Tempat Wisata

Pantai Tanjung Karang, tempat terbaik menikmati panorama matahari terbenam di Mataram

harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: J L. Sultan Kaharudin, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat; Map: Verifikasi lokasi

Destinasi wisata pantai selalu menawarkan kenyamanan bagi para wisatawannya. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Karang di Lombok, sebuah pantai di kota Mataram di Nusa Tenggara Barat. Keberadaan destinasi bahari yang satu ini masih begitu asing di telinga wisatawan. Belum sepopuler Pantai Senggigi.

Jumlah wisatawan masih bisa dihitung dengan satu tangan. Namun, jangan langsung menyimpulkan bahwa pantai yang jarang dikunjungi itu kurang indah. Ya, di Pantai Tanjung Karang pesona pemandangannya sungguh mempesona. Pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya sudah lama tidak diketahui.

Biasanya wisatawan lokal atau lokal memadati pantai indah ini pada sore hari. Selain bertujuan untuk menghilangkan kepenatan sehari-hari, wisatawan juga ingin menikmati pesona matahari terbenam. Saat sore hari pun cuacanya tidak panas, sehingga Anda bisa menikmatinya dengan camilan dan minuman.

Daya Tarik Pantai Tanjung Karang

Pemandangan Pantai Tanjung KarangFoto oleh Muhammad Azam Zami di Google Maps

✦ Pemandangan perahu nelayan

Penduduk di pesisir pantai sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Maka tak heran bila Anda sudah sampai di pinggir Pantai Tanjung Karang. Anda langsung disambut dengan pemandangan perahu nelayan.

Perahu-perahu berjejer rapi di hamparan pasir hitam yang eksotis. Sore harinya, silih berganti, para nelayan berangkat melaut dengan perahunya. Dan pada pagi harinya perahu-perahu tampak tertata kembali karena para nelayan telah kembali dari melaut.

✦ Terdapat taman bermain anak

Wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga, terutama anak-anak, bisa memanfaatkan kesempatan ini. Ada permainan anak seperti ayunan, perosotan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Anak-anak bisa bermain dengan gembira sehingga tidak bosan atau bosan saat berlibur. Berbagai buku juga tersedia di taman baca. Anda bisa mengajak anak untuk memperluas ilmunya dengan membaca buku di ruang khusus.

✦ Keajaiban matahari terbenam

Pantai Tanjung Karang di Lombok menawarkan pemandangan yang semakin eksotis seiring terbenamnya matahari. Jika penasaran, mampir saja pada sore hari jika cuaca sedang cerah.

Pesona matahari terbenam di pantai cantik ini dijamin akan memanjakan Anda. Bahkan, banyak wisatawan yang tak ingin melewatkan momen keren tersebut begitu saja.

✦ Pemandangan pantai yang luas

Pasir hitamnya yang lembut dan air laut yang jernih membuat pantai ini terlihat indah. Ditambah lagi dengan aktivitas para nelayan yang melaut seolah menimbulkan sensasi berbeda.

Pemandangan perahu nelayan yang terhempas ombak juga akan membuat jantung Anda berdebar kencang. Melayang di laut lepas menantang tingkat adrenalin Anda.

✦ Banyak spot foto

Keberadaan pantai yang strategis dan banyaknya perahu nelayan yang berjejer membuat Pantai Tanjung Karang menjadi backdrop yang keren untuk dijadikan tempat berfoto.

Dengan kamera yang dipersiapkan sebaik mungkin, Anda bisa mengambil foto di berbagai sudut pantai. Jangan lewatkan setiap momen unik yang Anda alami di pantai ini. Bahkan saat pemandangan senja mulai terlihat.

✦ Lokasi strategis

Tanjung Karang terletak di lokasi yang strategis. Tanjung Karang tidak hanya dekat dengan Pantai Senggigi tetapi juga dekat dengan pusat kota yaitu Mataram. Hal ini memudahkan wisatawan untuk berwisata. Tidak memakan waktu lama dan Anda bisa berlibur ke beberapa wisata populer lainnya sekaligus.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Tanjung KarangFoto oleh Muhammad Azam Zami di Google Maps

Pantai Tanjung Karang terletak di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Lebih spesifiknya di Kecamatan Mataram, Desa Pagesangan, di Jalan Sultan Kaharudin.

Hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari pantai indah ini menuju kota Mataram. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke sana dengan menggunakan mobil. Pantai indah ini terletak di sebelah utara Pantai Loang Baloq.

Lebih spesifiknya lokasi destinasi pantai ini berada di Jalan Lingkar Selatan Kecamatan Sekarbela. Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps untuk mempermudah perjalanan menuju lokasi.

Biaya masuk dan jam buka

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tanjung Karang Lombok tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Pasalnya, tidak ada biaya untuk membayar tiket. Wisatawan bisa menikmati pantai-pantai eksotis secara gratis.

Jika membawa kendaraan pribadi, cukup membayar tiket parkir dengan harga yang wajar. Terdapat biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor. Terdapat biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai Tanjung KarangFoto oleh Muhammad Azam Zami di Google Maps

1. Pengejaran Matahari Terbenam

Suasana senja paling dinantikan wisatawan di pantai ini. Bahkan, pengunjung akan terlihat lebih ramai pada sore hari.

