Tempat Wisata

Biaya Masuk dan Perjalanan DUSUN SEMILIR September 2023

Dusun Semir Biaya masuk: 30.000 hingga 95.000 Rp. Jam buka: 09.00-18.00 WIB. Nomor telepon: +62 811 2747 724. Alamat/Lokasi : Jl. Soekarno – Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50661

Nama saat ini Dusun Semir sering terdengar di telinga para pemburu wisata. Kawasan wisata yang tergolong baru ini terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya bukan di pusat kota, melainkan di kawasan pegunungan yang sejuk.

Ini sangat menarik karena menggabungkan beberapa tur di satu area pada waktu yang bersamaan. Sehingga pengunjung dapat menikmati beragam aktivitas rekreasi di sini. Sedangkan kawasannya dihiasi dengan berbagai dekorasi dan arsitektur yang tidak biasa. Tak ada salahnya berwisata ke Dusun Semilir untuk memberikan kesan wisata yang berkesan.

Harga tiket Dusun Semilir

Seperti tempat wisata pada umumnya, Dusun Semilir memungut biaya masuk. Namun jangan khawatir karena harga tiketnya cukup terjangkau, mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 95.000.

Selain itu, ada promosi harga tiket berbagai perjalanan setiap bulannya. Pengunjung kini mendapat kartu tap khusus untuk bertransaksi di kawasan wisata. Kartu ini dapat dikembalikan secara tunai jika tidak digunakan.

jenis tiket Harga tiket hari kerja/akhir pekan
Tiket masuk 30.000Rp / 40.000Rp
Tiket masuk paket murah 55.000Rp / 65.000Rp
Tiket masuk ke Snow Pahe 80.000Rp / 95.000Rp

Harga tiket Dusun Semilir

Baca: Tiket Masuk dan Wahana ELING BENING Semarang

Informasi yang perlu diketahui pengunjung:

  • Masker harus digunakan.
  • Pengunjung yang membawa bayi dan tidak bisa berjalan tetap mendapat tiket masuk gratis.
  • Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar.

jam buka

Dusun Semilir buka setiap hari mulai siang hingga malam hari. Meski buka hingga sore hari, namun ada jam tutup yang harus dipatuhi.

Hari jam operasional
Senin Jum’at 09.00 – 18.00 WIB
Sabtu, Minggu dan hari libur nasional 08.00 – 19.00 WIB

Jam buka Dusun Semilir

Wahana Warna-warni Dusun Semilir

Bangunan mirip stupa ini menjadi simbol utama Dusun SemilirBangunan dengan arsitektur unik ini berbentuk stupa candi.

Dusun Semilir merupakan kawasan wisata keluarga di kawasan Bawen. Taman hiburan ini pada dasarnya memadukan suasana alam pedesaan dengan pariwisata kontemporer. Tak ketinggalan: arsitektur bangunan dan desain interior menjadi ciri khas objek wisata baru ini. Hal ini tercermin dari banyaknya unsur tradisional yang dipadukan dengan suasana modern.

Sementara itu, aktivitas wisata di Dusun Semilir tidak sebatas rekreasi belaka. Kawasan ini juga menawarkan wisata edukasi dan relaksasi akhir pekan. Selalu ada pilihan untuk semua jenis wisatawan. Berikut wisata yang tersedia di Dusun Semilir:

Baca: Tiket Masuk SALOKA PARK Semarang dan 7 Wahana Seru

wahana

Seluncuran warna-warni di wahana ProsotanSeluncuran warna-warni di wahana Prosotan

Dusun Semilir menawarkan berbagai permainan dan hiburan menarik. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun bisa mengikuti berbagai wahana seru. Pertama, coba saja perosotan yang menawarkan ketinggian awal 30 meter. Dengan panjang minimal 150 meter. Pengunjung akan merasakan sensasi meluncur yang dijamin seru.

Selain itu ada juga wahana Banyu Biru yang memiliki kolam renang terbuka untuk berenang dan berenang Selang. Sedangkan wisatawan bisa menikmati fitur air di sini sambil menikmati segarnya udara pegunungan. Selain itu, ada juga aktivitas berkeliling dengan kereta wisata, trem, dan gondola yang tak kalah menarik. Pengunjung juga bisa berkeliling dengan sepeda jika ingin beraktivitas fisik.

Wahana lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Omah Suwung. Omah Suwung merupakan rumah hantu yang memberikan pengalaman seru dan menghibur saat bermain game. Ada wahana untuk anak-anak Tiup dan Omah Dolanan. Merupakan wahana yang menawarkan berbagai permainan yang melatih gerak motorik anak.

