Tempat Wisata

Makam Bung Karno, Ziarah Peringatan Perjuangan Presiden Soekarno di Blitar

Makam Bung Karno makam presiden pertama republik indonesia soekarno blitar, Jawa Timur. Situs sejarah dan ziarah bergaya arsitektur Jawa menarik untuk dikunjungi untuk memperingati Pertempuran Bung Karno.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 07.00-17.00 WIB, Alamat: JL Ir Soekarno No. 152, bendogerite, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Daerah Jawa Timur memiliki sejuta wisatawan yang tidak akan pernah habis. Salah satu wisata yang terkenal adalah Makam Bung Karno, dimana Makam Khatib banyak dikunjungi wisatawan.

Pengunjung yang datang adalah penduduk lokal, bahkan banyak yang datang dari luar kota. Selain kemungkinan berziarah ke makam Ir. Soekarno, pengunjung dapat memasuki museum yang masih berada di area yang sama dengan makam.

Kawasan makam bersejarah ini telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat, berbagai fasilitas juga tersedia di sudut tempat tersebut. Di sini Anda bisa menemukan berbagai informasi seputar kawasan wisata Bung Karno di Blitar.

Pesona Wisata Sejarah Makam Bung Karno

Pesona Makam Bung KarnoKredit foto: Google Maps De Kadhita

1. Desain yang menarik

Meskipun makam ini umumnya seperti makam dimana terdapat batu nisan Ir. Soekarno dan beberapa bunga duka cita khas. Namun, area pemakaman ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ziarah, tetapi juga sebagai tempat wisata bagi masyarakat.

Oleh karena itu, perhatian lebih diberikan pada bangunan di sekitar pemakaman pada awal pekerjaan konstruksi. Rencana yang matang digagas oleh beberapa insinyur, sehingga menghasilkan kawasan pemakaman yang memiliki desain unik dan menarik.

Gaya desain makam Bung Karno telah dipertimbangkan dengan cermat sejak awal pembangunannya. Saat pertama kali memasuki pintu utama makam, terdapat sebuah gerbang megah yang akan Anda lewati.

Gapura yang melambangkan pintu masuk makam berbentuk pura khas Bali. Hal ini dipilih karena ibu penerbit sendiri berasal dari daerah Bali. Menghargai budaya daerah lain menjadi alasan lain memilih desain ini.

2. Ada Joglo Khas Jogja

Setelah melewati gapura di awal memasuki area makam, pengunjung melihat sebuah joglo lebar yang didirikan di tengah pelataran makam. Bangunan ini bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat setelah lelah berjalan-jalan di sekitar area pemakaman.

Tempat teduh di joglo bisa bikin ngantuk. Bahkan mungkin karena pengunjung secara tidak sadar tertidur lelap karena kenyamanan tempat ini. Banyak juga pengunjung yang menghabiskan makan siangnya di joglo ini sambil beristirahat.

Joglo ini sering dijadikan tempat berkumpulnya pengunjung yang datang secara rombongan. Sebagian besar rombongan wisatawan terdiri dari anak-anak sekolah yang berangkat dalam jumlah banyak.

Pengunjung duduk dengan nyaman di lantai joglo yang terbuat dari batu keramik. Kondisi tanah yang lebih dingin, menjadi keramik, membuat semua orang betah duduk di area tersebut.

3. Gong Perdamaian

Masih di kompleks makam Bung Karno, ada sebuah gong besar di sudutnya. Pengunjung yang ingin berfoto atau melihat dari dekat terlebih dahulu harus menaiki beberapa anak tangga.

Gong dengan diameter sekitar 2,5 meter ini merupakan sumbangan dari salah satu organisasi dunia yang menangani masalah perdamaian. Gambar logo bendera semua negara di dunia memenuhi pinggiran gong.

