bagus karena terdapat perbukitan dan pepohonan yang rimbun. Jadi Anda bisa berdiri di sekitar tempat yang tersedia di tempat tujuan.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Darungan

Fasilitas Air Terjun DarunganFoto: Google Maps/M Luqman Luqman

Air Terjun Darungan menyediakan fasilitas penunjang yang dapat melengkapi aktivitas pengunjung. Terdapat pendopo dan gubuk-gubuk kecil tempat wisatawan sering beristirahat dan jajan. Tempat ini terbuat dari kayu dan jerami sehingga terlihat sangat estetis. Selain itu, fasilitas ini berada tepat di sebelah air terjun.

Terdapat tempat parkir di pintu masuk yang sangat dekat dengan loket tiket. Kawasan ini mampu menampung lebih dari 30 sepeda dan mobil. Bagi yang senang bermain air atau berenang di air terjun bisa mencuci di toilet umum. Saat menggunakan fasilitas tersebut, wisatawan harus menjaga kebersihan tempatnya.

Jika ingin merayakan ibadah, wisatawan bisa datang ke masjid yang letaknya dekat air terjun. Selain itu wisata air terjun juga menawarkan kesempatan berfoto yang cukup luas. Dari sudut pandang berbeda Anda bisa melihat stand makanan di dalam gubuk-gubuk yang tidak selalu buka setiap hari. Tentu saja semua fasilitas yang ada di sana bisa Anda gunakan asalkan tidak rusak atau kotor.

Demikian penjelasan Wisata Air Terjun Darungan yang sangat istimewa untuk dikunjungi bersama kerabat dekat. Ketinggian air yang menakjubkan membuat destinasi alam ini wajib dikunjungi. Pengunjung bahkan bisa membawa ponsel atau kamera digital untuk mengambil foto. Oleh karena itu, pilihlah air terjun ini sebagai tujuan liburan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button