Tempat Wisata

Gua Maharani: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Gua Maharani merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Lamongan. Bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga atau teman anda, coba saja kesini. Objek wisata ini terletak di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Berada di kedalaman 25 meter di atas permukaan bumi, gua ini memiliki rongga seluas 2.500 meter persegi yang juga luas!

Gua Maharani mempunyai keindahan alam yang unik dibandingkan gua lain di Indonesia. Hal ini terlihat dari stalagmit dan stalaktit yang ada di Gua Maharani yang masih terus tumbuh dan mampu memancarkan cahaya warna-warni yang indah jika dipantulkan cahaya. Kalian yang pernah ke sini mungkin tahu betapa indahnya tempat ini.

Gua ini sebenarnya ditemukan secara tidak sengaja pada tanggal 6 Agustus 1992 dan diresmikan oleh Bupati Lamongan pada tanggal 10 Maret 1994. Sejak saat itu, banyak orang yang berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata ini.

Fasilitas dan akomodasi di Gua Maharani

Terdapat berbagai fasilitas di kawasan wisata Gua Maharani untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan selama berkunjung. Anda bisa mengadakan kebaktian di tempat ibadah yang disediakan di sana, dan juga terdapat toilet umum jika Anda tiba-tiba ingin buang air kecil atau buang air besar. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas lain di sini seperti area khusus ibu menyusui, puskesmas, ATM, penjual makanan, tempat parkir yang luas, dan pertokoan. Suvenir Berbagai oleh-oleh khas dijual di sini.

Saat memasuki Gua Maharani, Anda tidak diperbolehkan membawa barang-barang seperti helm, jaket, tas atau topi ke dalam gua. Namun jangan panik, Anda bisa menitipkannya di tempat penitipan bagasi di pintu masuk Gua Maharani secara gratis! Sangat lezat, bukan?

Di sana juga ada petugas jika ingin berfoto di tempat ini dengan fotonya Polaroid atau biasa saja. Tidak hanya menikmati keindahan Gua Maharani saja, di sekitar gua ini juga terdapat penjual buku dan buku-buku tersebut memuat keistimewaan Gua Maharani dan pastinya akan menambah pengetahuan Anda.

Saat Anda mengunjungi Gua Maharani, Anda akan disuguhi pemandangan stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan. Stalaktit dan stalagmit ini bisa memancarkan cahaya warna-warni yang sungguh menakjubkan lho! Dan hal itulah yang membedakan Gua Maharani dengan gua-gua lainnya di Indonesia. Jika beruntung, di Gua Maharani Anda bisa mendengarkan lagu dengan irama lambat yang nada-nadanya bisa melambung. Disini juga terdapat kipas angin yang membuat suasana di Goa Maharani menjadi lebih sejuk.

Berburu foto di Gua Maharani

Bagi Anda yang belum pernah ke sini pasti ingin mengabadikan momen bersama keluarga atau teman selama berada di sana. Ada beberapa noda Itu cukup bagus untuk berburu Foto bersama keluarga dan temanmu, salah satunya di sini!

Yang menarik dari tempat ini adalah Anda bisa langsung menyentuh stalaktit atau stalagmit yang ada di Gua Maharani. Selain tempat ini, masih banyak lagi noda yang tak kalah keren dan indah di beberapa bagian gua ini.

Baca juga: Gua Tujoh Laweung, Gua Misterius yang Dipercaya Mencapai Sampai Mekkah

Akses jalan menuju Gua Maharani

Akses menuju tempat wisata ini cukup mudah lho. Misalnya saja jika Anda berada di kota Surabaya. Anda bisa mengambil rute ke Jl. Tol Surabaya – Gresik dan waktu tempuh Kota Surabaya menuju Gua Maharani kurang lebih 2 jam tergantung kondisi jalan saat itu. Anda dapat melihatnya pada peta di bawah ini:

Jika Anda tidak berada di kota Surabaya pasti perjalanannya akan memakan waktu lebih lama. Karena sesampainya di sana, kamu belum tahu kondisi jalannya kan?

Biaya Masuk Gua Maharani

  • Biaya masuk pada hari biasa: Rp 35.000/orang
  • Biaya masuk akhir pekan: Rp 45.000/orang
  • Biaya perjalanan lainnya: Rp 10.000 – Rp 15.000

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Gua Maharani

  • Buka setiap hari mulai pukul 08:30 hingga 16:30

Tips berlibur di Gua Maharani

Bagi Anda yang sudah sepakat datang ke sini bersama keluarga atau teman, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan. Yang pertama adalah persiapan anggaran cukup untuk membeli makanan atau Suvenir apa yang ada di sana. Dan jangan lupa membuang sampah pada tempatnya setelah makan untuk menghormati petugas Gua Maharani. Dan disarankan untuk memilih waktu keberangkatan lebih awal karena jarak dari kota Surabaya cukup jauh. Anda juga bisa membawa bekal dari rumah untuk sekadar menghemat keuangan. Dan satu hal lagi: jangan lupa membawa kamera berburu Foto-foto, siapa yang tak mengabadikan momen bersama keluarga atau sahabat saat berkunjung?

Di bawah ini adalah gambaran singkat tentang Gua Maharani, gua alam fantastis yang terbuat dari Lamongan. Anda yang tertarik untuk berlibur ke sini bisa menerapkan beberapa tips yang telah disebutkan di atas dan jangan lupa ajak keluarga atau teman Anda agar liburan Anda semakin menyenangkan. Semoga artikel ini dapat membantu anda, selamat berlibur.

Galeri Foto Gua Maharani

Selamat datang di Gua Maharani
Potret Gua Maharani di Lamongan
Pintu masuk gua

Interior Gua Maharani
Suasana di dalam gua

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button