Tempat Wisata

Tiket masuk, jam buka dan kegiatan Hutan Mangrove Brebes September 2023

Hutan bakau Pandansari Biaya masuk: 10.000 hingga 25.000 Rp. Jam buka: Pukul 08.00 – 17.00 WIB. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Dukuh Pandansari, Kaliwlingi, Brebes, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia, 52219

Berbicara mengenai Brebes, pastinya tidak boleh melewatkan produk andalan mereka yaitu Telur Asin Brebes. Selain makanannya yang sangat populer dan banyak penggemarnya, ternyata di kawasan ini juga terdapat tempat wisata seperti mutiara. Nama Anda Hutan Mangrove Pandansari Brebes.

Tempat ini sebenarnya “tidak sengaja” menjadi tempat ekowisata. Berawal dari abrasi pada tahun 1990. Warga Desa Pandansari kemudian mencoba melakukan operasi penyelamatan pantai dengan menanam pohon bakau agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Brebes

Wisatawan yang ingin menjelajahi kawasan hutan mengrove ini harus membayar biaya masuk. Pengunjung harus membayar tiket masuk Hutan Mangrove Pandansari sebesar Rp 20.000 dan untuk hari libur Rp 25.000. Harga tersebut mengalami kenaikan sejak tahun 2016 yang semula Rp 15.000.

Jenis tiket Harga tiket
Hari biasa Rp20.000
akhir pekan Rp25.000
Tiket untuk anak-anak hingga 10 tahun Rp10.000

Biaya masuk Hutan Mangrove Pandansari

Baca: Wisata Selfie Waduk PENJALIN di Brebes

Jam buka hutan mangrove Brebes

Pengunjung dapat menjelajahi kota tanpa batas waktu. Kawasan ekowisata ini buka mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 05.00 sore. Karena tidak ada batasan waktu untuk berkunjung. Hanya saja tidak disarankan menginap disana karena tidak ada fasilitas seperti listrik dll.

Kegiatan wisata di hutan mangrove Brebes

Petunjuk arah menuju Hutan Mangrove Pandansari Brebes Petunjuk Menuju Hutan Mangrove Pandansari Brebes – Foto: Google.maps/Ika Puspita

Pengunjung yang ingin menjelajahi kawasan ekowisata ini mungkin membutuhkan waktu seharian penuh karena letaknya yang cukup tersebar. Selain itu, banyak wahana yang tersedia khusus untuk menambah pengetahuan Anda.

Dari atraksi wisata hingga atraksi wisata, pengunjung akan terus melihat slogan yang berbeda-beda. Berisi ajakan untuk peduli dan cinta lingkungan. Upaya warga sekitar dan kerja sama dengan pemerintah setempat, tak heran jika kawasan wisata ini mendapat Penghargaan Kalpataru. Penghargaan tersebut diberikan oleh Presiden Indonesia pada tahun 2017.

Baca: Tiket & Wahana Waduk MALAHAYU Brebes

Trekking Hutan Mangrove Pandansari Brebes

Dermaga Hutan Mangrove Pandansari BrebesDermaga Hutan Mangrove Pandansari Brebes – Foto: Google.maps/Ihda Maulida

Wahana ini merupakan wahana populer dan andalan di hutan bakau Brebes Pandansari. Banyak pengunjung yang merasa puas setelah berkunjung ke kawasan ini Trekking di hutan bakau. Setelah sampai dengan perahu, pengunjung dapat menikmati indahnya suasana hutan.

Tak hanya suasananya yang asri, pengunjung juga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada Trekking Itu nyaman. Berbeda dengan kawasan wisata alam yang membutuhkan banyak usaha untuk mencapainya. Di sini pengunjung cukup melewati jalan setapak kayu yang nyaman. Ada juga hewan sesekali yang muncul saat Anda berjalan.

Pengunjung merasakan wisata edukasi yang sesungguhnya ketika memasuki kawasan hutan. Di pinggir jalan Trekking Banyak slogan dan papan edukasi berisi informasi tentang tanaman bakau. Tak hanya berisi informasi, papan slogan tersebut juga memuat ajakan untuk peduli dan cinta lingkungan.

Baca: Tiket & Aktivitas KALIGUA TEA GARDEN Brebes

Taman kupu-kupu

Sebagai wisata edukasi yang saat ini sedang berkembang. Taman kupu-kupu juga sedang dibangun di lokasi wisata ini. Namun ukurannya tidak terlalu besar karena tempat ini merupakan kawasan hutan bakau.

Taman burung

Selain wahana edukasi, Butterfly Park. Taman burung untuk pengunjung saat ini sedang dibangun di kawasan ini. Hal ini membuat pengalaman menginap menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, bangau juga sering hinggap di hutan yang berada di habitat aslinya, yaitu hutan bakau. Pengunjung dapat melihat dan mengabadikan jenis burung ini.

Konservasi Kepiting Soka

Hutan bakau merupakan habitat berbagai jenis hewan, termasuk kepiting. Sebagai habitat alami, di kawasan ini akan dibangun wahana konservasi kepiting cangkang lunak.

Pengunjung juga bisa bertemu kepiting sambil berjalan menyusuri hutan bakau. Anda juga dapat mengetahui lebih banyak tentang hewan ini.

Tempat foto

Jembatan merah muda ikonik di hutan bakau Brebes PandansariJembatan berwarna merah muda yang melintasi hutan bakau menjadi salah satu landmark kawasan wisata bakau ini. Foto: Google Maps/Katamso Katamso

Hutan bakau Pandansari Brebes pada dasarnya menawarkan wisata alam. Lingkungan hutan bakau yang hijau menjadi aktivitas utama selama Anda menginap.

Bagi pecinta fotografi, jembatan merah muda menjadi salah satu spot foto yang paling terkenal. Selain jalannya Trekking yang terdiri dari kayu-kayu yang ditumbuhi tanaman bakau yang lebat.

Hutan bakau Brebes

Sama seperti kawasan wisata lainnya, pengunjung mempunyai akses terhadap fasilitas. Mulai dari tempat parkir, kawasan hutan mangrove juga terdapat musala, toilet, dan warung jajanan dan makanan. Namun, seperti yang telah disebutkan, tidak ada pilihan akomodasi yang disediakan.

Selain menikmati fasilitas wisata edukasi yang tersedia. Pengunjung juga disuguhi fasilitas menara dan jembatan panjang. Fasilitas ini telah dibangun sejak tahun 2016.

Lokasi hutan mangrove Brebes

Sambungan jalan relatif mudah. Wisatawan yang berminat berkunjung bisa langsung datang ke Dukuh Pandansari, Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52219.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button