Tempat Wisata

Makam Suci Siantan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Makam Suci Siantan merupakan salah satu makam keramat yang ada di Kepulauan Riau. Makam ini tepatnya terletak di Desa Teluk Siantan, Kecamatan Siantan Tengah, Kabupaten Anambas. Makam ini terletak di salah satu pulau di Kepulauan Riau. Kepulauan Riau tidak hanya terkenal dengan keindahan baharinya tetapi juga menawarkan wisata religi yang patut untuk dikunjungi.

Makam Keramat Siantan terletak di antara pulau-pulau di Kepulauan Riau. Saat memasuki makam, Anda akan disuguhi pemandangan indah pepohonan bakau di sisi kanan dan kiri jalan.

Makam suci Siantan juga dikelilingi oleh pohon bakau sehingga membuat peziarah lebih damai dan khusyuk berdoa. Di makam ini terdapat 8 batu nisan tanpa nama, salah satunya milik Kapten Alang

Fasilitas di Makam Suci Siantan

Di dalam tempat suci Siantan terdapat rumah tempat pengunjung dapat berdoa. Karena lokasinya yang berada di dalam hutan bakau, maka makam ini ternaungi oleh pepohonan yang mengelilingi makam.

Sejarah Makam Suci Siantan

Makam Suci Siantan Inilah makam seorang panglima Kerajaan Johor yang merupakan orang kepercayaan Datuk Kaye. Pada masa kepemimpinan Datuk Kaye, Panglima adalah seorang pemberani yang menjadi orang kepercayaan Datuk Kaye. Ia diberi gelar Kapten Alang.

Kapten Alang tewas melawan pasukan Johor Dadri. Akhirnya pasukan yang dipimpin oleh Kapten Alang pulang dengan membawa jenazah Kapten Alang. Situasi ini tentu membuat Datuk Kaye sangat sedih.

Atas kejadian tersebut, Datuk Kaye memerintahkan pengikutnya untuk menguburkan jenazah Kapten Alang di kuburan yang lebih besar dari kuburan lainnya. Hal ini dikarenakan Kapten Alang tewas dalam pertempuran yang mengerikan.

Datuk Kaye memerintahkan agar Kapten Alang dimakamkan terpisah dari kuburan pasukan lainnya. Selain itu, ia juga memerintahkan agar makam Kapten Alang disucikan karena ia dianggap pahlawan dan makamnya harus disucikan. Masyarakat masih mempercayai bahwa makam ini merupakan makam keramat dan tidak jarang masyarakat terinspirasi dari makam tersebut.

Baca Juga: Puncak Gunung Jantan, Tempat Cocok Menikmati Alam dari Atas

Berburu Foto di Makam Suci Siantan

Saat Anda mengunjungi makan suci Siantan ini, Anda bisa mengabadikan momen dengan berfoto bersama keluarga atau teman yang mengunjungi makam ini. Anda bisa berfoto di depan pintu masuk makam. Makam ini terletak di dalam hutan bakau yang rindang, sehingga hutan bakau ini juga bisa anda manfaatkan sebagai lokasi berburu foto.

Akses jalan menuju Makam Suci Siantan

Akses jalan menuju Makam Suci Siantan cukup mudah. Anda dan keluarga atau teman Anda bisa menggunakan jalan tol dari Tarempa. Dari Tarempa menuju lokasi makam dibutuhkan waktu sekitar 20 menit berkendara. Setelahnya, pengunjung harus berjalan beberapa kilometer menuju hutan bakau.

Makam keramat Siantan terletak di tengah hutan bakau, sehingga jalan menuju makam agak rindang. Anda dapat menikmati perjalanan yang indah melalui jalan beton dan platform kayu. Namun, berhati-hatilah saat melintasi platform kayu, karena sebagian kayu sudah lapuk.

Harga tiket Makam Suci Siantan

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Makam Suci Siantan

Buka setiap hari dan tidak ada informasi pasti mengenai jam buka. Namun, Anda bisa mengunjungi Makam Suci Siantan dari pagi hingga sore hari.

Tips berlibur di Makam Suci Siantan

Jika Anda akan melakukan perjalanan keagamaan ke Makam Suci Siantan, sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan mengenakan pakaian yang sopan saat mengunjungi makam tersebut. Dianjurkan untuk membawa buku doa untuk berdoa di alam kubur.

Selain itu, Anda juga perlu menetapkan niat Anda untuk berziarah ke makam. Mengunjungi atau berziarah ke suatu makam dengan tujuan utama mendoakan arwah yang terkubur di dalam makam tersebut. Anda juga bisa membawa kamera untuk mengabadikan momen kunjungan Anda ke Makam Suci Siantan.

Demikianlah penjelasan tentang wisata religi dan wisata budaya Makam Suci Siantan, yang dapat Anda gunakan sebagai sumber informasi sebelum kunjungan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang berlibur ke Kepulauan Riau.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button