Tempat Wisata

Intip keindahan Pantai Boom Banyuwangi yang sarat akan nilai sejarah

Pantai Boom salah satu tempat wisata yang menawan dan instagramable di Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini memiliki landmark yaitu Jembatan Spiral, dan merupakan tempat berkumpulnya anak muda.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kab.Banyuwangi, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Boom berada di tengah kota. Dimana keberadaan ini memudahkan pengunjung untuk mengunjungi tempat wisata keren tersebut. Pantai ikonik ini dulunya merupakan pelabuhan yang menghubungkan Jawa dan Bali. Pantai ini dulunya juga menjadi tempat para pedagang singgah.

Pantai Boom sering digunakan untuk menjadi tuan rumah beberapa acara besar. Acara yang sering diadakan di pantai ini adalah festival seni dengan Gandrung Sewu, konser dan acara besar lainnya. Selain itu, pantai ini sangat ramai bahkan di akhir pekan.

Dengan berjalannya waktu, Pantai Boom kini dikelola dan dikembangkan menjadi tempat wisata di Banyuwangi yang semakin keren dan keren. Dimana perbaikan, pengembangan dan pengembangan dilakukan. Atur tempat dan lokasi penjualan agar tertib. Menciptakan taman bermain, tempat perkemahan yang indah dan indah.

Daya Tarik Wisata Pantai Boom

Atraksi Pantai Boom PantaiKredit foto: Facebook Cnn Indonesia

1. Keindahan Pantai Boom

Pasir pantai yang menghiasi pantai ini adalah pasir hitam yang memiliki kemilau indah. Selain cantik, menurut sebagian orang, berjalan tanpa alas kaki di pantai dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Penyakit tulang dan penyakit kulit lainnya disebut sebagai penyakit.

Kawasan pantai seluas 44 hektar ini memiliki ombak yang bersahabat dan aman. Namun, air laut di sekitar pantai ini cukup dalam. Misalnya, beberapa orang yang tidak bisa berenang dengan baik dilarang berenang di pantai.

Yang lebih menakjubkan lagi adalah Anda bisa melihat pemandangan indah pulau Bali dengan Gunung Batur di kejauhan dari Pantai Boom Banyuwangi. Pandangan estetis yang membuat Anda ingin berubah.

2. Panorama Matahari Terbit di Pulau Jawa

Daya tarik utama dan paling terkenal di pantai ini adalah matahari terbit. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang pagi-pagi hanya untuk menikmati sunrise terindah di pantai ini.

Pengunjung berbondong-bondong untuk memotret keindahan matahari terbit di pantai. Di pagi hari Anda tidak hanya bisa menunggu matahari terbit, tetapi juga berjalan-jalan di pantai atau jogging di jalan setapak yang ada di sekitar pantai.

3. Pantai yang penuh dengan nilai sejarah

Objek wisata Pantai Boom BanyuwangiSumber gambar: Google Maps Kresna Duta

Di bagian selatan pantai terdapat makam pahlawan yang menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. Selain keindahan pantainya, ada nilai sejarah yang bisa dipelajari.

Makam itu milik para pahlawan angkatan laut yang pernah gugur sebagai syahid melawan penjajah di Banyuwangi. Dimana makam pahlawan tersebut diberi nama Heldenfriedhof Wisma Raga Laut. Ada pengunjung yang datang berlibur, ada juga yang berkunjung dan berziarah untuk makan.

4. Tugu Inca di area pantai

Tugu tersebut merupakan tugu peringatan yang didirikan untuk memperingati Tragedi Inca. Tragedi Inca adalah kisah nyata yang terjadi pada tahun 1982. Di sana, peserta dari Inkai, atau Institut Karate-Do Indonesia di dekat Pantai Boom, melakukan pemanasan untuk ujian perolehan sabuk yang semula dijadwalkan akan diadakan di gedung PMI Banyuwangi.

Saat laut surut pada sore hari, peserta berencana untuk kembali ke gedung PMI melalui jalan pintas yang akan melintasi muara yang agak dangkal. Namun, di tengah perjalanan, datang ombak yang sangat besar.

