Tempat Wisata

Air Terjun Selendang Arum : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Lokasi

Sebagai salah satu kabupaten terbesar di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata menarik, Banyuwangi sepertinya tidak pernah berhenti mencari tempat-tempat baru yang bisa dijadikan destinasi liburan seru, seperti Air Terjun Selendang Arum ini.

Air Terjun Selendang Arum terletak di Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dinilai warga lebih indah dibandingkan Air Terjun Lider yang juga terletak di kawasan yang sama. Pasalnya, aliran air di sepanjang dinding batu Selendang Arum yang berkilau saat disinari matahari memberikan nuansa indah yang sedikit magis.

Objek wisata ini masih terbilang baru dan sebelumnya warga sekitar belum mengetahui keberadaan air terjun ini karena ditumbuhi pepohonan lebat, padahal hanya beberapa meter terdapat kebun sayur milik salah satu warga, namun belum ada yang menyadarinya. menyadari hal ini sampai pejabat desa di sana memutuskan untuk memeriksanya. Air Terjun Delik yang letaknya tidak jauh dari Selendang Arum.

Namun salah satu perangkat desa mengatakan Air Terjun Delik masih belum cukup untuk “menjual” dan menjadikannya objek wisata. Akhirnya mereka pindah ke lokasi lain yang menurut warga ada air terjun. Untuk mencapai air terjun tersebut harus menempuh jalur yang lebih sulit dan singkatnya pihak perangkat desa lebih menyukai keindahan air terjun kedua yang akhirnya diberi nama Selendang Arum karena bentuk permukaan batu tempat mengalirnya air menyerupai air terjun. syal. Jalur ke sana telah diperluas untuk memudahkan pengunjung yang ingin mengunjunginya.

Meski sudah dibangun jalan menuju Selendang Arum, namun jalurnya masih jauh dari mulus. Jalannya berkelok-kelok dan banyak bebatuan serta lokasinya agak menurun sehingga perlu berhati-hati dalam melangkah. Namun kabar baiknya, dalam perjalanan menuju air terjun Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan asri mulai dari persawahan setempat, perkebunan sayur mayur, hingga medan berbatu yang dapat menyegarkan pikiran Anda. Cuaca di tempat ini sejuk bahkan pada siang hari karena banyak tanaman dan pepohonan di sekitar desa.

Rasa penat dan penat yang menyelimuti Anda dalam perjalanan menuju Air Terjun Selendang Arum akan langsung hilang begitu Anda akhirnya sampai di tempat tujuan. Pemandangan air terjun yang menerobos permukaan batu dan berakhir di sungai di bawahnya tentu layak untuk dicoba mengingat Anda mungkin tidak akan menemukan air terjun seperti ini di kota Anda.

Fasilitas di Air Terjun Selendang Arum

Karena tempatnya yang cukup sulit dijangkau dan baru ditemukan, sebaiknya jangan berharap banyak menemukan fasilitas pendukung di tempat ini. Hanya beberapa fasilitas yang ada yang terdapat di sekitar rumah penduduk, seperti: B. Parkir kendaraan bermotor, toilet umum jika ingin cuci kaki, dll. Penginapan juga tidak ada. Satu-satunya pilihan yang bisa Anda pilih jika memang membutuhkan tempat untuk bermalam adalah dengan menginap bersama keluarga angkat di rumah warga. Namun jangan khawatir, masyarakat disana sangat ramah dan hangat dalam menyambut wisatawan yang datang. Dan pastikan Anda menghubungi aparat desa setempat terlebih dahulu jika membutuhkan tempat homestay.

Kedepannya, dan seiring dengan semakin populernya objek wisata ini, diharapkan pemerintah setempat dapat lebih memperhatikan fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung. Setidaknya memudahkan akses ke Air Terjun Selendang Arum, sehingga tidak terlalu banyak bebatuan. Karena bila fasilitas itu dibangun kembali, maka akan semakin banyak orang yang datang.

Berburu foto di air terjun Selendang Arum

Pengunjung disini bebas mengambil foto pemandangan yang ditawarkan air terjun Selendang Arum atau desa Sumberarum tempat air terjun ini berada. Meski lokasinya terbilang terpencil, namun Anda berkesempatan merasakan panorama dan sensasi yang berbeda dibandingkan di kota besar yang banyak terdapat gedung-gedung bertingkat, lalu lintas kendaraan bermotor di jalanan dan tentunya polusi udara.

Momen menarik di tempat wisata ini bisa Anda abadikan saat berjuang melewati jalur menuju air terjun yang tidak mudah diakses. Selain itu, pemandangan alam disekitarnya juga bisa menjadi sasaran empuk. Selain itu, jika membawa kamera tahan air, Anda juga bisa berfoto selfie dari jarak dekat dari air terjun atau berfoto bersama teman-teman. Air yang mengalir juga tidak deras, sehingga Anda bisa dengan aman mendekati kawasan air terjun.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Jari Dewa Mengaum, Surga di Kaki Gunung Raung

Akses jalan menuju Air Terjun Selendang Arum

Untuk menuju Air Terjun Selendang Arum anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor atau bisa juga menggunakan jasa ojek. Sayangnya belum ada angkutan umum yang langsung menuju desa ini sehingga perjalanan akan memakan waktu lebih lama. Ada dua alternatif untuk dipilih. Pertama dari Rogojampi – Songgon – Sragi – Sumberarum. Kedua, dari Desa Gendoh – Desa Sragi – Sumberarum, dengan jarak 10 km.

Baik kondisi jalan alternatif pertama maupun alternatif kedua sama-sama baik. Sayangnya jalan yang bagus hanya sampai ke desa Sragi. Kendaraan perlu ekstra hati-hati saat melintasi jalan di desa lain.

Biaya masuk Air Terjun Selendang Arum

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Mengunjungi destinasi wisata Air Terjun Selendang Arum tidak dipungut biaya alias gratis, namun Anda perlu menyiapkan uang untuk biaya parkir kendaraan. (Diperbarui September 2023)

Jam buka Air Terjun Selendang Arum

Tips berlibur di Air Terjun Selendang Arum

  • Siapkan daya tahan prima
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Bawalah makanan dan minuman secukupnya
  • Hati-hati

Galeri foto Air Terjun Selendang Arum

Potret Air Terjun Selendang Arum
Potret pengunjung di bawah air terjun
Akses jalan menuju air terjun
Berburu foto di bawah air terjun
Mandi di bawah air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button