Tempat Wisata

Wisata Waduk Sidodadi Glenmore : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Lokasi

Berbicara mengenai tempat wisata, Banyuwangi sepertinya tidak pernah kekurangan tempat menarik dan indah bagi wisatawan yang mencari pemandangan indah dan mempesona. Tak hanya air terjun atau pantainya yang menarik untuk dikunjungi, Banyuwangi juga memiliki waduk yang juga dijadikan objek wisata.

Waduk Sidodadi Glenmore merupakan sebuah waduk yang berada di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore. Lokasinya berada di kawasan PTPN XII, tepatnya di Afdelling Sidodadi, Perkebunan Kalirejo Glenmore. Meski masih tergolong baru, namun masih banyak pengunjung yang berbondong-bondong ke sini, terutama di akhir pekan dan hari libur.

Pembangunan waduk ini awalnya ditujukan untuk mengairi perkebunan tebu milik PTPN

Bentuk dari waduk ini sendiri juga mempunyai keunikan tersendiri, berbeda dengan waduk lainnya yang mungkin sebagian besar bentuknya simetris, waduk ini mempunyai bentuk yang tidak beraturan sehingga menimbulkan saluran yang melengkung dengan bukit-bukit seperti pulau-pulau kecil ditengahnya.

Di Waduk Sidodadi Glenmore juga terdapat tanaman dan pepohonan yang tumbuh di sekitar waduk dan memberikan pemandangan yang indah dan menyegarkan mata. Meski siang hari di tempat ini cukup panas, namun keberadaan pepohonan tersebut setidaknya memberikan perlindungan bagi pengunjung.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini, mulai dari bersantai menikmati pemandangan waduk dan sekitarnya, hingga menaiki perahu yang disediakan pihak pengelola untuk menjelajahi waduk. Naik quad, balap go-kart, atau bahkan jalan-jalan. penangkapan ikan. Di lokasi ini juga terdapat arena balap yang konon dibangun karena banyak anak muda di kawasan tersebut yang menggemari balap. Oleh karena itu, pengelola Waduk Sidodadi Glenmore berharap keberadaan sirkuit balap resmi dapat menjadi jalan bagi para generasi muda tersebut untuk menyalurkan hobinya di tempat yang lebih aman.

Selain perahu, Anda juga bisa menaiki mainan air berbentuk bebek besar yang harus Anda kayuh untuk mengoperasikannya. Tentunya sangat menyenangkan jika berwisata bersama saudara atau teman yang anda ajak. Harga fitur air ini cukup terjangkau bahkan untuk dompet anak muda.

Bagi yang menyukai sesuatu yang sedikit lebih menantang, ada juga aktivitas lain seperti Flying Fox, dimana tempat pendaratan Anda berakhir di salah satu pulau kecil di tengah waduk. Betapa serunya bukan? Dijamin kamu tidak akan menyesal mampir ke tempat ini saat berkunjung ke banyuwangi.

Fasilitas di Waduk Sidodadi Glenmore

Beruntungnya, tempat ini tidak berhenti menyenangkan para pengunjungnya, terus membangun fasilitas pendukung yang semakin menarik perhatian wisatawan. Beberapa fasilitas di tempat ini yang bisa Anda nikmati antara lain toilet umum, musala, beberapa kantin atau warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau, tempat parkir yang cukup luas, bahkan bus wisata.

Seperti disebutkan di atas, manajemen juga telah menyediakan opsi permainan yang menyenangkan. Jika ingin naik perahu untuk menjelajahi waduk, Anda hanya perlu membayar 3.000 rupiah per orang. Untuk perahu bebek hanya 10.000 per perahu yang bisa diisi oleh dua orang. Tarif Flying Fox sendiri adalah 10.000 per orang, ATV untuk 2 orang dikenakan tarif 50.000 per 2 putaran, sedangkan ATV untuk 2-4 orang dikenakan tarif 60.000 per 2 putaran. Tentunya dibandingkan tempat wisata lainnya, biaya tersebut lebih murah.

Berburu foto di Waduk Sidodadi Glenmore

Jika Anda sedang asyik narsis dengan kamera, sebaiknya santai saja: Tentu saja ada banyak spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah jembatan gantung yang terletak di dekat lokasi pendaratan Flying Fox. Banyak pengunjung yang mengapresiasi lokasi jembatan gantung tersebut untuk berswafoto atau berfoto bersama teman dengan latar belakang waduk yang indah.

Anda juga bisa mengabadikan momen saat Anda berlayar melintasi waduk dengan perahu biasa atau perahu bebek. Tidak hanya seru tentunya, tapi juga bisa menjadi bahan pamer di media sosial apa pun yang Anda punya. Di waduk ini juga terdapat taman bunga yang indah, dan banyak juga pengunjung yang berfoto disana di antara warna-warni bunga, seolah-olah kita sedang berada di area taman yang luas. Jadi jangan lupa membawa kameramu.

Baca Juga: Wisata Pantai Sukamade, Pesona Wisata dan Pengamatan Penyu

Akses jalan menuju Waduk Sidodadi Glenmore

Untuk mencapai objek wisata Waduk Sidodadi tidaklah sulit karena hanya berjarak 2 km dari Jalan Lintas Selatan Banyuwangi-Jember dan satu kawasan dengan Pabrik Gula Glenmore, menjadikan objek wisata ini mudah diakses oleh wisatawan termasuk dari luar. Tempat yang harus dituju adalah banyuwangi karena terdapat rambu jalan yang mengarahkan anda ke lokasi waduk. Anda juga bisa memilih transportasi umum di Banyuwangi seperti angkutan umum atau ojek yang akan mengantarkan Anda langsung menuju Waduk Sidodadi Glenmore.

Biaya masuk Waduk Sidodadi Glenmore

  • Biaya masuk: Rp 5.000 hingga 10.000/orang

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Waduk Sidodadi Glenmore

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Tips berlibur di Waduk Sidodadi Glenmore

  • Jika Anda datang pada siang hari, pastikan untuk mengenakan topi atau kacamata karena sinar matahari cukup terik
  • Siapkan bekal makanan dan minuman untuk menghemat biaya perjalanan
  • Berhati-hatilah saat mengambil foto selfie di jembatan gantung
  • Jangan dibuang
  • Perhatikan anak-anak Anda bermain di sekitar waduk

Galeri foto waduk Sidodadi

Parkir di waduk SidodadiTaman di Waduk Sidodadi
Potret Waduk Sidodadi

Pohon kelapa di pinggir waduk
Fasilitas spot foto
Berkemah di tepi waduk Sidodadi

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button