Kemudian ombak menggulung 86 peserta latihan Inkai. 26 di antaranya ditemukan tewas. Tragedi naas itu tentu sangat mengerikan sehingga Monumen Inca didirikan untuk mengenang para korban.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket Boom Beach

Alamat Pantai Boom BanyuwangiSumber gambar: Google Maps Kresna Duta

Alamat pantai cantik ini terletak di Kampung Mandar, Banyuwangi, Jawa Timur. Cara menuju pantai ini jika datang dari pertigaan di Banyuwangi, langsung saja menuju Jalan Dr. Sutomo. Begitu sampai di Taman Blambangan Anda akan menemukan pertigaan lalu belok kiri. Kemudian langsung menuju Jalan RA Kartini.

Setelah itu, lurus saja di Jalan Nusantara menuju Jalan Ikan Cucut. Kemudian belok kiri dan lurus, tidak jauh dari jalan Anda akan menemukan Pantai Boom di sebelah kanan Anda.

Objek wisata ini buka mulai pukul enam pagi. Jadi Anda bisa menikmati matahari terbit yang menyambut dunia. Pantai tutup pukul sembilan malam. Anda juga dapat menikmati matahari terbenam sebelum kembali dari pantai.

Biaya masuk ke tempat wisata ini hanya Rp 5000. Parkir dikenakan biaya Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 3000 untuk roda 4.

Selain membayar tiket masuk dan biaya parkir, Anda bisa menyewa beberapa peralatan olahraga air di pantai. Setiap peralatan olahraga memiliki harga sewa yang berbeda-beda.

Namun, jika Anda hanya ingin bersantai di pantai, Anda bisa bersantai di kursi yang disediakan. Anda hanya perlu membayar sewa sekitar 20.000 rupiah per jam untuk bisa duduk santai di kursi dengan payung sebagai tempat berteduh.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Boom

Aktivitas di Boom Pantai BeachSumber gambar: Twitter Azwar Anas_a3

1. Berburu foto estetis di dermaga kapal

Ada dermaga kapal pesiar di dekat pantai. Tempat ini merupakan salah satu spot foto yang paling estetis. Ada sebuah jembatan yang memiliki model dan bentuk yang unik dan menarik.

Bentuk spiral dari kubah jembatan ini menjadi tempat yang selalu digunakan untuk fotografi. Jembatan megah ini memiliki pemandangan yang indah. Pada malam hari, jembatan terlihat lebih mewah. Karena dihiasi dengan kerlap-kerlip lampu yang indah. Ini membuat foto Anda sangat instagramable.

Ada tulisan Boom Banyuwangi di pinggir pantai. Tempat ini juga merupakan spot foto yang bagus. Karena Anda mendapatkan dua pemandangan sekaligus jika Anda berfoto di tempat yang terdapat tulisan nama pantai tersebut, dan pemandangan langsung ke pantai.

2. Naik sepeda keliling pantai

Jika Anda ingin berkeliling pantai tetapi lelah berjalan kaki, Anda bisa menyewa sepeda di tepi pantai. Sepeda yang berderet tersebut disewakan oleh warga sekitar. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 20.000 untuk satu jam.

Lebih seru menikmati pantai dengan bersepeda. Bersepeda di pagi atau sore hari akan memberikan kesan dan perasaan yang indah dan menarik. Anda bisa berjalan-jalan di pantai atau di jogging track yang dirancang khusus untuk berolahraga. Semakin seru saat Anda bersepeda keliling pantai bersama pasangan.

3. Relaksasi seru di pantai

Anda bisa mengajak keluarga untuk bersantai di pantai. Selain mandi dan berenang, Anda bisa mengajak keluarga untuk berwisata bersama. Area rekreasi untuk keluarga direncanakan di dekat tempat parkir di pantai.

Ada beberapa wahana di area rekreasi. Wahana ini bisa dimainkan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Anda dapat menyewa beberapa game untuk dimainkan bersama.

Seperti motorcross yang bisa dimainkan untuk anak-anak. Permainan ini dilengkapi dengan perangkat keamanan dan fairways. Ada jasa sewa perahu yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling Pantai Boom.

