Tempat Wisata

Harga tiket dan aktivitas ORCHID FOREST CIKOLE September 2023

Anggrek Hutan Cikole Lembang Biaya masuk: 40.000 hingga Rp 100.000. Jam buka: 09.00-18.00 WIB. Nomor telepon: (022) 27612816 / 0811 222 1284. Alamat/Lokasi: Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391

Anggrek hutan Cikole lembang didirikan pada bulan Agustus 2017. Tempat ini merupakan taman anggrek terbesar di Indonesia. Terletak di tengah kawasan hutan lindung dan luasnya lebih dari 12 hektar. Setidaknya 157 spesies anggrek berbeda ditanam di sini.

Orchid Forest Cikole Bandung fokus pada pengenalan dan budidaya berbagai tanaman anggrek. Menggunakan metode lokal dan internasional.

Jenis anggrek tidak hanya berasal dari Indonesia, negara terbesar kedua dengan varietas anggrek terbanyak. Tanaman anggrek yang ada di hutan anggrek juga berasal dari negara lain seperti Venezuela, Argentina, Filipina, Peru dan Amerika Serikat.

Biaya masuk Orchid Forest Cikole Lembang

Untuk memasuki hutan anggrek, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk yang relatif murah. Harga tiket masuk Orchid Forest Lembang mulai dari Rp 40.000.

jenis tiket Harga tiket hari kerja/akhir pekan
Beli tiket secara online Rp 56.750
Tiket masuk domestik reguler Rp 40.000
Tiket masuk internasional reguler Rp 100.000
Asuransi LHI Perhutani Rp 7.500 / Rp 10.000
Kisaran harga wahana: Putt – Putt Golf, Wood Bridge, Orchid Castle, Horse Ranch 10.000 – Rp 50.000

Biaya masuk hutan anggrek Cikole

Syarat dan ketentuan umum mengunjungi hutan anggrek:

  1. Untuk semua transaksi di area Orchid, hanya pembayaran non-tunai (kartu debit dan kredit dari semua bank) yang dapat dilakukan.
  2. Harga tiket reguler belum termasuk asuransi Perhutani.
  3. Mobil antar-jemput tersedia gratis untuk mengantar pengunjung kembali ke tempat parkir A/B.
  4. Harga tiket masuk reguler sudah termasuk akses gratis ke rumah anggrek, hutan kelinci, dan antar-jemput.
  5. Usia 3 tahun ke atas wajib memiliki tiket masuk.

Baca: Tiket Masuk Dago Dream Park Bandung dan Aktivitas Serunya

Jam buka hutan anggrek

Orchid Forest Cikole Bandung buka setiap hari dari pagi hingga malam hari. Senin – Jumat, buka mulai pukul 09.00 hingga 18.00. Sebaliknya, pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu, buka lebih awal mulai pukul 08:00 hingga 19:00. Di akhir pekan, pengunjung bisa menikmati suasana malam dengan berbagai lampu hias.

Orchid Forest Bandung memiliki semuanya

Salah satu yang paling mencolok dari tempat wisata ini adalah koleksi anggreknya. Anggrek langka yang sulit ditemukan seperti anggrek hitam atau Coelogyne pandurata, anggrek kantong semar atau Paphiopedilum Glaucophyllum dan juga spesies Paraphalaenopsis Laycocky juga ditampilkan di sini.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan aneka bunga anggrek, namun juga keindahan deretan pohon pinus serta udara yang luar biasa sejuk. Anggrek tumbuh dengan baik pada suhu dingin ini.

Baca: 49 Tempat Wisata di Bandung Terlengkap

Selain itu, tempat wisata di Bandung ini menawarkan berbagai wahana, atraksi, dan aktivitas yang bisa dinikmati wisatawan. Tidak peduli apakah itu permainan atau pertunjukan. Berikut beberapa hal yang menjadi daya tarik di Orchid Forest Cikole Bandung.

1. Jembatan kayu

Suasana Orchid Forest Bandung di malam hariSuasana hutan anggrek bandung di malam hari. Foto: instagram.com/orchidforestcikole

Jembatan bergoyang ini terbuat dari kayu dan tali berwarna putih. Jembatan ini membentang sekitar 50 meter. Pada malam hari, lampu di tempat ini menyala secara otomatis karena telah dipasang sensor cahaya. Seketika suasana di tempat ini menjadi semakin romantis.

Untuk menaiki jembatan ini, wisatawan harus membayar Rp 20.000 per orang. (Harga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan Orchid Forest Cikole Bandung.)

Baca: Trans Studio Bandung: Tiket Masuk, Wahana Seru dan Studio

2. Kegiatan keluar

Tak lengkap rasanya jika wisatawan tidak mencoba aktivitas outbound di tempat keren seperti ini. Lokasinya menarik karena berada di ruang terbuka hijau. Ada beberapa wahana yang tersedia yaitu wahana flying fox, airsoft gun, lapangan tali tinggi, panahan dan lain-lain yang bisa menjadi salah satu cara untuk menguji keberanian anda.

