Tempat Wisata

Wisata Taman Nasional Baluran : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Taman ini merupakan hutan cagar alam seluas sekitar 25.000 hektar di pesisir utara Jawa Timur. Situs tersebut terletak di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuwangi, Situbondo (sebelah timur berbatasan dengan Pulau Jawa). Anda bisa menikmati panorama sabana dan Gunung Baluran (gunung berapi tidak aktif) di tengah kawasan yang menjadi rumah bagi banyak satwa eksotik seperti babi hutan, rusa, burung merak, ayam liar, berbagai jenis kera dan juga banteng. , yang merupakan satwa dilindungi di kawasan tersebut. Taman ini juga menawarkan pemandangan menakjubkan dan menyelenggarakan kegiatan safari. Safari adalah istilah yang sering disalahgunakan di kalangan wisata Asia, namun dalam kasus ini istilah tersebut sangat tepat – ada sesuatu yang sangat Afrika di padang rumput Baluran. Dari tiga taman nasional besar di Jawa Timur, inilah yang paling sederhana dan paling mudah dijangkau sejauh ini.

Anda bisa menikmati pemandangan hutan yang menakjubkan, menikmati aktivitas safari di alam liar dan merasakan keajaiban hutan. Taman ini sangat unik karena 15 km dari pintu masuk utama terdapat pantai putih indah bernama Pantai Bama yang menjadi rumah bagi terumbu karang, ikan, dan hutan bakau.

Berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berwisata ke taman ini seperti: – Safari hutan – Petualangan hutan – Menyelam dan snorkeling – Mendaki gunung dan mendaki gunung – Berjalan kaki – Petualangan pantai untuk mengamati aktivitas sehari-hari para nelayan dan pemburu benih – Berkano, mendayung atau berperahu hingga mencapai Teluk Air Segar, Teluk Sejile, dan Pantai Bilik.

Cerita
Nilai dan keunikan baluran pertama kali didokumentasikan pada tahun 1928 oleh ahli botani Belanda AH Loedeboer. Status taman nasional resmi diberikan pada tahun 1984 karena potensi wisata taman tersebut perlahan-lahan mulai dikenal pada saat itu.

Lanskap
Fitur dominan taman ini adalah Gunung Baluran setinggi 1.246 m, sebuah gunung berapi tidak aktif. Taman ini sebagian besar terdiri dari padang rumput sabana dan akasia di pedalaman serta hutan muson dengan hutan bakau di pesisir. 15 km dari pintu masuk utama terdapat pantai pasir putih yang indah bernama Pantai Bama dengan hutan bakau yang berdekatan dan terumbu karang lepas pantai yang sehat. Sekitar 40 km pantai utara Jawa terletak di dalam batas taman nasional dan mencakup beberapa kawasan terumbu karang dekat pantai yang sangat baik dan sehat.

tumbuhan dan hewan
Mamalia yang ada antara lain kucing macan tutul, babi hutan, rusa jawa, tiga spesies kera, dan banteng (kerbau) jawa yang terancam punah.

Keanekaragaman spesies burung sangat beragam, meskipun sebelum ditetapkannya taman nasional, terdapat tekanan besar terhadap perdagangan bangau. Perburuan masih terjadi.

iklim
Selain Madura, ini merupakan wilayah terkering di Pulau Jawa dan sangat kering pada bulan April hingga Oktober. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah paruh terakhir musim kemarau (Juni hingga Oktober), saat hewan penggembala paling baik terlihat berkembang biak di air mancur yang terkenal. Di luar musim kemarau, cuacanya sangat mirip dengan daerah lain di Jawa. Hujan turun sangat deras pada bulan Januari dan Februari dan banyak area taman terendam banjir selama bulan-bulan tersebut.

Fasilitas di Taman Nasional Baluran

Bagi anda yang ingin menginap di tempat ini, pihak pengelola TNB juga menawarkan berbagai jenis akomodasi dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu:

  1. Wisma Rusa – jumlah kamar 7, kapasitas 12 orang. Harga 35.000/orang
  2. Wisma Merak – jumlah kamar 3, kapasitas 3 orang. Harga 50.000/orang
  3. Wisma Banteng – jumlah kamar 2, kapasitas 4 orang. Harga 250.000/unit
  4. Tempat tidur tambahan – 25.000/orang

Selain pilihan akomodasi, juga terdapat fasilitas sanitasi, instalasi air dan tempat berkemah.

Berburu foto di Taman Nasional Baluran

Sangat direkomendasikan bagi anda yang menginginkan pemandangan lebih menakjubkan dari sebelumnya. Anda harus datang lebih awal atau bangun pagi, tepatnya antara jam 4 pagi hingga jam 5 pagi sebelum matahari terbit, dijamin Anda akan terkesima dengan panorama yang dihasilkan kamera Anda.

Jangan lupa, saat berkunjung ke Sabana Bekol, kamu harus mengabadikan momen di mana terlihat satwa-satwa berkeliaran mulai dari kawanan rusa, burung merak, dan juga kera.

Baca Juga: Gunung Kunyit, Gunung Berapi dengan Taman Para Dewa di Puncaknya

Akses jalan menuju Taman Nasional Baluran

Untuk mencapai Taman Nasional Baluran dari Surabaya, ibu kota Jawa Timur, dibutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan mobil. Baluran sebagian berada di Kabupaten Situbondo dan sebagian lagi di Kabupaten Banyuwangi.

Dari Surabaya melewati kota Pasuruan, Probolinggo dan Situbondo di Jalan Pantai Timur Laut. Setelah Banyuputih jalan berbelok ke selatan. Jangan mengambil jalan lebih jauh ke timur menuju desa Bilik. Sebelum sampai di Desa Wongsorejo, belok kiri dan Anda akan melihat tanda: Visitor Center. Inilah gerbang masuk Taman Baluran.
Alternatifnya, Anda bisa berkendara dari Sitobondo ke Bangandengan. Jarak sekitar 60 km. Taman Nasional Baluran sebenarnya terletak di jalan raya yang menghubungkan Surabaya ke kota Banyuwangi, tempat feri membawa mobil dan penumpang ke pantai barat Bali. Hal ini membuat Baluran mudah dijangkau dari Bali.

Biaya masuk Taman Nasional Baluran

  • Biaya masuk tiket domestik pada hari kerja: Rp 16.000/orang
  • Biaya masuk akhir pekan domestik: Rp 18.500/orang
  • Harga tiket masuk hari kerja Mancenagara: Rp 165.000/orang
  • Biaya masuk tiket akhir pekan Manceagara: Rp 240.000/orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 5.000

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Taman Nasional Baluran

  • Buka setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 16.00

Tips berlibur di Taman Nasional Baluran

Karena tidak ada pilihan yang mendukung untuk membeli makanan dan minuman, sangat disarankan agar Anda membawa makanan dan minuman yang cukup dari rumah.

Jangan ganggu ketenangan hewan-hewan di sana saat Anda menjelajahi taman. Pastikan untuk membawa kamera, pakaian hangat, dan perlengkapan berkemah jika Anda berencana melakukan ini.

Dan yang terpenting: jangan membuang sampah sembarangan.

Galeri Foto Taman Nasional Baluran

Savana Bekol di Taman Nasional Baluran
Potret binatang
Jalur mangrove
Potret kerbau yang sedang berkubang
Fasilitas spot foto
Potret Pantai Bilik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button