Kemudian ada simbol-simbol agama yang terdiri dari 10 agama besar. Dengan beberapa desain tersebut, dapat diprediksi bahwa gong ini akan sangat penting dalam menggambarkan perdamaian dunia.

Alamat, Lokasi Rute & Harga Tiket Makam Bung Karno

Alamat makam Bung KarnoKredit foto: Google Maps (MandariCha)

Wisata ziarah ini terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Ir Soekarno, Kecamatan Sananwetan. Ada beberapa rute yang bisa Anda gunakan untuk menuju kawasan wisata bersejarah ini.

Untuk memudahkan pencarian tempat wisata ini, Anda bisa mengandalkan alun-alun Kota Blitar saja. Dari alun-alun Anda berkendara hanya sekitar 2,5 km. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dibutuhkan waktu 15 menit dari alun-alun menuju kompleks makam.

Kemudian jika anda adalah wisatawan yang datang dari luar kota dengan menggunakan transportasi darat. Kompleks pemakaman berjarak sekitar 3 km dari stasiun kereta terdekat. Setelah sampai di stasiun kereta, Anda kemudian dapat melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum.

Berada di tengah perkotaan tentunya akan memudahkan perjalanan para pengunjung yang ingin datang. Bahkan jika Anda membawa kendaraan sendiri untuk sampai ke lokasi, ikuti saja jalan raya yang mengarah ke kompleks pemakaman.

Pengunjung tidak perlu membayar sepeser pun untuk memasuki kawasan Makam Bung Karno. Dengan tiket masuk gratis, semakin banyak pengunjung akan datang untuk berziarah ke makam atau hanya untuk wisata sejarah.

Namun, jika Anda ingin memasuki area museum di kompleks makam, Anda harus membeli tiket masuk. Cukup dengan hanya Rp 3000 per orang, Anda sudah bisa melihat beberapa peninggalan ayah Herald.

Biaya yang relatif murah ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berwisata ke suatu tempat dengan berbagai nilai sejarah. Jika Anda berada di daerah Blitar, sempatkan untuk mengunjungi wisata terkenal di berbagai daerah di Jawa Timur ini.

Kegiatan menarik di Makam Bung Karno

Aktivitas di Makam Bung KarnoSumber gambar: Facebook Dr. Arya Vedakarna

1. Ziarah

Pengunjung yang datang ke kawasan Makam Bung Karno pasti akan melakukan aktivitas yang satu ini. Kegiatan ini wajib bagi pengunjung yang berwisata di area pemakaman. Bahkan banyak pengunjung yang datang dari luar kota.

Batu nisan Soekarno berwarna hitam pekat, pertanda jenazahnya dimakamkan di sana. Para pengunjung ini akan duduk mengelilingi batu nisan, melakukan doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Tak sedikit pengunjung yang ingin berziarah ke makam membawa bunga untuk ditaburkan di atas makam. Disediakan tempat khusus untuk menaburkan bunga di makam agar sisa bunga para pengunjung tidak mencemari tanah di sekitarnya.

Kebersihan area di dekat makam sangat terjaga, Anda tidak akan menemukan satu bunga pun yang jatuh secara tidak sengaja saat seharusnya disemai. Seperti yang Anda ketahui sendiri, menjaga ketenangan dan sopan santun saat mengunjungi kuburan adalah aturan yang harus dipatuhi.

2. Kunjungi museum

Selain ziarah wajib ke makam ini, ada satu bangunan lain yang masih berada di kompleks pemakaman. Sebuah museum untuk memperingati penerbit dibangun di salah satu sisi ruang makan Bung Karno.

Di museum ini, barang-barang bekas milik Soekarno tersimpan rapi dalam kotak kaca berbagai ukuran. Barang-barang pribadi yang sering ia gunakan masih berkualitas baik dan sebagian besar masih utuh.

