Tempat Wisata

Pantai Pelabuhan Ratu: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Sukabumi di Jawa Barat merupakan kawasan wisata pantai yang tiada habisnya. Salah satu yang paling terkenal di Indonesia dan luar negeri adalah Pantai Palabuhanratu yang terletak di pesisir Samudera Hindia. Pantai ini berjarak sekitar 60 km sebelah selatan kota Sukabumi, Jawa Barat, atau perjalanan memakan waktu 2 jam.

Pantai Palabuhanratu terkenal dengan ombaknya yang sangat kuat, pantainya yang terjal dan landai serta tebing karang yang terjal. Selain pesona pantainya yang menakjubkan, pantai ini terkenal dengan legenda rakyat penguasa Laut Selatan Nyi Roro Kidul. Bagi Anda yang mempunyai hobi berselancar, pantai ini bisa dipilih sebagai salah satu pantai yang wajib dicoba.

Fasilitas di Pantai Palabuhanratu

Fasilitas yang tersedia sangat lengkap mulai dari masjid hingga layanan pos dan telekomunikasi Penukar uang, Pusat Informasi Pariwisata dan Hotel. Selain itu, terdapat juga persewaan kuda, persewaan papan selancar, persewaan tabung renang, selancar bahkan taman bermain anak. Yang tak kalah penting adalah tempat parkir yang luas, tempat bersantai, warung makan atau restoran, serta tim penjaga pantai atau penyelamat (SAR).

Keindahan Pantai Palabuhanratu yang mempesona

Pantai Palabuhanratu menawarkan panorama yang unik. Daya tarik utamanya adalah kita bisa menyaksikan matahari terbit atau matahari terbit dari pantai timur yang indah. Pemandangan matahari terbenam pun tak kalah indahnya matahari terbenam dari pantai barat. Di satu sisi, pantai ini dikelilingi hutan lindung yang menambah keindahannya.

Jernihnya air laut dan lembutnya pasir memang tak terbantahkan. Kami betah berada di sini saat bermain dan bersantai di air. Kuda juga tersedia untuk berkuda di pantai. Jika Anda tidak suka bermain air dan berkuda, Anda bisa bersantai menikmati alam yang tak kalah menyenangkan.

Dengan ombaknya yang kuat dan cukup tinggi, Pantai Palabuhanratu menjadi tempat berselancar yang seru. Setidaknya ada 9 lokasi yang digemari peselancar lokal dan mancanegara. Antara lain adalah matahari terbenam di pantaiBatu Guram, Ombak Tujuh, Karang Sari, Pantai SamuderaCimaja, Karang Haji, Indikatorke Ujung Genteng.

Tempat wisata di pantai Palabuhanratu

Tempat wisata menarik yang ada di kawasan Pantai Palabuhanratu antara lain :

1. Pantai Cimaja

Terkenal dengan ombaknya yang ganas, pantai ini populer di kalangan peselancar lokal dan internasional. Ketinggian gelombang mencapai hingga 4 meter. Bagi kita yang tidak suka berselancar, bersantai dan menikmati pemandangan di pantai ini juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan.

2. Pantai Cibangban

Merupakan pantai yang terletak di pinggir jalan utama dan memiliki akses jalan menuju pantai yang relatif baik. Pantai ini mempunyai pesona yang indah dengan laut yang jernih dan bersih. Suasana di pantai ini terbilang tenang sehingga cocok dijadikan tempat mencari inspirasi.

3. Pantai Karang Hawu

Terkenal dengan ilmu mistiknya, konon Nyi Roro Kidul bertapa di sini dan menyembuhkan penyakitnya. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tinggi dan cocok dijadikan tempat berselancar. Keistimewaan dari pantai Karang Hawu adalah bebatuan yang menjorok ke laut berbentuk seperti oven. Hawu artinya oven dalam bahasa Sunda. Pantai ini biasanya banyak dikunjungi wisatawan yang sedang memancing dan berenang.

4. Gua Lalay

Goa Lalay terletak sekitar 3 km dari pusat kota Pelabuhan Ratu. Karena letaknya yang tidak jauh dari pantai, gua ini dihuni jutaan kelelawar. Kelelawar ini biasanya meninggalkan gua sekitar jam 5 sore. Di dalam goa mata kita disuguhi keindahan stalagmit dan stalaktit dengan suasana dinding yang lembab.

5. Pemandian Air Panas Cisolok

Pemandian unik di Pelabuhan Ratu ini tidak mengandung belerang melainkan berasal dari geyser. Mandi di sumber air panas ini dipercaya dapat menyehatkan tubuh dan pikiran. Sumber air panasnya berasal dari bebatuan yang mengeluarkan tiga pancaran air panas yang suhunya mencapai 80 derajat Celcius.

Mitos Tentang Pantai Palabuhanratu

Masyarakat percaya bahwa Nyi Roro Kidul adalah penguasa kerajaan roh di Pantai Palabuhanratu. Pada bulan April, masyarakat setempat mengadakan ritual Hari Nelayan sebagai rasa syukur atas keberuntungan yang dibawa oleh laut. Ritual ini tidak hanya sebagai wujud rasa syukur, namun juga permohonan agar selamat dari bencana.

Ritual ini biasanya berupa persembahan kepala kerbau, yang kemudian dibuang ke laut sebagai persembahan. Ritual ini biasanya dilakukan selama dua hari satu malam dan dimeriahkan dengan acara hiburan seperti kesenian wayang dan tarian daerah.

Akses lokasi menuju pantai Palabuhanratu

Biaya masuk ke Pantai Palabuhanratu

  • Biaya masuk pejalan kaki: Rp 3.000/orang
  • Tiket masuk sepeda motor: Rp 5.000
  • Tiket masuk mobil: Rp 20.000
  • Biaya parkir bus: Rp 30.000

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Pantai Palabuhanratu

Tips berwisata ke Pantai Palabuhanratu

  • Waspadai arus kuat di sepanjang pantai. Jika Anda membawa anak-anak, jangan biarkan mereka berenang sendirian. Jangan lupa untuk memakainya krim matahariKacamata dan topi untuk menghindari sengatan matahari.
  • Jangan meletakkan barang-barang Anda di atas pasir karena dapat tersapu ombak. Sebaiknya ditaruh di hotel atau dititipkan ke warung terdekat.

Demikianlah informasi mengenai tempat wisata Pantai Palabuhanratu yang bisa anda jadikan sebagai objek wisata saat berlibur. Suara deburan ombak dan angin dapat menenangkan pikiran Anda.

Galeri Foto Pantai Pelabuhan Ratu

Potret pantai Pelabuhan Ratu
Dengan sepeda motor menuju pantai
Bersantai di pantai
Pilihan akomodasi di pantai
Berbagai kuliner yang nikmat
Sunset di pantai Pelabuhan Ratu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button