Tempat Wisata

Museum Soesilo Soedarman – Harga tiket masuk dan spot terkini 2023

Museum Soesilo Soedarman merupakan objek wisata di Cilacap dan sekitarnya yang menyimpan peninggalan salah satu menteri pada masa Orde Baru. Soesilo Soedarman merupakan salah satu lulusan terbaik angkatan pertama Akademi Militer Yogyakarta dan berkarir di TNI.

Selain itu, Jenderal TNI (Purn) Soesilo Soedarman juga pernah menjabat menteri pada tahun 1988 hingga 1993. Ia juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat pada Februari 1986 hingga April 1988.

Bangunan museum bersejarah di Kabupaten Cilacap ini menyimpan peninggalan dan foto perjalanan hidupnya sebagai prajurit TNI. Jadi di Museum Soesilo Soedarman Cilacap anda bisa melihat berbagai benda dari dunia militer, foto dan masih banyak lagi.

Biaya masuk Museum Soesilo Soedarman

Biaya masuk Museum Soesilo SoedarmanFoto:

Apa yang bisa kamu lihat di sini? Bangunan induk museum berupa rumah joglo khas Jawa dengan teras luas dan banyak tiang kayu jati. Rumah Joglo ini merupakan Pendopo Wisma Mbah Ageng yang dibangun oleh Eyang Dipakarsa pada tahun 1988.

Wisatawan dapat melihat berbagai jenis koleksi yang bersifat militer di sini, antara lain tank, miniatur tank, pistol semi otomatis, dan pesawat patroli maritim. Serta senjata lainnya seperti berbagai senapan yang sebelumnya digunakan sebagai senjata pada Perang Dunia II.

Selain itu, patung badak bercula satu, replika Boeing, pesawat tempur dan masih banyak lagi menambah eksotisme museum ini. Barang-barang pribadi Cecilo Soedarman masih ada, antara lain tempat tidur, pakaian dinas, penghargaan, bahkan kendaraan lapis baja.

Untuk itu Museum Soesilo Soedarman dapat menjadi alternatif destinasi wisata edukasi untuk mengisi liburan akhir pekan. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, wisata museum Cilacap ini sangat ramah kantong bagi wisatawan.

Biaya masuk Museum Soesilo Soedarman hanya Rp 5.000 per orang. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau ini, pengunjung bisa berjalan-jalan, bermain, dan melihat peninggalan sejarah hingga puas.

Jika Anda sedang mencari tempat wisata murah di Cilacap, museum sejarah ini bisa menjadi pilihan. Karena liburan bukan hanya tentang pantai atau gunung saja. Seperti museum ini misalnya, layak dijadikan destinasi waktu luang Anda selanjutnya.

jam buka

Jam buka Museum Soesilo SoedarmanFoto:

Anda bisa mengunjungi Museum Soesilo Soedarman kapan saja pada jam buka wisata saat ini. Saat ini Museum Soesilo Soedarman buka setiap hari Rabu hingga Selasa mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Jam buka tempat wisata ini cukup panjang, sehingga Anda bisa mampir kapan pun Anda mau. Anda bisa datang sejak pagi hari saat museum belum terlalu ramai pengunjung.

Saat masih sepi, penjelajahan museum akan terasa lebih maksimal di sini. Karena Anda bisa menyimak lebih dekat berbagai peninggalan sejarah tersebut.

Namun meski pengunjungnya banyak, keseruan menjelajah museum tidak berkurang. Namun bagi Anda yang ingin memanfaatkan liburan di museum ini sebaik-baiknya sebaiknya datang di luar hari libur tersebut.

Pasalnya, museum ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada hari libur atau akhir pekan. Satu hal yang pasti: jangan datang ke sini terlalu dekat dengan jam tutup wisata.

Lokasi rute dan alamat

Rute, Lokasi dan Alamat Museum Soesilo SoedarmanFoto:

Lokasi Museum Soesilo Soedarman sangat cocok dijadikan sebagai destinasi rekreasi orang tercinta untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin. Bangunan-bangunan ikonik, barang-barang masa lalu, dan berbagai peninggalan sejarah patut untuk dijelajahi.

Alamat Museum Soesilo Soedarman terletak di Dusun Tinggarjati Lor, Desa Gentasari, Kecamatan. Kroya, Cab.Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Dari alun-alun kota Cilacap menuju museum jaraknya 30 km dan waktu perjalanan 55 menit.

