Tempat Wisata

Harga tiket dan objek wisata PLANETARIUM Jakarta

Planetarium Jakarta Biaya masuk: 5.000 hingga 12.000 Rp. Jam buka: Pukul 08.00 – 15.00 WIB. Nomor telepon: 021-2305146. Alamat/Lokasi : Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10330

Wisata bertema khusus agak sulit ditemukan, terutama yang berkaitan dengan astrologi dan luar angkasa. Karena di Jakarta sendiri pengunjung bisa datang Planetarium Jakarta yang terletak di Taman Ismail Marzuki.

Planetarium Jakarta merupakan tempat simulasi bintang dan benda langit. Pendiriannya sendiri merupakan ide langsung dari Presiden Soekarno. Dengan dibantu para ahli astronomi dari Institut Teknologi Bandung, pembangunan planetarium ini dimulai pada tahun 1964. Kemudian diresmikan pada tahun 1968.

Biaya masuk Planetarium Jakarta

Hingga ada informasi resmi dari pihak planetarium, pertunjukan di planetarium dan teater bintang masih ditutup sementara. Sementara itu, harga tiket akan diperbarui segera setelah informasi tersedia dari planetarium.

Pengunjung yang datang ke tempat ini dan ingin melihat berbagai bintang dan objek wisata harus membayar tiket masuk. Namun jangan khawatir, harga tiket masuk Planetarium Jakarta masih cukup terjangkau yakni Rp 5.000 hingga 12.000.

jenis tiket Harga tiket
Tiket Masuk Star Theater untuk Pelajar/Non Pelajar (Khusus Rombongan) Rp 5.000 / Rp 12.000
Tiket perorangan untuk SD/SMP dan dewasa 7.000 / Rp 12.000

Biaya masuk Planetarium Jakarta

Baca: Harga dan Keunikan Menu Tugu Kunstkring Paleis Jakarta

  • Sehubungan dengan adanya revitalisasi Taman Ismail Marzuki, tiket rombongan pertunjukan Teater Bintang belum bisa dipesan. Hanya peta umum yang tersedia.
  • Tiket grup berlaku untuk grup berjumlah 100 orang atau lebih.

jam buka

Pengunjung planetarium bisa datang pagi-pagi sekali. Planetarium Jakarta buka setiap hari kecuali Senin mulai pukul 08.00 hingga 15.00.

Atraksi dan atraksi Planetarium Jakarta

Interior ruang planetarium JakartaPlanetarium Jakarta menawarkan wisata luar angkasa unik yang memperluas wawasan pengunjung. Foto: AR Sugeng Riyadi

Planetarium Jakarta menawarkan berbagai atraksi untuk memberikan pengetahuan tentang astrologi dan benda langit. Disajikan secara menarik sehingga tidak membosankan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Planetarium Teater Bintang Jakarta

Wahana teater Bintang inilah yang paling diminati pengunjung. Ruangannya luas dan memiliki tempat duduk seolah-olah pertunjukan berlangsung di gedung bioskop. Meskipun langit-langitnya berbentuk kubah besar yang berfungsi sebagai layar, namun sekilas terlihat seperti surga.

Kemudian muncul pemandangan langit malam di layar dengan segala kondisi dan situasi. Misalnya saja terbentuknya tata surya, gerhana matahari dan bulan, sejarah kehidupan bintang-bintang serta keadaan tata surya dan segala isinya seperti galaksi, matahari, planet dan bulan. Disajikan dengan sangat apik selama sekitar 50-60 menit pertunjukan.

Pertunjukan teater bintang Ruang audio visual digunakan untuk pemutaran pertunjukan teater bintang

Namun jangan lupa: Jika Anda datang sendiri atau tidak bersama rombongan besar, Anda bisa menikmati Teater Bintang hanya di akhir pekan pada dua tanggal yaitu pukul 10 pagi dan 14 siang. Pertunjukan teater kini hanya berlangsung pada hari kerja (Selasa – Jumat) untuk kunjungan rombongan besar.

Baca: Tiket Masuk JAKARTA AQUARIUM dan 9 Objek Wisata Seru

2. Teleskop observatorium

Kalau bicara tentang langit dan bintang, ia juga berkaitan erat dengan teleskop. Ada berbagai jenis teleskop di Planetarium Jakarta. Ada Teleskop ASKO yaitu teleskop pemantul yang menggunakan cermin dengan diameter 31 cm. Teleskop ini banyak digunakan untuk keperluan penelitian termasuk penentuan Idul Fitri.

kegiatan mengamati benda-benda langitTeropong digunakan untuk melihat benda langit dari jarak yang lebih jauh.

ada juga Teleskop Takahashi Ini adalah teleskop reflektor Newton dengan diameter 16 cm. Namun, masih ada lagi Teleskop Coude Ini adalah teleskop reflektor dengan diameter 15 cm dan sebuah lensa.

Selain 3 jenis teleskop tersebut, masih ada sekitar 10 teleskop lainnya yang berbentuk teleskop portabel yang dapat dilipat. Teleskop jenis ini paling umum digunakan karena mudah dipindahkan tergantung lokasi pengamatan.

Baca: Tiket Masuk SEAWORLD Ancol dan 9 Kegiatan Serunya

Apabila ada fenomena astronomi yang sedang terjadi, ruang astronomi ini biasanya dibuka untuk umum, sehingga pengunjung juga dapat mengamati fenomena alam tersebut secara langsung dengan teleskop.

Namun ada juga jadwal observasi rutin yang biasanya dilakukan pada bulan-bulan tertentu. Sementara itu, Anda bisa mengecek sendiri jadwalnya di lokasi. Tontonan ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

3. Ruang Pameran

Balai Pameran Planetarium JakartaRuang pameran dengan miniatur dan informasi tentang ruang. Foto: Rani Syafrila

Anda juga dapat mengunjungi ruang pameran yang memamerkan berbagai perangkat pengamatan astronomi, gambar benda langit dengan informasi lengkap, pakaian astronot, dan koleksi pecahan batuan meteor.

Fasilitas Penunjang

Karena merupakan tempat wisata umum, fasilitasnya memadai. Tempat parkirnya cukup luas, bahkan untuk bus kunjungan rombongan. Toilet bersih juga tersedia.

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung terutama saat harus menunggu pemutaran film di bioskop, tersedia juga ruang tunggu yang dilengkapi dengan layar yang menayangkan film-film yang berkaitan dengan astronomi. Seluruh area ruangan ber-AC, menjaga kenyamanan bahkan saat kunjungan sibuk.

Baca: Tiket Masuk Dufan Ancol dan 12 Wahana Top

Lokasi Platerium Jakarta

Planetarium ini terletak di Taman Ismail Mazuki Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330. Untuk informasi lebih lanjut dan menghubungi silahkan hubungi (021) 2305146.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button