Tempat Wisata

Belitung Badevogelstrand – atraksi, kegiatan, lokasi dan harga tiket

Harga tiket: Rp 5.000 Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Burong Mandi, Kec. Damar, Cab.Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Periksa lokasinya

Bangka Belitung memiliki pesona pulau dengan berbagai destinasi liburan menarik dan banyak pantai yang bisa dikunjungi seperti Pantai Burung Mandi. Nama pantai yang unik menjadi ciri khas pantai-pantai di Bangka Belitung. Nama “Pemandian Burung” digunakan karena konon dahulu banyak burung yang mandi di pantai ini.

Kisah nama pantai ini juga karena lokasinya yang dekat dengan Gunung Burung Mandi yang terletak di Desa Burung Mandi. Pantai indah ini sudah terkenal sejak zaman Belanda ketika Belanda mendirikan pusat penerbangan di desa Damar.

Pantai eksotik ini juga banyak masuk dalam paket wisata Bangka Belitung. Julukan yang pengunjung berikan pada pantai ini adalah Ancolnya Belitung. Pasirnya berwarna putih seperti pantai lain di Pulau Belitung. Di pinggir Pantai Burung Mandi terdapat pohon pinus dan kelapa yang menjadi pembatas.

Ditawarkan objek wisata Pantai Pemandian Burung

Atraksi pantai pemandian burungFoto: Google Maps/Heriyanto Rantelino

✦ Pengaturan mabuk di sepanjang pantai

Daya tarik dari pantai indah ini adalah terdapat deretan kucing jantan yang berjejer di sepanjang bibir pantai. Karter sendiri merupakan perahu cadik milik nelayan setempat yang biasa digunakan untuk menangkap ikan. Kucing jantan yang ada di pantai ini berwarna-warni dan memiliki layar dengan desain yang unik.

✦ Latar belakang dengan pemandangan gunung

Pantai Burung Mandi merupakan satu-satunya pantai di Belitung yang menyuguhkan pemandangan gunung di belakangnya yaitu Gunung Anak Krakatau. Dengan latar belakang yang indah ini, hasil jepretan wisata terlihat lebih menarik.

✦ Bak mesin dapat digunakan untuk memancing wisatawan

Perahu nelayan ini merupakan peninggalan dari Geopark yang biasa digunakan para nelayan untuk memancing atau bisa juga disewakan oleh pengunjung untuk memancing. Jenis ikan yang banyak ditemui di pantai indah ini adalah ikan Kerisi.

✦ Gazebo di tepi pantai

Fasilitas berupa pendopo tersedia di pinggir Pantai Burung Mandi. Paviliun ini dapat digunakan pengunjung untuk bersantai, menyimpan barang dan juga sebagai tempat memanggang ikan yang telah ditangkapnya. Ya, daya tarik pantai ini selanjutnya adalah pengunjung bisa memanggang ikan hasil tangkapan sendiri atau nelayan.

✦ Siapkan panggung hiburan

Terdapat pula fasilitas berupa panggung hiburan yang biasa digunakan untuk pertunjukan. Panggung hiburan ini juga dapat dimanfaatkan pengunjung untuk berkumpul atau jalan-jalan bersama rombongan.

✦ Sebelum ke pantai, Anda bisa mampir ke vihara

Lokasi vihara tidak jauh dari pantai, Vihara Buddhayana Dewi Kwan Im masih aktif digunakan sebagai tempat peribadatan umat Buddha hingga saat ini. Keunikan Vihara adalah dibangun di atas batu granit besar.

Vihara atau candi ini merupakan tempat ibadah umat Buddha terbesar dan tertua di Pulau Belitung. Usianya sekitar 300 tahun. Destinasi wisata religi ini unik karena pengunjung yang datang bisa meramal kehidupan.

Alamat dan rute menuju pantai

Pantai pemandian burung menjadi daya tarik tersendiriFoto: Google Maps/Nuke Ayundria

Alamat Pantai Burung Mandi terletak di Kecamatan Damar yang termasuk dalam Kabupaten Belitung Timur Provinsi Bangka-Belitung dengan kode pos 33571. Untuk menuju tempat wisata pantai ini dapat ditempuh melalui jalur darat dari Kota Manggar, ibu kota Kabupaten Belitung Timur, sekitar 20 km atau sekitar 30 menit berkendara.

Jika wisatawan datang dari Tanjung Padang, mereka memerlukan waktu tempuh sekitar 90 menit karena jarak tempuh sekitar 81 km. Jarak dari bandara H.AS Hanandjoeddin sekitar 70 km.

Biaya masuk wisata bahari

Biaya masuk ke pantai cantik ini adalah Rp 5.000 pada hari biasa dan akhir pekan saja. Biaya lain yang harus dibayar pengunjung adalah biaya parkir. Harga tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu, terutama saat musim liburan tiba.

Di masa pandemi seperti ini, manajemen telah melengkapi fasilitas pelayanan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada. Pengunjung wajib mencuci tangan, memakai masker, memeriksa suhu tubuh dan memindai barcode sebelum memasuki objek wisata.

Pantai Burung Mandi buka selama 24 jam sehari, namun tentunya pemandangan alamnya tidak terlihat jelas pada malam hari. Waktu terbaik berkunjung adalah pada pagi dan sore hari saat matahari tidak terlalu terik.

aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru mandi burung di pinggir pantaiFoto: Google Maps/Dwi Andika

1. Menikmati keindahan pantai

Keindahan pantai bisa dinikmati dengan cara yang paling menyenangkan dengan duduk di gazebo atau di pinggir pantai sambil memandangi laut lepas. Dengan bersantai sambil memandangi indahnya laut, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih segar.