Keterbatasan lokasi museum ini adalah aksesnya yang jauh dari jalan utama, walaupun akses jalan sudah beraspal. Dan di sepanjang jalur menuju Soesilo Soedarman terdapat beberapa rambu jalan yang mudah ditemukan.

Atau bisa juga menggunakan peta di bawah ini untuk memudahkan menuju Museum Soesilo Soedarman. Petunjuk yang diberikan akan membawa kendaraan Anda ke museum populer Cilacap ini tanpa hambatan apa pun.



Kunjungi juga -> Pantai Srandil yang wajib Anda kunjungi saat liburan.

Perabot

Fasilitas Museum Soesilo SoedarmanFoto:

Selain wisata edukasi, Muesum Soesilo Soedarman di Cilacap juga menawarkan wahana bermain seru dan menghibur sejak tahun 2013. Karena itulah Museum Soesilo Soedarman selalu dikunjungi dan tidak pernah sepi.

Fasilitas Museum Soesilo Soedarman antara lain:

  • Tempat parkir kendaraan luas
  • toilet dan kamar mandi
  • Ruang sholat
  • Kolam renang
  • perpustakaan
  • kantin
  • Balai Gamelan
  • Mengayun
  • Kereta berputar
  • Spot foto yang menarik

Nikmati berbagai kuliner khas Museum Soesilo Soedarman agar liburan Anda semakin tak terlupakan. Menjelajahi setiap sudut museum unik ini akan membuat momen liburan kali ini terasa semakin spesial.

Kunjungi juga -> Pemandian Air Panas Cipari untuk bersantai dan menenangkan diri meski sibuk.

Tempat terbaik di Museum Soesilo Soedarman

Tempat terbaik di Museum Soesilo SoedarmanFoto:

Kegiatan liburan seru menjadi lebih bermakna jika ada bukti berupa foto atau video selama istirahat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengambil foto saat menjelajahi Museum Soesilo Soedarman.

Gunakan berbagai lokasi menarik untuk membuat foto Instagram. Seperti rumah Joglo, pesawat terbang, senjata perang dan masih banyak lagi background cantik lainnya yang menjadi tempat terbaik di Museum Soesilo Soedarman.

Seperti di halaman museum ini, pesawat bersejarah, tank, dan peluru kendali terpampang dengan jelas. Koleksi senjata api, gamelan, dan wayang, serta foto-foto kegiatan Soesilo mengembangkan kebudayaan Jawa juga dipamerkan.

Senapan mesin RPD, peluncur granat, senapan mesin ringan, dan peluncur granat roket RPG-7 juga merupakan lokasi yang populer. Abadikan momen sebanyak-banyaknya dengan selfie, foto grup, dan video untuk menjadi kenangan di kemudian hari.

Siapkan kamera dari rumah agar segala macam aktivitas fotografi bisa kamu manfaatkan di sini nantinya.

Ulasan Sebelumnya -> Pantai Permisan yang letaknya dekat dengan penjara di Pulau Nusakambangan.

Tip berkunjung

Tips Berkunjung ke Museum Soesilo SoedarmanFoto:

Berikut beberapa tips berkunjung dari mytrip123.com yang bisa Anda simak dan jadikan referensi berlibur ke Museum Soesilo Soedarman.

  • Perhatikan waktu kunjungan wisata anda ke Museum Soesilo Soedarman.
  • Sebaiknya hindari berkunjung saat cuaca kurang bersahabat.
  • Turut serta menjaga ketertiban dan kebersihan di area museum.
  • Simak baik-baik berbagai peninggalan yang mengandung cerita menarik.
  • Dilarang keras melakukan, merusak, atau melakukan tindakan merugikan apa pun.
  • Utamakan keselamatan saat berpergian dan berpergian kemanapun.
  • Ada baiknya Anda mengetahui peraturan yang berlaku dan peraturan pengunjung.
  • Jangan datang sendiri, karena asyiknya liburan museum bisa dinikmati bersama.

Demikian ulasan singkat mengenai Museum Soesilo Soedarman yang bisa Anda rekomendasikan untuk dikunjungi di waktu senggang. Semoga informasi ini bermanfaat dan disertakan pada destinasi wisata Anda selanjutnya bersama orang tercinta.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button