Tempat Wisata

Wisata Waduk Bajulmati : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Siapa yang tak kenal Raja Ampat? Tempat yang sangat indah ini mempunyai nama yang dikenal di seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Tentunya hal ini tidak membuat kita heran, pasalnya pesona yang terpancar dari tempat ini bisa membuat Anda sangat terkesima dan tidak percaya bahwa tempat seindah itu benar-benar ada di negara kita sendiri dan tidak di negara lain.

Namun sayang, tempat-tempat terpencil sering kali membuat kita enggan untuk berkunjung karena biaya transportasi yang cukup mahal, belum lagi biaya akomodasi dan lain-lain, terutama bagi kita yang tinggal di Pulau Jawa.

Tak perlu bersedih karena jika belum mengetahuinya, ternyata ada sebuah tempat wisata di Jawa Timur tepatnya di Banyuwangi yang menyuguhkan pemandangan mirip Raja Ampat.

Nama objek wisata tersebut adalah Waduk Bajulmati yang letaknya tepatnya di desa Wonorejo kecamatan Banyuputih untuk wilayah Situbondo dan desa Bajulmati kecamatan Wongsorejo untuk wilayah banyuwangi. Sebenarnya objek wisata yang satu ini tidak hanya terletak di banyuwangi saja melainkan juga di kawasan situbondo.

Dengan kapasitas air di waduk sebesar 10 juta meter kubik, waduk ini mampu mengairi 1.800 hektare sawah di wilayah Banyuwangi dan Situbondo, serta menyediakan pembangkit listrik, pengendalian banjir, dan pasokan air baku. Meski merupakan fungsi utama Waduk Bajulmati, kini Waduk Bajulmati telah dibangun oleh pemerintah setempat untuk menjadikannya destinasi wisata yang menarik. Menurut informasi yang kami terima, pembangunan destinasi wisata Waduk Bajulmati memakan biaya kurang lebih 420 Miliar, dan juga pembangunan waduk ini memakan waktu yang cukup lama sejak pembangunannya dimulai pada tahun 2006 dan baru selesai pada tahun 2015. Wah, itu waktu yang lama.

Anda pasti penasaran kenapa waduk bisa menjadi objek wisata. Jangan salah, di Waduk Bajulmati pemandangannya sangat eksotik dengan pegunungan Ijen dan Baluran di kejauhan. Selain itu juga terdapat pemandangan pulau-pulau kecil di kawasan waduk yang konon merupakan pembentuk tempat tersebut. Inilah yang disebut Raja Ampat Jawa Timur. Untuk membuktikannya silahkan datang langsung.

Tak hanya menikmati panorama indah, banyak pengunjung juga yang memanfaatkan air waduk tersebut untuk mengadu nasib memancing. Namun, Anda tidak bisa sembarangan memilih tempat memancing, yang diperbolehkan hanya di sisi selatan waduk.

Sayangnya, meski pemandangan dari kawasan ini indah, minimnya pepohonan rindang membuat tempat ini terasa panas dan menyesakkan, terutama pada siang hari. Tenang saja, solusinya Anda bisa bergerak menuju Balai Bengong dimana Anda bisa berteduh sambil terus mengagumi keindahan Waduk Bajulmati. Aula ini juga sesekali mengadakan pertunjukan tari Gandrung, yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas di Waduk Bajulmati

Mengingat besarnya biaya pembangunan waduk ini, orang mungkin mengira Waduk Bajulmati juga memiliki fasilitas pendukung yang lengkap untuk pengunjung. Sayangnya jawabannya adalah tidak. Bahkan, fasilitas hiburan pun disediakan di tempat ini seperti: B. persewaan kendaraan off-road dan speedboat yang dapat digunakan untuk menjelajahi lebih jauh lokasi waduk. Bagi Anda yang menyukai aktivitas ini, tersedia juga pilihan bermain outbound.

Kalaupun belum dibangun fasilitas lainnya, jangan khawatir, letak Waduk Bajulmati yang dekat dengan rest area akan memudahkan Anda menemukan kafe atau tempat yang menjual makanan dan minuman, serta toilet umum dan musala. untuk berdoa. Menurut laporan, pemerintah akan terus berupaya membangun beberapa fasilitas tambahan untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Berburu foto di Waduk Bajulmati

Berburu foto di tempat ini pasti seru karena disuguhi pemandangan perbukitan pulau yang eksotis dan menarik di sekitar waduk menyerupai Raja Ampat. Selain itu, pemandangan semakin indah saat cuaca cerah dan tidak ada awan yang menghalangi pandangan, sehingga Anda bisa memotret gunung kebanggaan Ijen dan Baluran dari jauh. Tempat ini tentunya menarik untuk anda berswafoto atau berfoto bersama teman atau pasangan anda.

Selain itu, terdapat jalan di dekat waduk dengan pagar putih di kedua sisinya yang juga banyak dipilih sebagai spot berfoto oleh pengunjung. Di ujung jalan juga akan dijumpai tebing batu besar seperti Pantai Pandawa di Bali. Jadi tunggu apa lagi? Yuk rencanakan perjalananmu ke Waduk Bajulmati.

Baca Juga: KARO Adventure Tour, Rasakan Sensasi Serunya Arung Jeram

Akses jalan menuju Waduk Bajulmati

Jika Anda tertarik dan menyukainya, silakan mampir ke wisata waduk yang ada di sebelahnya Taman Nasional Baluran, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dan berangkat dari kota banyuwangi dengan menuju Pelabuhan Ketapang – Pantai Watudodol – Lintas Banyuwangi – Situbondo menuju Pasar Bajulmati dan melewati pintu masuk Taman Nasional Baluran.

Setelah melintasi taman selama kurang lebih 10 menit, Anda akan menemukan atau melihat sebuah gerbang di sisi kiri jalan menuju ke waduk.

Biaya masuk waduk Bajulmati

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 3.000
  • Biaya parkir: Rp 5.000

(Diperbarui September 2023)

Jam Buka Waduk Bajulmati

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Tips berlibur di waduk Bajulmati

  • Sebaiknya datang pada pagi atau sore hari, karena saat ini matahari belum terlalu terik
  • Jangan lupa membawa kamera
  • Sebaiknya membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah
  • Kenakan topi atau kacamata
  • Jangan dibuang

Galeri foto waduk Bajulmati

Selamat datang di Waduk Bajulmati
Potret Waduk Bajulmati
Bersantailah di tepian waduk
Keindahan Waduk Bajulmati
Potret pengunjung waduk Bayulmati

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button