Tempat Wisata

Harga Tiket PANTAI SANTOLO dan 9 Hal Menarik September 2023

Pantai Santolo Biaya masuk: Rp10.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Pamalayan, Cikelet, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44177

Pantai Santolo merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Pantai Prima Donna Garut. Dengan hamparan pantai yang luas, pasir putih yang lembut dan bersih, dipagari deretan perbukitan.

Terletak di Kecamatan Cikelet, pantai ini sering disebut sebagai “surga tersembunyi” di Garut selatan. Pesona keindahannya muncul secara alami karena kawasannya masih bersih dan rapi.

Biaya masuk ke Pantai Santolo

Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung tidak perlu khawatir dengan biaya yang mahal karena tiket masuk Pantai Santolo dibanderol dengan harga Rp 10.000. Tiket berlaku untuk anak-anak dan dewasa dan memiliki masa berlaku yang sama setiap harinya.

Baca: Tiket Masuk Darajat Pass di Garut dan Aktivitas Wisata Serunya

Jam buka Pantai Santolo

Pantai Santolo terbuka untuk umum 24 jam sehari. Pengunjung juga bisa datang pada malam hari.

Kegiatan wisata di Pantai Santolo

Sesampainya di pantai, wisatawan bisa menikmati pesona hamparan bebatuan panjang yang dilalui perahu nelayan. Pantai Santolo merupakan destinasi wisata utama di pesisir selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Banyak wisatawan yang datang ke sini lagi dan lagi karena terpesona dengan pemandangan yang indah.

Wisatawan datang terutama dari Bandung dan Jabodetabek dan menggunakan angkutan umum seperti bus dan konvoi bermotor. Pada puncak musim liburan, puluhan ribu wisatawan mengunjungi pantai ini setiap harinya.

Menikmati suasana Pantai Santolo

Suasana romantis di Pantai Santolo GarutDi sekitar pantai, wisatawan dapat beristirahat dan bersantai sambil menikmati panorama yang indah. Foto: Instagram/lensa_sambas

Pantai Santolo memiliki hamparan pasir putih halus yang membentang panjang. Wisatawan bisa menikmati suasana pantai yang tenang dengan semilir angin pantai yang sejuk. Di sini wisatawan juga bisa beristirahat dan bersantai sambil menikmati keindahan pantai.

Pantai ini cukup bersih dan ombaknya tidak terlalu besar. Di pesisir pantai terdapat karang dan laut yang sedang surut. Hal ini menyebabkan ombak tertahan di tengah dan tidak sampai ke tepi pantai.

Pantai ini terkenal keindahannya dengan air lautnya yang jernih dan pasir putihnya yang lembut. Daya tarik tersendiri adalah hadirnya Taman Alam Santolo dengan makhluk laut di tepi pantainya. Burung camar dan kapal-kapal kecil di tengah laut menambah eksotisme nuansa pantai ini.

Perjalanan perahu ke pulau-pulau sekitarnya

Pemandangan laut dengan pegunungan di latar belakangDari atas perahu, wisatawan bisa menikmati pemandangan laut biru dan pegunungan yang mengelilinginya. Foto: Instagram/lizikridamar

Untuk menjelajah lebih jauh ke kawasan pantai, wisatawan dapat melintasi pantai dengan menggunakan perahu nelayan. Karena Pantai Santolo merupakan bagian dari desa nelayan, mencari perahu sewaan sangatlah mudah.

Di atas kapal nelayan setempat, wisatawan bisa menikmati nuansa ombak Pantai Selatan yang menantang. Dari atas perahu, wisatawan bisa menikmati pemandangan laut biru sejauh mata memandang. Biota laut juga terlihat jelas saat menikmati panorama sekitar pepohonan hijau yang sejuk.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan Sabda Alam Garut

Perahu tersebut membawa wisatawan mengelilingi pantai dan menyeberang ke Pulau Santolo. Di sana wisatawan bisa menyaksikan air laut dangkal yang jernih dengan ombak yang relatif tenang. Kembali ke penyeberangan sepanjang pantai, wisatawan menemukan gundukan karang berukuran besar.

Karang yang teredam

Pantai Santolo menawarkan pemandangan atol seluas 35 hektar yang menakjubkan. Kelompok karang hitam yang tingginya mencapai tiga meter ini dikenal dengan nama Karang Kukus. Tebing karang yang mencolok ini sering diidentikkan dengan karang yang terdapat di pantai Tanah Lot Bali.

Penduduk setempat menyebut hamparan atol karang Pulau Santolo karena letaknya yang mirip pulau. Sisi-sisi negara selalu tergenang air sehingga tampak terpisah dari daratan. Deburan ombak dengan cipratannya seiring pecahnya karang Kukus terlihat memukau.

