Tempat Wisata

Alam Wawai, destinasi wisata populer dengan panorama menakjubkan di Bandar Lampung

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 10.00 – 17.00 WIB, Alamat: J LH Hasan Rais, Sukadana Ham, Kec. Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung; Map: Periksa lokasinya

Alam Wawai menjadi salah satu alternatif tempat warga Lampung dan sekitarnya menghabiskan liburan. Tempat wisata di Bandar Lampung ini cukup unik karena memadukan konsep pemandangan alam yang dipadukan dengan desain yang menarik. Kehadiran bangunan tenda menawarkan pemandangan unik bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Mushola, kantin, dan akomodasi semuanya bertempat di bangunan tenda yang unik.

Meski berada di perbukitan, lokasinya mudah diakses karena dekat dengan pusat kota. Hal ini memastikan pengunjung selalu ramai baik di hari aktif maupun hari libur. Apalagi belum banyak konsep wisata alam yang tertanam di Lampung. Kali ini menjadi nilai plus bagi destinasi wisata.

Salah satu yang membedakan objek wisata Alam Wawai dengan yang lain adalah bangunan tendanya. Sudah disebutkan bahwa banyak sekali tenda yang dihias, tentunya tidak hanya sekedar hiasan saja. Beberapa tenda penginapan meniru model suku Indian dan memiliki atap runcing. Lainnya adalah musala dan kantin dengan bentuk yang tak kalah unik.

Daya tarik alam Wawai

Daya tarik alam WawaiFoto oleh Dian Novita / Google Maps

Dalam bahasa setempat, Wawai berarti “indah” atau “baik”. Jadi Alam Wawai merupakan alam yang asri dan asri yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung. Dari segi daya tarik, tentu saja panorama alamnya yang menjadikannya istimewa. Untuk lebih lengkapnya, berikut atraksi yang membuat wisatawan berbondong-bondong datang ke objek wisata ini!

✦ Panorama alam dibalut konsep unik

Daya tarik utama Alam Wawai tentu saja adalah panorama alamnya yang mempesona. Objek wisata ini terletak di perbukitan yang dihiasi pepohonan rindang. Berbagai jenis pohon tumbuh subur di sana, yang juga membuat cuaca semakin bagus. Dari ketinggian Anda bisa melihat pesona lautan dan juga kotanya.

Kontur perbukitan juga terlihat jelas di atas. Lereng dan terasering persawahan yang indah terlihat jelas. Belum lagi konsep unik tenda yang digunakan sebagai fasilitas berkemah. Di tempat wisata ini, bangunan toilet dengan bahan utama bata merah sangatlah unik. Atap dan pintunya terbuat dari daun jerami dan memberikan suasana rustic.

✦ Sebagai piknik santai bersama keluarga

Objek wisata bernama lengkap Alam Wawai Eco Friendly Park ini cocok dijadikan tempat piknik santai bersama keluarga. Lokasi yang sejuk dengan berbagai pepohonan dan tanaman hias menjadi alasan utamanya. Di tempat ini terdapat hamparan rumput hijau luas yang sering digunakan sebagai tempat duduk dan bersantai.

Jika ingin sensasi liburan lebih seru, silakan menyewa salah satu tenda yang ada di lokasi. Tenda yang digunakan untuk berkemah bagi pengunjung dibangun khusus berdasarkan model pemukiman India. Tak hanya meninggalkan kesan unik, tapi juga membuat liburanmu semakin berkesan.

✦ Tujuan wisata ramah lingkungan

Seperti namanya, Alam Wawai Eco Friendly Park merupakan destinasi wisata ramah lingkungan yang juga menjadi daya tarik tersendiri. Hampir setiap bangunan di lokasi menggunakan material alam seperti kayu, batu alam bahkan dedaunan. Contohnya adalah toilet yang terbuat dari batu bata merah dan daun jerami.

Selain musala, juga terdapat bangunan cuci yang terbuat dari batu alam. Begitu pula dengan lampu penerangannya, sebagian besar menggunakan kayu sebagai batang penyangganya. Intinya, tidak ada material lain selain kayu, dedaunan, dan batu yang menghiasi objek wisata alam indah ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Alam Wawai

Alamat Alam WawaiFoto oleh Raisya Qanita / Google Maps

Beberapa tempat wisata di atas pastinya akan membuat Anda ingin segera mengunjungi Alam Wawai. Silakan hubungi langsung Jl. H. Hasan Rais, Sukadana Ham, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung. Tempat wisata ini hanya berjarak 500 meter dari Green Valley, tepat di depan Summit Bistro.

Rute yang bisa Anda ambil tergantung kemana Anda ingin pergi. Jika Anda datang dari Kemiling, silakan ambil jalur menuju Tugu Duren. Dari sini lanjutkan perjalanan menanjak dan ambil arah ke kanan. Jika Anda dari Pasar Tamin, silakan ambil Jalan Sukadanaham yang mengarah ke Tugu Duren.

Biaya masuk wisata alam

Fasilitas yang lengkap dan pemandangan yang indah rupanya membuat tarif masuk Alam Wawai tidak mahal. Jika berkunjung pada hari Senin hingga Jumat, harga tiket yang berlaku adalah 15.000 per orang. Pada hari libur yaitu hari Sabtu dan Minggu harga tiketnya sedikit lebih mahal, tepatnya 20.000 rupiah.