2. Bermain air

Bermain air tentu menjadi aktivitas pantai yang menarik. Apalagi pantai birdbath ini memiliki air laut yang indah berwarna biru hingga hijau. Pengunjung bisa berenang di sini. Jika berencana bermain di pantai sebaiknya selalu membawa pakaian ganti, terutama bagi pengunjung yang membawa anak-anak.

Bermain air di pantai ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan antara lain membantu mengatasi penyakit kulit, membantu mengatasi darah tinggi, mendengar suara deburan ombak dapat membuat tidur lebih nyenyak, segarnya udara di tepi pantai dapat meningkatkan imunitas tubuh, memperkuat dan banyak kelebihan lainnya.

3. Bermain dengan pasir

Pasir pantainya berwarna putih, namun berbeda dengan pantai lain di Pulau Belitung yang terbuat dari batu granit. Pasir pantainya bersih dan cerah sekali, cocok untuk berjalan-jalan, membangun istana pasir atau berjemur.

Bermain pasir di Pantai Burung Mandi ternyata baik untuk kesehatan anak. Manfaat bermain pasir antara lain meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, meningkatkan imajinasi, melatih ekspresi linguistik, meningkatkan kreativitas dan memberikan kesempatan belajar angka dan huruf. Jadi jika Anda berwisata bersama anak-anak, Anda tidak perlu takut untuk bermain pasir.

4. Berjemur atau berjemur

Berjemur juga bisa menjadi aktivitas sehat yang dilakukan di pantai. Berjemur artinya berjemur. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini melibatkan berjemur. Manfaat berjemur antara lain sebagai sumber vitamin D yang sangat penting dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Vitamin D digunakan oleh tubuh untuk menyerap kalsium guna memperkuat tulang. Manfaat berjemur berikutnya adalah untuk pengobatan penyakit kulit. Ternyata berjemur juga bisa meningkatkan mood dan mengurangi gejala stres sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik. Waktu terbaik untuk berjemur adalah pagi dan sore hari.

5. Memancing

Anda juga bisa memancing di pantai eksotis ini. Pengunjung dapat menyewa karter milik warga dan digunakan sebagai kendaraan menuju tempat berkumpulnya banyak ikan. Gerobak ini tidak hanya bisa disewa untuk memancing saja, namun juga bagi pengunjung yang memang ingin melaut menggunakan perahu.

Pantai Bird Bath juga menawarkan paket wisata memancing. Paket wisata ini terdiri dari peralatan memancing dan umpan. Dengan paket mancing ini Anda tidak naik Karter, tapi langsung ke pesisir pantai. Jenis ikan yang tersedia adalah Kirong-Kirong dan Bulus.

6. Naik perahu keliling pantai

Selain paket mancing khas warga Burung Mandi, paket wisata selanjutnya yang ditawarkan adalah berkeliling pantai menggunakan perahu sewaan. Biaya yang harus dikeluarkan pengunjung untuk menikmati paket ini adalah Rp 150.000 untuk dua orang dengan waktu tempuh 1 jam.

7. Panggang ikan

Memanggang ikan di pinggir Pantai Burung Mandi dengan angin sepoi-sepoi dan ombak tentu menjadi kegiatan akhir pekan yang sangat menghibur. Pengunjung bisa membeli ikan dari nelayan atau menangkapnya sendiri, dan juga membeli ikan bakar siap saji di warung-warung pinggir pantai.

8. Berburu kuliner seafood

Selain sebagai tempat bersantai, warung pantai ini juga menawarkan berbagai macam makanan lezat yang menu utamanya adalah seafood. Aneka hasil laut yang dijual merupakan hasil tangkapan langsung oleh nelayan di pesisir pantai sehingga masih sangat segar. Menyantap seafood menjadi semakin nikmat ditemani minuman kelapa muda yang segar.

9. Bepergian ke pulau lain

Saat air surut, pengunjung dapat menuju ke Pulau Tang yang terletak di sebelah kanan pantai. Pulau Tang dulunya disebut Pulau Hendrik oleh Belanda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas pantai pemandian burungFoto: Google Maps/Yenina Syam

Terdapat sejumlah fasilitas untuk membantu wisatawan dalam aktivitas liburannya di Pantai Burung Mandi, antara lain tempat parkir kendaraan, tempat ibadah, musala, galeri, penyiraman toilet dan juga panggung pertunjukan.

Di tepi pantai juga terdapat fasilitas berupa kursi berjemur, tempat duduk, dan gazebo yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai. Agar pengunjung tidak lapar, tersedia juga warung yang menjual aneka jajanan, menu olahan seafood, dan minuman menyegarkan.

Fasilitas carter atau perahu nelayan tradisional menambah kehebatan pantai indah ini. Pengunjung yang ingin mengendarai perahu dapat menyewakannya kepada warga sekitar. Selain itu harga sewanya pun sangat terjangkau dan bisa dinegosiasikan dengan para nelayan. Berwisata dengan karter pastinya akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Itulah rating Pantai Burung Mandi yang mempesona di Pulau Belitung. Pantai cantik ini bisa menjadi pilihan perjalanan liburan yang nyaman dan aman. Biar makin istimewa, rencanakan liburan menyenangkan di Pulau Belitung bersama keluarga tercinta.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button