Bermain air dan pasir

Bermain air dan pasir di pantai yang masih bersihAir lautnya yang jernih dan pasirnya yang putih menjadi tempat yang cocok untuk berbasah-basahan, bermain air, dan mengejar ombak. Foto: Instagram/ramdan_guswandi

Jernihnya air laut dan pasir putih Pantai Santolo sayang sekali jika tidak mencoba bermain air. Wisatawan bisa saja basah kuyup dan mengejar ombak. Sebagian lainnya, terutama anak-anak, juga suka bermain pasir di tepi pantai.

Pantai ini tidak cocok untuk berenang gratis. Wisatawan perlu berhati-hati dan tidak terlalu banyak bermain air. Tanda peringatan dipasang dan patroli diintensifkan seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan.

perahu pisang

Bagi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas yang lebih menantang, bisa mencoba banana boatBagi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas lebih menantang, bisa mencoba banana boat. Foto: Google Maps/Bonank Eker

Bagi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas lebih menantang, bisa mencoba banana boat. Wahana ini bisa disewa untuk menambah keseruan bersama keluarga, kolega, dan sahabat. Mengikuti kecepatan banana boat akan menambah kesan liburan penuh kesan.

Pengamatan makhluk laut

Salah satu kegiatan yang menarik adalah mengamati makhluk laut di Pantai Santolo. Hal ini dikarenakan perairan di sekitar pantai relatif dangkal dan berair jernih. Karang dan biota laut bisa terlihat jelas tanpa perlu menyelam. Wisatawan dapat mengamati berbagai spesies ikan kecil yang ditangkap di antara kolam karang. Berbagai flora khas laut dapat dilihat di Pulau Santolo.

Matahari terbit dan terbenam di Pantai Santolo

matahari terbenam dari pantaiMenikmati keindahan matahari terbenam saat senja memang sangat romantis, begitu pula dengan matahari terbenam di pantai ini. Foto: Google Maps/Sahabat Sidiq

Keindahan Pantai Santolo bukan hanya sekedar birunya laut dan pasir putihnya saja. Di sini wisatawan bisa menikmati indahnya matahari terbit saat fajar matahari terbit di pagi hari.

Selain matahari terbit, ada juga momen indah di pantai ini matahari terbenam pada senja. Santolo berasal dari kata zon (diucapkan san) dan tulu yang dalam bahasa Belanda berarti matahari terbenam. Dinamakan demikian karena wisatawan dapat melihat dengan jelas keindahan matahari terbenam dari tempat ini.

Jembatan gantung Pantai Santolo

Jembatan gantung di pantai Sentolo, GarutBerfoto di jembatan gantung ini tidak hanya menantang, tapi juga menyenangkan. Foto: Google Maps/Teman Sidiq

Pantai Santolo memiliki dermaga sepanjang 100 meter yang berasal dari zaman kolonial Belanda. Terdapat juga jembatan gantung yang menghubungkan Pulau Santolo dengan Pulau Curugan. Kawasan ini selalu menjadi spot selfie dan tempat aktivitas memancing para wisatawan.

Terdapat juga stasiun peluncuran roket LAPAN (Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional) di kawasan pantai. Jika beruntung, wisatawan bisa menyaksikan peluncuran roket untuk keperluan luar angkasa dari dekat. Keberadaan Muara Cilauteurun juga menjadi daya tarik lain kawasan wisata ini.

Baca: KAMOJANG ECOPARK Garut: Tiket Masuk dan Berbagai Kegiatannya

Nama Cilauteureun berasal dari fakta bahwa air di muaranya tidak mengalir ke laut melainkan kembali ke daratan. Hal ini terjadi karena adanya kolam karang yang menyebabkan naiknya permukaan air laut. Konon kejadian seperti itu hanya ada di Pantai Santolo dan di Perancis.

Wisata kuliner

Dalam wisata kuliner Pantai Santolo, wisatawan dapat menikmati hidangan laut di beberapa restoran. Di pinggir pantai, wisatawan bisa menyantap ikan segar langsung dari laut sambil menikmati kelapa muda. Menu khas makanan laut antara lain cumi, ikan layur, cumi, udang dan lain sebagainya.

Wisatawan juga bisa menyiapkan masakan sendiri dengan membeli ikan laut segar. Di pantai ini terdapat tempat pelelangan ikan, sehingga wisatawan biasanya membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.

Perabot

Berbagai fasilitas bantuan wisata tersedia di Pantai Santolo. Toilet dan tempat parkir yang memadai juga tersedia. Berbagai restoran menyajikan beragam menu khas pantai yang dapat dinikmati wisatawan.

Mengantisipasi gangguan keamanan, aparat selalu berpatroli di pesisir pantai dan tengah laut dengan kapal nelayan.

Terdapat tempat pendaratan ikan dan tempat pelelangan ikan di sepanjang Sungai Cilauteurun. Ratusan perahu nelayan berlabuh di sini dengan hasil tangkapannya. Wisatawan dapat membeli berbagai jenis ikan luat yang dijual di sekitar tempat pelelangan.

Lokasi Pantai Santolo

Objek wisata pantai ini terletak di Kesamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44177. Pantai Santolo berjarak sekitar 80 km dan 3 jam perjalanan dari kota Garut.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button