Dari pakaian sehari-hari Soekarno hingga pakaian sejarah yang digunakan untuk membaca teks proklamasi, Anda dapat menemukannya di museum ini. Ada juga koin tua dengan gambar wajahnya. Nilai nominalnya masih bisa terbaca di uang kertas ini.

Pengunjung dapat melihat peninggalan Soekarno hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 3000. Tentunya harga tiket yang terjangkau ini tidak akan membebani kantong Anda. Dengan harga murah ini Anda sudah bisa berwisata ke tempat-tempat bersejarah.

3. Ambil foto

Kegiatan ini tidak boleh dilupakan ketika mengunjungi suatu kawasan wisata. Apalagi jika pengunjungnya adalah ibu-ibu yang suka mengunggah foto ke media sosial. Saat Anda mengunjungi makam Bung Karno, Anda akan menemukan berbagai tempat untuk berfoto.

Salah satu yang menjadi favorit pengunjung adalah bagian bunga kamboja yang tumbuh di dekat Joglo. Ada berbagai jenis bunga yang ditanam di taman persegi kecil ini. Namun, simbol utamanya adalah bunga kamboja putih.

Tumbuhan yang tumbuh subur di area makam bisa menjadi kesempatan berfoto yang menarik bagi pengunjung yang gemar berfoto. Bunga-bunga mekar ini bisa menjadi latar belakang foto Anda. Untuk hasil yang maksimal, gunakan mode Portrait dengan pencahayaan yang tepat.

4. Membaca buku di perpustakaan

Kegiatan menggali Bung KarnoKredit foto: Google Maps (Evan Ericssen)

Sebelum memasuki makam Bung Karno, Anda akan melewati sebuah gedung perpustakaan yang berada di sisi kanan jalan. Bangunan ini terletak di sebelah kompleks pemakaman yang setiap hari dikunjungi pengunjung.

Nah, jika Anda berada di area Kompleks Pemakaman, luangkan waktu Anda untuk mengunjungi perpustakaan ini. Berbagai buku tersedia di perpustakaan, mulai dari fiksi hingga buku-buku yang berkaitan dengan sains.

Suasana tenang saat memasuki perpustakaan akan menenangkan pikiran Anda. Anda tidak akan menemukan kebisingan dari kendaraan atau keramaian pengunjung lain setelah tinggal di perpustakaan.

5. Tonton film dokumenter

Aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di Makam Bung Karno adalah menonton film dokumenter. Bagi yang ingin melihat sejarah dalam bentuk film ini bisa terlebih dahulu memasuki area museum.

Video dokumenter peristiwa penting dapat ditonton berulang kali jika tidak bosan. Salah satunya adalah film dokumenter sejarah ketika Ir. Soekarno membacakan teks proklamasi. Film dokumenter ini menjadi video yang paling banyak diputar.

Fasilitas yang ada di Makam Bung Karnos Blitar

Makam Bung KarnoSumber Gambar: Google Maps Ericamatasan

Fasilitas yang memadai telah disediakan bagi pengunjung makam Bung Karno. Mulai dari toilet hingga gasebos hingga istirahat bisa Anda temukan di kawasan tersebut.

Taman ini ditumbuhi berbagai jenis tanaman berbunga. Anda dapat meregangkan otot-otot kaki Anda di sekitar Gasbeo sambil memandangi bunga-bunga indah yang bermekaran. Ada juga tempat ibadah bagi umat Islam. Di mana di sudut adalah ruang doa kecil.

Tempat parkir bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi cukup luas. Kendaraan roda empat atau bus juga dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir.

Beberapa fasilitas tersebut akan memberikan kenyamanan lebih bagi para pengunjung yang datang. Rasa nyaman akan muncul karena kebutuhan mereka dipenuhi oleh direktur pemakaman.

Demikian beberapa informasi tentang Makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur. Dengan berbagai fasilitas dan jalur penyimpanan yang mudah ditemukan pengunjung, pariwisata di kawasan kompleks pemakaman ini secara alami akan meningkat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button