Ada bianglala yang bisa dinaiki baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dari ketinggian bianglala Anda dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dan asri. Dan masih banyak lagi permainan menarik yang bisa dimainkan di tempat rekreasi keluarga.

4. Olahraga air

Aktivitas Pantai Boom BanyuwangiKredit foto: Google Maps Ade R. Irawan

Selain mandi, berenang, dan mandi, Anda bisa menemukan banyak aktivitas seru di sekitar Pantai Boom. Ada olahraga air yang menarik, yaitu jet ski, paralayang, paramotor dan berperahu di sekitar pantai.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh pengunjung yang datang ke tempat wisata terkenal ini. Kegiatan seru tersebut dapat menambah keseruan bagi pengunjung.

5. Menunggang kuda di pantai

Rasakan sensasi menunggang kuda di pantai. Anda bisa menyewa kuda dan peralatan keselamatan dengan harga terjangkau di pantai yang indah ini.

Nikmati panorama alam pantai sambil menunggang kuda di pinggir pantai. Anda akan disuguhi pengalaman yang seru dan menarik.

6. perkemahan

Terdapat area Ecopark yang menyediakan lapangan bagi pengunjung yang ingin berkemah. Pengelola pantai menyediakan tempat perkemahan bagi wisatawan yang menginap di area pantai.

Anda juga bisa menyewa perlengkapan camping dan perlengkapan outdoor lainnya. Menghabiskan malam di pantai yang indah ini adalah salah satu kegiatan yang menarik bagi pecinta alam. Sebelum berkemah Anda dapat memberi tahu pengelola pantai agar aman dan nyaman.

Akomodasi murah di sekitar Pantai Booma

Akomodasi Pantai Boom BanyuwangiKredit Foto: Google Maps OYO 90297 Welaran Homestay

1. OYO 90297 Welaran Homestay

Penginapan ini hanya berjarak 325 meter dari Pantai Boom. Anda bisa berjalan kaki ke pantai yang indah ini.

Hanya dengan Rp 156.000 Anda sudah bisa menyewa homestay selama satu malam. Penginapan yang murah dan bagus menawarkan banyak fasilitas yang dapat memuaskan pengunjung.

2. Wisma BRB

Jarak dari penginapan ini ke pantai hanya 342 meter. Jarak dekat dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau bersepeda. Penginapan menerima 64 poin untuk kepuasan pelanggan. Jadi Anda tidak perlu takut untuk memilih penginapan ini untuk bermalam.

Hanya dengan Rp 320.000 kamu sudah bisa menginap di penginapan yang asri dan nyaman ini. Selain karena pelayanan dan fasilitasnya bagus, mereka juga sangat baik.

3. Hotel dan Restoran Selamet

Penginapan yang memiliki restoran ini hanya berjarak 529 meter dari lokasi Pantai Boom. Penginapan dengan resto ini dapat memudahkan pengunjung tidak perlu jauh-jauh jika ingin mencari tempat makan.

Penginapan ini tidak hanya menawarkan restoran terdekat tetapi juga harga yang terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp. 392.000 hanya untuk setiap malam.

Fasilitas yang tersedia di Boom Beach Banyuwangi

Fasilitas Pantai Boom BanyuwangiSumber gambar: Google Maps Kresna Duta

Fasilitas yang ada di sepanjang pantai ini adalah toko-toko yang menawarkan makanan dan minuman. Makanan yang paling populer adalah makanan laut. Kursi berjemur tersedia di pantai. Ada toilet, mushola. Ada juga tempat parkir yang luas.

Di sekitar pantai juga terdapat arena bermain untuk anak-anak dan dewasa. Ada jalur untuk bersepeda dan menunggang kuda. Ada tempat di mana peralatan bermain, peralatan berkemah dan peralatan lainnya bisa disewa. Kawasan wisata yang sangat mendukung dan nyaman.

Kawasan wisata Boom Beach sangat populer di kalangan masyarakat. Selain digunakan sebagai wahana bermain air, pengunjung juga hanya datang untuk olahraga, permainan, dan bersepeda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button