Tempat Wisata

LABUAN BAJO Perkiraan Biaya dan 5 Kegiatan Terbaik

Labuan Bajo merupakan destinasi wisata Indonesia yang sudah tidak asing lagi di telinga. Popularitasnya tidak hanya dinikmati oleh wisatawan dalam negeri namun juga mancanegara. Tempat wisata ini identik dengan habitat hewan endemik komodo. Selain itu, sumber daya alam lainnya juga tak kalah menarik dan sayang jika dilewatkan.

Perkiraan Biaya Pariwisata di Labuan Bajo

Masuk ke kawasan Labuan Bajo tidak dipungut biaya bagi wisatawan. Dengan kata lain, pengunjung bisa menikmati atraksi ini secara gratis. Namun, ada biaya akomodasi yang berbeda dan berbagai wisata yang ditawarkan.

jenis tiket Harga
Tiket masuk Bebas
tiket kapal mulai dari Rp 60.000
Tiket pesawat mulai dari Rp 1.500.000
Paket wisata mulai dari Rp 1.000.000 per orang

Perkiraan Biaya Liburan ke Labuan Bajo

Baca: 4 Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Labuan Bajo

Aktivitas wisata menarik di Labuan Bajo

Deretan perbukitan di tengah laut Lauban BajoKeindahan kawasan perbukitan di tepi laut yang berwarna biru kehijauan. Foto: Google Maps/Ahmad Hasanela

Labuan Bajo terletak di Pulau Flores di sebelah timur Nusa Tenggara. Destinasi wisata ini awalnya merupakan sebuah desa nelayan kecil. Desa yang juga dikenal dengan nama Labuhanbajo atau Labuan Bajo ini sudah lama banyak dikunjungi wisatawan.

Meningkatnya kunjungan wisatawan membuat destinasi wisata ini semakin ramai dan berkembang. Saat ini Labuhanbajo telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Beragamnya kekayaan alam yang menghiasinya menjadi daya tarik wisata utama. Selain itu, masih ada beragam aktivitas menarik lainnya yang cocok untuk mengisi liburan Anda.

Temui Komodo

seekor komodo di pulau KomodoDi beberapa tempat, wisatawan bisa mengamati komodo dari dekat – Foto: Google Maps/Roy K

Komodo merupakan salah satu hewan zaman dahulu yang masih bertahan. Hewan ini mendiami habitat pulau Komodo dan Rinca yang berada di dekat Labuan Bajo. Karena itulah kota ini menjadi titik awal bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Baca: Tiket dan Objek Wisata TAMAN NASIONAL KOMODO

Wisatawan di sini bisa merasakan langsung aktivitas komodo. Dengan didampingi pemandu khusus, wisatawan dapat mengamati komodo dari jarak yang aman. Kalau bisa, pemandu bisa membantu wisatawan berfoto bersama komodo lho?

Wisatawan bisa mengunjungi salah satu dari dua habitat komodo. Ada Pulau Komodo yang sudah terkenal dengan Taman Nasional Komodo. Selain itu ada pula Pulau Rinca yang tak kalah menawan. Dimanapun tempatnya, wisatawan wajib mengikuti petunjuk pemandu agar aman.

Pemandangan matahari terbenam yang romantis

Pemandangan matahari terbenam yang indah dari Bukit AmeliaBukit Amelia dan bukit lainnya menawarkan berbagai keindahan matahari terbenam – Foto: Google Maps/Justin Larissa

Labuan Bajo juga terkenal dengan pemandangan alamnya. Dari puncak bukit tersaji panorama dari ketinggian yang megah. Laut biru yang mengelilingi kawasan wisata ini menawarkan tempat untuk mengejar keindahan matahari terbenam. Tak heran jika kawasan ini mendapat julukan tersebut Kota matahari terbenam.