Wisatawan berbondong-bondong menikmati pesona matahari terbenam. Perpaduan warna merah dan emas yang diiringi gemerlap permukaan laut dan perlahan terbenamnya matahari seakan menenangkan jiwa, menyegarkan pikiran dan tentunya menimbulkan rasa bahagia.

2. Ambil foto

Rasanya ada yang kurang jika tidak membawa kamera untuk berfoto bersama saat liburan. Anda dapat dengan penuh gaya mengubah beberapa spot foto menarik menjadi lanskap. Misalnya saat mencoba menaiki perahu nelayan yang terparkir rapi di pinggir Pantai Tanjung Karang.

Anda juga bisa membuat siluet matahari terbenam yang keren. Itu semua tergantung kreativitas Anda untuk mendapatkan foto yang keren dan Instagrammable.

3. Kuliner

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata. Ada pula warung-warung yang berjejer rapi di sepanjang pinggir pantai. Para pedagang menyajikan beragam kuliner, mulai dari makanan ringan dan minuman hingga menu dengan olahan seafood yang beragam.

Bagi pecinta seafood tentunya wajib mencoba kuliner khas pantai ini. Menunya biasanya ikan bakar, cumi, udang, kepiting, gurame dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa memesannya dengan harga terjangkau.

4. Bersantai sambil merenungkan pemandangan

Suasana Pantai Tanjung Karang yang jarang dikunjungi wisatawan membuat Anda bisa menikmati pemandangan tanpa gangguan. Anda dapat menikmati udara segar di paviliun. Mengobrol dengan keluarga atau bertemu dengan teman.

Makin seru lagi jika ditemani dengan aneka jajanan atau minuman es krim kelapa muda. Nuansanya akan terlihat lebih sesuai dan berkesan.

5. Mancing di Pantai Tanjung Karang

Bagi wisatawan yang hobi memancing, saat ini Pantai Tanjung Karang di Lombok adalah tempatnya. Banyaknya penduduk setempat yang berprofesi sebagai nelayan memudahkan Anda mencari ikan yang bagus.

Biasanya warga sekitar dan wisatawan melakukan aktivitas memancing di tempat-tempat yang telah disediakan. Air yang tenang di tempat pemancingan ini memudahkan Anda menangkap ikan dengan kail.

6. Naik perahu berkeliling

Pantai cantik ini memiliki persewaan perahu yang bisa digunakan wisatawan untuk menjelajahi pantai. Agar wisatawan tak perlu berani menghadapi gulungan ombak, ada tempat khusus.

7. Berburu cinderamata

Setelah beraktivitas di Pantai Tanjung Karang, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan perjalanan pulang. Tentunya sebelum pulang, carilah sesuatu yang unik dan khas daerah tersebut untuk dijadikan kenang-kenangan. Ya, mencari oleh-oleh. Kegiatan yang satu ini sangat menarik.

Di kawasan Sekarbela terdapat toko-toko yang menjual berbagai oleh-oleh. Seperti perhiasan yang terbuat dari manik-manik khas Lombok. Jarak ke pantai hanya sekitar 1,5 kilometer.

Di wilayah Lombok dikenal sebagai tempat para perajin manik-manik. Harganya juga tidak terlalu mahal. Anda bisa mengeluarkan uang mulai dari Rp 300.000 untuk mendapatkan perhiasan mutiara yang sangat cantik per gramnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Tanjung KarangFoto oleh Dilyanti Maya Putri di Google Maps

1. Tempat parkir

Wisatawan yang membawa kendaraan dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir yang tersedia. Tak perlu khawatir karena tempat parkir di sini cukup luas dan aman.

2. Toilet

Di kawasan Pantai Tanjung Karang terdapat toilet yang dapat digunakan wisatawan sebagai toilet atau tempat berganti pakaian setelah beraktivitas di pantai. Air yang tersedia bersih dan tidak menempel di badan.

3. Masjid

Ketika waktu salat tiba, wisatawan muslim dapat menggunakan fasilitas musala untuk menunaikan salat. Jika tidak ingin antri, Anda bisa membawa perlengkapan salat sendiri.

4. Daerah penangkapan ikan

Selain menikmati indahnya pemandangan pantai, Anda juga bisa memancing di spot-spot yang tersedia. Biasanya Anda bisa menjumpai banyak pemancing lokal maupun wisatawan luar kota yang sibuk menunggu ikan untuk ditangkap.

5. Permainan anak-anak

Fasilitas menarik yang ada di Pantai Tanjung Karang antara lain permainan anak dan taman baca. Anda bisa mengajak anak Anda bermain agar tidak bosan saat berlibur.

6. Paviliun

Anda akan menjumpai pemandangan gazebo yang berada di pinggir pantai. Keberadaan fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk bersantai sambil menyaksikan aktivitas pantai para wisatawan yang lalu lalang.

Itu saja tentang keindahan Pantai Tanjung Karang Kota Mataram. Jika Anda berkesempatan mengunjungi pulau mempesona ini, jangan lupa untuk merencanakan kunjungan ke Tanjung Karang. Meski tak sepopuler pantai lainnya, pesona keindahannya tak perlu diragukan lagi. Jadi tunggu apa lagi?

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button