3. Taman Cahaya

Selama berada di tempat wisata ini, kurang lengkap rasanya bila para wisatawan tidak mengabadikan momen saat berjalan-jalan. Di tempat ini terdapat spot foto menarik yang akan memanjakan mata Anda.

Beberapa di antaranya adalah panggung terbuka, rumah pohon, dan rumah kelinci. Di sini wisatawan bisa mengabadikan momen perjalanannya dengan kamera kesayangannya.

Baca: Tiket Masuk Cikao Park Purwakarta dan 6 Aktivitas Wisata Air

4. Camping Anggrek Hutan Cikole

Taman Romantis Hutan Anggrek BandungKawasan hutan anggrek begitu romantis dan menawarkan pencahayaan yang sangat baik.

Perkemahan ditutup selama masa normal baru.

Selain itu bagi yang ingin menginap di Orchid Forest Bandung bisa berkemah di lokasi perkemahan. Wisatawan bisa merasakan serunya berkemah outdoor di tempat ini.

Sedangkan biayanya cukup terjangkau mulai dari Rp450.000 untuk empat orang dan Rp950.000 untuk 9 orang per malam. Biaya ini sudah termasuk biaya sarapan pagi, api unggun dan jagung bakar.

Baca: Rekomendasi 10+ Tempat Wisata di Lembang

5. Belanja dan saran

Tanaman Anggrek Hutan Anggrek BandungBerbagai jenis tanaman anggrek juga bisa dilihat di taman ini.

Anda juga bisa menikmati keindahan bunga anggrek dan pohon pinus. Wisatawan dapat membeli bunga anggrek yang tersedia. Namun jangan heran jika wisatawan harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkannya.

Selain menjual bunga anggrek, wisatawan yang menanam anggrek di rumah juga bisa mendapatkan saran. Misalnya tentang perawatan bunga anggrek yang benar hingga masalah anggrek yang sakit atau tidak berkembang dengan baik.

6. Perjalanan lainnya

Tak kalah menarik dari wahana dan fasilitas yang ada di tempat ini, terdapat rumah kaca berbentuk kubah dan spot foto dimana wisatawan bisa memberi makan kelinci secara langsung. Bagi yang suka olah raga, tersedia tempat tenis meja.

Fasilitas Hutan Anggrek Cikole

Fasilitas restoran dengan menu berbedaBerbagai fasilitas penunjang seperti restoran juga tersedia di Orchid Forest Cikole. Foto: Nikolai Sergeev/Google Maps

Bagi wisatawan yang tidak suka berjalan-jalan di tengah hutan anggrek yang luas, Orchid Forest Cikole menyediakan mobil golf. Mobil golf ini membawa pengunjung ke tempat-tempat indah yang ada di sini.

Soal biaya, jangan khawatir. Wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan apapun alias perjalanan gratis.

Fasilitas lainnya adalah plaza yang terdapat kursi-kursi dengan tangga kayu yang membentuk panggung tribun. Tempat ini juga bisa digunakan sebagai tempat pertunjukan musik dan acara bertema alam lainnya. Tempat ini disebut Teras Paphio.

Baca: Grafik Tiket Masuk Cikole dan Berbagai Aktivitas Wisata Seru

Untuk semakin menambah kenyamanan pengunjung, Orchid Forest Cikole juga menyediakan kafe. Pengunjung bisa menikmati beragam makanan tanpa takut kelaparan. Kini tersedia lahan parkir yang memadai bagi mereka yang membawa kendaraan.

Pengunjung juga bisa bermalam di Bandung Orchid Forest. Dengan menyewakan fasilitas tanah yang tersedia di taman anggrek ini.

Transportasi umum menuju Hutan Anggrek Cikole

Untuk mencapai taman ini, wisatawan dapat menggunakan angkutan umum. Angkutan umum yang bisa digunakan adalah Angkot Ciroyom-Lembang dan berhenti di Jalan Panorama.

Sayangnya, mulai saat ini, tidak ada lagi angkutan umum yang dapat mencapai tujuan tersebut. Wisatawan harus bersiap berjalan kaki sekitar 3 km menuju Jalan Tangkuban Perahu. Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan transportasi tradisional, baik secara langsung maupun melalui aplikasi ponsel.

Alternatif lain adalah naik angkutan umum St.hall – Lembang dan turun di pertigaan Lembang, Maribaya, Tangkuban Perahu. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan Angkot jurusan Lembang-Cikole.

Namun lagi-lagi wisatawan harus tetap berjalan kaki atau membayar lebih jika ingin diantar ke tempat tujuan dengan bernegosiasi dengan sopir angkot.

Baca: Tiket Masuk Pecinan Bandung dan Berbagai Tempat Wisata Menarik

Alamat dan Lokasi Hutan Anggrek Cikole Lembang

Orchid Forest Bandung terletak di Orchid Forest Cikole, Genteng, Cikole, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 kilometer dari kota Bandung.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button