Sebut saja Bukit Amelia, Bukit Silvia, dan Bukit Cinta yang tersebar di kawasan wisata ini. Dari puncak bukit ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan sepuasnya matahari terbenam yang mengarah ke laut lepas. Panorama 360 derajat yang romantis menjadikannya sebuah tempat bulan madu yang tidak akan pernah terlupakan.

Baca: BUKIT CINTA Pemandangan Labuan Bajo yang menakjubkan

eksplorasi bawah air

Pengunjung berenang bersama ikan pari di Manta Point, Labuan BajoMenyelam menjadi aktivitas lain yang bisa menjadi pilihan liburan – Foto: Google Maps/Roy K

Puaskah Anda menjelajahi daratan Labuan Bajo? Saatnya mencoba keindahan bawah laut yang eksotis. Tidak sulit jika ingin merencanakan aktivitas menyelam di sini. Ada banyak penyedia wisata bawah air dengan pemandu Menyelam yang bersertifikat. Wisatawan bisa mengagumi keindahan terumbu karang dan bermain dengan makhluk laut.

Baca: MANTA POINT Menyelam Komodo Bersama Ikan Pari

Kenali budaya lokal

Rumah di Wae ReboWisatawan dapat merasakan budaya lokal dengan berwisata ke Wae Rebo dan desa wisata lainnya – Foto: Google Maps/Joes Lelono

Wisata budaya juga ditawarkan di sini bagi Anda yang ingin mencoba hal baru. Tak kalah menariknya, wisatawan bisa mengenal kehidupan warga sekitar. Beberapa desa bahkan sudah dibuka menjadi desa wisata.

Wisatawan bisa bermalam di sini keluarga tamu rumah rumah. Wisatawan mempunyai kesempatan untuk bersosialisasi dan melihat langsung aktivitas sehari-hari penduduk setempat. Sasaran yang umum adalah Wae Rebo. Bentuk rumah adatnya unik dan letaknya yang berada di dataran tinggi masih asri.

Sumber daya alam lainnya

Air terjun di belakang ngaraiSalah satu air terjun tersebut adalah Cunca Wulang – Foto: Google Maps/Kim Thai Quoc

Jika masih belum puas, Labuan Bajo menawarkan banyak kekayaan alam tersembunyi lainnya. Menyimpang dari kawasan pantai dan pulau, terdapat beberapa objek wisata air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Cunca Wulang yang mempesona.

Baca: 9 Aktivitas Wisata Pilihan di Pulau Komodo

Air terjun ini diapit oleh rangkaian dinding ngarai yang kokoh dan alami. Air sungainya jernih sehingga pengunjung bisa berenang leluasa di sini. Apakah kamu tidak suka berenang? Bersantai sambil menikmati suara air terjun bisa menjadi kegiatan yang menenangkan.

Objek wisata alam lainnya yang tak kalah menarik adalah Gua Batu Cermin. Dinding gua penuh dengan fosil hewan laut dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Wisatawan bisa melihat bukti nyata perubahan geografis di gua ini. Tahukah Anda kalau dulunya kawasan Labuan Bajo berada di bawah air?

Fasilitas Labuan Bajo

Sebagai destinasi wisata utama di Indonesia, Labuan Bajo memiliki fasilitas yang lengkap. Berbagai pilihan akomodasi tersedia di sini, mulai dari yang terjangkau hingga yang premium. Wisatawan dapat berlibur secara mandiri atau mengikuti paket wisata. Paket perjalanan yang tersedia juga menawarkan berbagai jenis kegiatan liburan.

Lokasi dan akses ke Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan sebuah kawasan di bagian paling barat Pulau Flores. Lebih spesifiknya, kota Labuan Bajo terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Destinasi wisata ini dapat dicapai dengan angkutan umum dari Jakarta, Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Barat.

Dapat dicapai dengan feri atau pesawat. Pelabuhan penyeberangan dibuka untuk keberangkatan dari Bima (NTB), Denpasar (Bali) dan Sulawesi. Penerbangan ke Labuan Bajo bisa dipesan dari Bali atau Jakarta.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button