Baca: Kota Lama Semarang, Wisata Era Kolonial

Tumbuhan dan Hewan

Alun TIRTA menjadi tenangTempat tirta santai

Berikutnya adalah wisata flora dan fauna. Di taman ini terdapat Taman Truwelu dengan koleksi kelinci-kelinci lucu. Di taman kelinci, pengunjung bisa memberikan wortel kepada kelinci dengan menggunakan pancing.

Lalu ada Taman Alas Tirta yang menjadi rumah bagi koleksi satwa lainnya. Beberapa hewan yang ditemukan di sini adalah berang-berang, koi, dan hiu. Selain itu, ada kawasan Alas Angon dengan koleksi satwa uniknya. Lalu ada Kandangan, sangkar burung raksasa berbentuk unik.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI Semarang: Tiket Masuk dan Berbagai Kegiatan

tempat foto

Sebuah gondola melintasi sungai di kawasan Alun EropaSebuah gondola melintasi sungai di kawasan Alun Eropa

Dusun Semilir memang kerap menjadi viral karena spot-spotnya yang dirancang dengan indah. Ya, mulai dari arsitektur hingga dekorasinya memiliki desain istimewa yang tak main-main. Setiap wahana dan setiap tempat wisata menawarkan suasana yang berbeda-beda.

Misalnya saja Alun Eropa, salah satu lokasi ikonik di Dusun Semilir. Kawasan ini memadukan gaya arsitektur Venesia, Maroko, Yunani, dan pedesaan Prancis. Selain itu, terdapat sungai kecil di tengah tempat gondola berada. Warna-warna di area ini bersinarInstagramable‘ menarik banyak perhatian, terutama di kalangan kekasih Selfie.

Spot fotonya sendiri kini tersebar di seluruh kawasan. Misalnya saja kawasan Alas Tirta dengan instalasi berbagai bentuk di tengah taman. Ada pula kawasan Jalan Kenangan yang dihiasi dekorasi warna-warni yang meriah. Masih banyak juga spot foto lainnya di objek wisata ini.

Baca: Tiket Masuk TAMAN BUNGA CELOSIA dan 6 Spot Selfie Keren

Perjalanan belanja

Berkunjung ke Dusun Semilir belum lengkap rasanya tanpa berbelanja oleh-oleh. Ada lusinan di sini penyewa Suvenir tersebar di seluruh area. Sedangkan pusat oleh-oleh terlengkap ada di bagian “Warisan Budaya Indonesia dan Jajanan Indonesia”. Letaknya di sayap barat dan timur stupa.

Pengunjung dapat membeli berbagai jenis oleh-oleh khas Jawa Tengah maupun luar daerah. Jenisnya berkisar dari makanan, kerajinan tangan, hingga pakaian. Ada toko suvenir di daerah lain selain di sini. Salah satunya di sepanjang Jalan Kenangan dan Jembatan Senggol.

Baca: Tiket Masuk AYANAZ GEDONGSONGO dan Spot Selfie Unik

Wisata kuliner

Berbagai pilihan menu di Sepoi Sepoi FoodcourtBerbagai pilihan menu di Sepoi Sepoi Foodcourt

Jangan takut kelaparan saat bekerja di Dusun Semilir. Karena terdapat berbagai restoran dengan menu utama yang berbeda pula. Di sekitar taman terdapat Restoran Gunungan dengan berbagai macam masakan. Kini terdapat restoran Eropa di kawasan Alun Eropa yang menyajikan menu-menu dari benua albino.

Namun jika tidak ingin makan berat, antri saja penyewa Makanan ringan bisa menjadi pilihan. Semuanya bisa ditemukan di kawasan Sepoi Sepoi Foodcourt dan di Jembatan Senggol. Sedangkan Owl Café menawarkan suasana kuliner dengan panorama alam.

Baca: 40 Tempat Wisata Terbaik di Semarang

Fasilitas Dusun Semilir

Dusun Semilir memiliki sejumlah fasilitas pendukung yang memadai. Tempat parkir yang luas mampu menampung banyak kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus. Terdapat juga masjid dan musala yang mudah ditemukan di seluruh area.

Kawasan wisata ini juga memberikan perhatian terhadap penyandang disabilitas dengan menyediakan toilet khusus dan kursi roda. Ada juga area merokok, ATM, dan klinik. Tersedia juga ruang menyusui untuk memudahkan pengunjung yang sedang menyusui.

Lokasi dan akses menuju Dusun Semilir

Taman rekreasi bertema ini terletak di Jalan Soekarno Hatta No. 49, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk menuju lokasi, Anda bisa menggunakan jalan tol Semarang. Sedangkan waktu tempuh dari Kota Semarang sekitar 40 menit. Untuk pemesanan atau informasi lebih lanjut hubungi +62 811 2747 724.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button