Tempat Wisata

Wisata Pemandian Taman Suruh : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Bingung ingin menghabiskan waktu bersama keluarga di mana saat berlibur ke Banyuwangi? Kebosanan di pantai. Air terjun dan menginginkan sesuatu yang lebih santai dan aman, apalagi jika membawa anak-anak, jangan khawatir, objek wisata yaitu Pemandian Taman Suruh ini bisa Anda jadikan pilihan yang tepat.

Pemandian Taman Suruh terletak di Dusun Wonosari, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, sekitar 9 kilometer sebelah barat Kota Banyuwangi. Suasana yang unik dan menyenangkan karena berada di tengah suku asli banyuwangi yaitu suku osing membawa daya tarik tersendiri. Selain itu, karena letak geografisnya yang berada pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, objek wisata ini memiliki udara yang sejuk dan segar serta polusi yang tidak sebanyak di kota-kota besar. Banyak juga orang yang percaya bahwa sumber mata air di tempat ini bisa dijadikan terapi.

Pemandian Taman Suruh juga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, karena panorama di sini berbeda dengan kolam pemandian lainnya. Di tempat ini Anda akan terpesona dengan keindahan alamnya. Di bagian samping dan sekitar pemandian terlihat deretan pepohonan dan persawahan milik penduduk setempat yang terhampar hijau, sangat menyegarkan dipandang mata.

Hal ini berbanding terbalik dengan masa sebelum tempat ini dijadikan objek wisata sebagai tempat wisata tepi laut. Kawasan seluas 3,5 hektare yang tadinya terdapat formasi batuan dan kontur tanah berbatu ini merupakan bekas perkebunan yang tidak produktif. Beruntungnya di kawasan ini terdapat sumber mata air alami yang muncul dari bebatuan, sehingga kini kawasan tersebut telah berubah 180 derajat dan menjadi surganya para wisatawan. Apalagi air yang dihasilkan juga berkualitas, berwarna jernih, dan bersuhu relatif sejuk sehingga cocok digunakan sebagai kolam pemandian.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, objek wisata ini cocok bagi Anda yang datang bersama anak-anak, karena di sini kolam pemandiannya dibagi menjadi dua bagian, satu untuk anak-anak dengan kedalaman dangkal dan satu lagi kolam standar untuk dewasa dengan kedalaman sekitar 160 meter. . .

Kolam yang disediakan oleh pengelola Pemandian Taman Suruh juga sangat luas yaitu 750 m2 untuk dewasa dan 300 m2 untuk anak-anak. Belum lagi penambahan halaman yang luas dimana Anda bisa menjelajahi kawasan ini lebih jauh sambil mengagumi pemandangan.

Apakah Anda lelah bermain air dan menghabiskan waktu di kolam renang? Tenang saja, keseruanmu belum berakhir, tempat ini juga menawarkan wahana pulang pergi yang bisa kamu nikmati bersama si kecil. Mengendarai Flying Fox dan menaiki jembatan gantung pastinya akan terasa sangat seru. Jadi tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk mengunjungi Pemandian Taman Suruh ini.

Fasilitas Pemandian Taman Suruh

Karena dikelola dengan baik, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas Pemandian Taman Suruh. Tempat ini pastinya memiliki toilet umum dan kabin tempat Anda bisa berganti pakaian setelah bermain di kolam renang. Selain itu, terdapat juga beberapa kantin yang bisa memanjakan perut lapar atau tenggorokan haus.

Tempat parkirnya juga memiliki lahan yang luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat parkir saat pengunjung sedang banyak. Terdapat juga ruang sholat untuk kebaktian gereja. Sebelum pulang, pastikan untuk mampir ke toko oleh-oleh di sana untuk membeli oleh-oleh untuk saudara atau teman di kampung halaman.

Berburu foto di pemandian Taman Suruh

Anda tidak suka berenang di kolam, tetapi Anda suka mengambil foto? Di sini Anda bisa leluasa mengambil foto pemandangan sekitar Anda. Gunakan panorama hijau yang ada sebagai target kamera untuk menghasilkan gambar yang bagus untuk presentasi media sosial.

Jika Anda memiliki kamera tahan air, Anda bisa membawanya saat berenang untuk mengabadikan momen seru di kolam renang atau sekadar selfie asyik. Terserahlah, meskipun Anda tidak terlalu tertarik. Berfotolah bersama keluarga Anda di lokasi sambil mengambil foto. Hal ini sepertinya perlu agar bisa dijadikan kenang-kenangan.

Baca Juga: Wisata Bukit Kapur Arosbaya, Salah Satu Surga Tersembunyi di Madura

Akses jalan menuju Pemandian Taman Suruh

Taman Rekreasi dan Pemandian Taman Suruh terletak di jalan lingkar antara Desa Kemiren dan Kampung Anyar (Perkebunan Kalibendo), sehingga dapat dicapai melalui dua jalur yaitu jalur langsung dan jalur melingkar. Kedua jalur ini hanya digunakan oleh angkutan pedesaan, namun tidak menutup kemungkinan untuk angkutan umum. Oleh karena itu disarankan untuk hanya menggunakan kendaraan pribadi karena masih jarang dan sulit menemukan angkutan umum yang akan membawa Anda langsung ke pemandian Taman Suruh.

Biaya masuk Pemandian Taman Suruh

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Pembaruan September 2023)

Jam buka pemandian Taman Suruh

  • Buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga 16:30

Tips berlibur di pemandian Taman Suruh

  • Pastikan Anda membawa kendaraan sendiri, baik pribadi maupun sewaan, untuk akses jalan yang lebih mudah dan cepat
  • Jangan lupa membawa baju ganti
  • Sebaiknya membawa makanan dan minuman dari rumah untuk menghemat biaya liburan
  • Yang terbaik adalah berkumpul dengan keluarga Anda
  • Jangan lupa untuk terus menggunakan tabir surya
  • Awasi anak Anda saat mereka bermain di kolam renang

Galeri foto pemandian Taman Suruh

Selamat datang di Pemandian Taman Suruh
Potret kolam renang
Berbagai wahana permainan
Taman hiburan dan kolam renang
Perburuan Foto
Potret pengunjung di kolam renang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button