Harga ini memberi Anda hak untuk mendapatkan sebotol teh, yang dapat Anda tukarkan di kantin. Harga diatas belum termasuk biaya parkir kendaraan sebagai ganti tempat penyimpanan. Untuk sepeda motor siapkan 2.000 rupiah. Lain halnya dengan mobil yang dibandrol dengan harga 5.000 rupiah. Tentu saja harga di atas tidak mahal mengingat apa yang Anda dapatkan lebih bernilai.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Alam Wawaifoto dari Berita Balam / Twitter

Liburan semakin menyenangkan bila banyak aktivitas. Saat berada di Alam Wawai, berbagai aktivitasnya sangat menarik. Ini juga menjadi tujuan sebagian besar wisatawan. Kegiatan apa sajakah ini? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Berkemah bersama keluarga

Kegiatan yang pertama adalah camping yang hampir menjadi hal wajib bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Untuk melaksanakan kegiatan ini anda harus menyewa minimal satu tenda dengan harga yang telah ditentukan. Berkemah di Alam Wawai berlaku satu malam dari daftar harga yang ditawarkan.

Saat Anda melakukan aktivitas ini, pemandangan laut Teluk Lampung tidak terlihat. Namun hal itu tergantikan dengan indahnya pemandangan lampu kota Bandar Lampung dari kejauhan. Selain itu, malam yang cerah selalu dihiasi bintang dan bulan sebagai objek langit yang indah.

2. Bersantai dan menikmati pemandangan alam

Saat Anda berkunjung ke salah satu destinasi wisata di Lampung ini, setidaknya Anda bisa bersantai menikmati pemandangan alam yang indah. Ini mungkin tampak seperti aktivitas pasif, namun manfaatnya tidak bisa dianggap remeh. Bersantai dan menikmati panorama alam tentu akan membuat pikiran menjadi lebih segar, apalagi jika sebelumnya Anda sering dilanda stres.

Pepohonan yang rindang dan hijau menjadi salah satu pemandangan utama yang bisa Anda saksikan. Dari kejauhan pun mata Anda akan disuguhi keindahan Teluk Lampung dengan perairannya yang tenang. Tak jauh dari teluk, struktur perkotaan Bandar Lampung terlihat jelas sebagai tambahan pemandangan.

3. Wisata kuliner

Sebelumnya, Alam Wawai tidak menawarkan banyak menu lezat. Namun kali ini berbeda, di kantin banyak sekali menu yang bisa mengisi perut kosong. Menu yang ditawarkan sebagian besar merupakan masakan khas lampung. Namun ada juga mie instan atau makanan modern lainnya, seperti siomay atau batagor.

Seperti yang sudah dijelaskan, konsep bangunan kantin cukup unik. Bukan bangunan permanen atau semi permanen, melainkan tenda dengan atap kain. Namun furnitur di dalamnya biasanya berupa meja dan kursi. Konsep ini membuat pengunjung yang ingin mengisi energinya dengan makanan atau minuman merasa lebih nyaman.

4. Carilah spot foto di alam Wawai

Aktivitas menarik yang wajib dilakukan saat berwisata adalah berburu foto. Siapapun pengunjung yang datang, bahkan mungkin Anda, pasti akan melakukan aktivitas ini. Apalagi banyak spot foto indah di alam Wawai yang cocok untuk dijadikan konten media sosial.

Sebut saja toilet unik dengan konsep bangunan ala rustic istana. Batu bata yang diletakkan cukup tinggi dan tidak dilapisi semen sehingga terlihat lebih natural. Pintu dan atapnya terbuat dari pohon jerami sehingga semakin unik dan menarik. Bentuk bangunannya juga unik dengan pintu lebar yang sebagian besar terbuka.

Fasilitas wisata yang tersedia

Fasilitas Alam WawaiFoto oleh Kartika Dewi / Google Maps

Tidak hanya cukup menyediakan atraksi atau aktivitas di lokasi, pengunjung juga disuguhi fasilitas yang tersedia. Toiletnya unik dan sudah dijelaskan. Bukan hanya mereka yang ingin membersihkan diri saja, tapi juga mereka yang mencari spot foto pun datang ke sini.

Fasilitas unik lainnya di Alam Wawai adalah musala dengan desain tenda sederhana. Terdapat juga tempat mencuci dengan konsep pompa tangan yang terbuat dari batu alam. Semua fasilitas dirancang dengan sangat unik. Selain di atas, ada juga kantin yang bisa digunakan untuk mengisi perut lapar atau sekadar melepas dahaga.

Dari semua fasilitas yang disebutkan, amfiteater lah yang paling menarik. Untuk sesaat Anda bisa berada di Roma dan Colosseum menyaksikan para gladiator. Inilah konsep bangunan yang sering dijadikan tempat foto prewedding. Sederhananya, fasilitas yang dimaksud bukanlah stadion sepak bola, melainkan miniatur.

Apakah ulasan Alam Wawai Eco Friendly Park di atas belum cukup menggugah minat Anda? Pastikan untuk memeriksa peraturan di lokasi wisata sebelum Anda berkunjung. Salah satunya adalah dilarang membawa makanan sendiri dari rumah. Jika ketahuan, Anda akan dikenakan denda sejumlah uang yang telah ditentukan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button